Jangan Asal Sholat Dhuha, Di Jam Inilah Sebaiknya Dilakukan!

Penulis Unknown | Ditayangkan 09 Mar 2017
Jangan Asal Sholat Dhuha, Di Jam Inilah Sebaiknya Dilakukan!

Salah satu sholat yang keutamaanya banyak dinanti oleh umat Muslim selain sholat 5 waktu, yakni sholat yang dianggap mampu memudahkan rezeki. Termasuk ke dalam sholat sunnah, ternyata sholat Dhuha memang banyak dikerjakan karena disebut-sebut mempunyai banyak sekali manfaat.

Baca juga : Memangnya Allah Menghilang, Sampai Minta Bantuan Jin? Akibat Ini Kamu Tanggung Lho!

Selain itu pula shalat Dhuha juga mempunyai banyak keutamaan. Shalat sunnah yang dilakukan pada waktu pagi menjelang siang ini disebutkan Nabi sebagai salah satu amalan sunnah yang layak dijadikan sebagai salah satu rutinitas kita.

Nah, kebanyakan saat melaksanakan sholat dhuha, seseorang akan sembarangan melakukan dengan dalih asal sudah pagi dan matahari terbit hingga udara menjadi cukup hangat. Jika memang benar seperti itu, ketahui bahwa waktu shalat Dhuha diawali sejak naiknya matahari, yaitu sekitar ¼ jam setelah munculnya matahari sampai menjelang zawal (tergelincirnya matahari), selagi belum masuk waktu terlarang untuk shalat.

Dan sebaiknya seseorang yang ingin melaksanakan shalat Dhuha agar mengakhirkan waktunya sampai sengatan terik matahari terasa panas, berdasarkan hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Shalatnya orang-orang yang bertaubat adalah ketika anak unta mencari tempat yang teduh,” ( HR. Muslim 748). Dan ini biasanya terjadi menjelang zawal.

Jangan Asal Sholat Dhuha, Di Jam Inilah Sebaiknya Dilakukan!

Baca juga : Bukannya Aku Pasrah Denganmu, Tapi Doaku Akan Selalu Untukmu

Jika kita jabarkan mungkin waktunya pagi hari. Sejak sekitar jam 8,00 pagi (atau kira-kira setelah matahari naik dari peraduannya setinggi tombak) sampai masuknya waktu Dhuhur. Jumlah rakaatnya minimal 2 dan paling banyak 8. Kalau ingin mengerjakan lebih dari 2, maka melakukannya tiap 2 rakaat salam.

Itulah beberapa tips untuk melakukan sholat Dhuha dengan waktu yang sebaiknya dilakukan saat itu. Semoga saja kita yang rajin dan gemar melakukan sholat sunnah tersebut dimudahkan rezeki, baik rezeki dunia, kesehatan, rasa aman, hingga kasih sayang keluarga oleh Allah SWT.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb