Tak Perlu ke Dokter, Ini Cara Mengobati Batuk Cuma dengan Bahan Dapur

Komentar

Image Source: radarpekalongan.co.id

Kondisi cuaca sekarang ini memang sedang tak bersahabat, sehingga membuat kondisi tubuh tidak stabil. Akibatnya banyak penyakit-penyakit datang menyerang. Nah, salah satu penyakit yang paling sering muncul ketika cuaca sedang buruk adalah batuk. Bagaimana cara mengobati batuk secara alami?  

Cara mengobati batuk secara alami

1. Air garam

Bagaimana cara mengobati batuk kering secara alami? Berkumur dengan air garam dapat menjadi obat batuk kering tradisional dengan meredakan tenggorokan gatal yang menyebabkan batuk. Caranya:
  • Campurkan ¼ hingga ½ sendok teh garam dengan 250ml air hangat. 
  • Pada anak-anak dibawah usia enam tahun tidak dianjurkan untuk memakai metode ini karena kemungkinan belum bisa berkumur dengan baik. 
  • Cobalah cara ini sebagai obat batuk kering untuk anak maupun dewasa.

2. Madu

Bagaimana cara mengobati batuk berdahak secara alami? Madu merupakan obat batuk tradisional yang sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi sakit tenggorokan. Sebuah penelitian menemukan bahwa madu dapat meredakan batuk secara efektif daripada obat yang mengandung dextromethorphan(zat yang dapat menekan rasa batuk).
Caranya:
  • Campurkan dua sendok teh madu dengan teh atau air hangat dan lemon. 
  • Anda juga dapat minum satu sendok madu atau menjadikannya sebagai selai pada roti tawar.

3. Ramuan biji rami, madu dan lemon

Merebus biji rami dalam air dapat menghasilkan cairan putih bening dan lengket untuk meredakan tenggorokan dan ketidaknyamanan saluran pernapasan Anda. Membuat obat batuk kering tradisional dengan menambahkan madu dan lemon berguna sebagai zat antibiotik ringan.
Cara membuatnya mudah, rebus 2 hingga 3 sendok makan biji rami dalam 1 cangkir air sampai air menjadi kental. Saring, tambahkan 3 sendok makan masing-masing madu dan jus lemon. Minum 1 sendok makan seperlunya sebagai obat batuk. Obat ini juga aman untuk batuk kering pada anak.

4. Teh lada hitam

Obat batuk kering tradisional dari lada hitam ini terkenal sebagai obat batuk tradisional dari Cina. Karena, lada hitam mengandung zat yang mampu merangsang sirkulasi udara dan aliran lendir di postnasal drip sehingga tertahan supaya tidak masuk ke tenggorokan. Anda juga bisa mencampurkan dengan madu ke dalam rebusan lada hitam ini sebagai antibiotik ringan.
Cara membuatnya:
  • Sediakan 1 sendok teh lada hitam yang sudah ditumbuk dan 2 sendok makan madu dalam cangkir. 
  • Tuangkan dengan air panas dan tutup gelas selama 15 menit.  
  • Saring kemudian minumlah.

5. Banyak minum air putih

Selain mengonsumsi beberapa obat batuk kering tradisional atau pun obat kimia di atas, Ada baiknya jangan melupakan asupan minum air yang cukup. Mulailah dengan minum 2 gelas air tiap 2 jam sekali. Minum air dapat berfungsi meredakan gatal di tenggorokan yang menyebabkan batuk.

6. Gunakan alat pelembap udara (humidfier)

Humidifier merupakan alat yang berfungsi untuk melembabkan udara di sekitar Anda, Menghirup udara yang dilembabkan, terbukti bekerja sebagai obat batuk kering dan gatal yang dapat meningkatkan kelancaran pada saluran pernapasan Anda. Selain, obat batuk kering dan gatal ini cocok dijadikan obat jika anak atau balita terkena serangan batuk saat mereka tidur.

7. Bawang putih mentah

Allicin adalah senyawa yang ditemukan dalam bawang putih, yang dikenal untuk mematikan mikroorganisme yang menyebabkan infeksi pernapasan, contohnya seperti batuk dan tenggorokan gatal. Bawang putih mentah dipercaya memiliki sifat antimikroba, antiviral dan antijamur, yang sangat baik untuk campuran dalam makanan atau sebagai obat batuk tradisional.

8. Teh jahe

Bagaimana cara mengobati batuk berdahak? Minum teh jahe saat batuk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi yang menyebabkan rasa gatal di tenggorokan. Manfaat dari jahe berasal dari sifat antibakteri, antiviral dan antijamur, yang bisa menghadang virus ketika masuk ke saluran pernapasan.

9. Makan makanan probiotik

Bagaimana cara mengobati batuk? Efek yang mungkin terjadi dari kondisi batuk adalah berkurangnya kekebalan imun di dalam tubuh. Agar kekebalan imun tubuh kuat, perlu makan makanan probiotik. Sebagai obat batuk dan gatal tenggorokan secara tidak langsung, cobalah makan makanan seperti kimchi, susu kefir, cuka sari apel, atau bahkan teh kombucha untuk kesehatan.

10. Jeruk nipis dan kecap

Obat batuk alami ini sudah umum dicoba untuk mengatasi batuk. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis mampu mengobati batuk serta meningkatkan resistensi tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis juga mampu meringankan batuk dan memberikan sensasi lega pada tenggorokan.
Caranya:
  • Siapkan perasan jeruk nipis dan kecap. 
  • Campur kedua bahan tersebut. 
  • Minum dua sampai tiga kali sehari.
Top