Bunda Wajib Kenali Penyakit Mata Malas Pada Anak, Ini Caranya!

 28 Mar 2017  Unknown
Bunda Wajib Kenali Penyakit Mata Malas Pada Anak, Ini Caranya!

Sebagai orang tua, pastilah menginginkan bahwa anak mereka menjadi bintang kelas ataupun paling tidak rajin dalam mengerjakan apapun. Oleh karena itulah orang tua bisa saja sangat protektif agar anak mereka terhindar dari pengaruh buruk, apalagi penyakit. Berbicara mengenai penyakit, ada salah satu yang bisa dialami oleh anak dan sangat ditakuti oleh orang tua lho.

Baca juga : Pria Pendek Alami Kebotakan Lebih Cepat! Benarkah Demikian?

Salah satu penyakit pada mata yang banyak dialami anak-anak adalah mata malas (ambylopia). Kondisi ini terjadi karena mata dan otak tidak berkomunikasi dengan baik. Gangguan ini cenderung dialami oleh anak yang lahir prematur atau mereka yang memiliki keterlambatan perkembangan, dan umumnya diketahui saat anak-anak berusia 4 tahun.

Gejala mata malas antara lain mata tampak menurun, ketajaman penglihatan berkurang, serta mata tampak tidak berfungsi dengan baik. Diperkirakan 6 persen anak usia prasekolah memiliki mata malas atau kondisi yang meningkatkan risikonya. Kondisi gangguan mata lainnya adalah mata juling dan mata yang tidak fokus dengan baik.

Mengenali gangguan mata pada anak usia kurang dari 5 tahun sangat penting, karena setiap kelainan yang ditemukan masih bisa dikoreksi sebab otak anak masih berkembang. Anak sebaiknya dibawa ke dokter mata di usia 3-5 tahun untuk mendeteksi ada tidaknya mata malas. Jika ambylopia tidak ditangani di usia 6-10 tahun, penglihatan anak bisa rusak permanen.

Tips Sederhana Untuk Mengobati Mata Malas ?

Pengobatannya terkesan sederhana, tetapi menggunakan penutup mata atau kacamata dapat mengganggu anak Anda. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu anak:

Bunda Wajib Kenali Penyakit Mata Malas Pada Anak, Ini Caranya!

Baca juga : Teh Pelangsing Bikin Tubuh Ramping, Benarkah Demikian?

1. Jelaskan bahwa kacamata atau penutup mata akan membantu penglihatannya menjadi lebih baik.

2. Jelaskan kepada teman-teman, guru, pelatih anak Anda dan yang lainnya mengenai masalah mata anak Anda dan apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya. Mintalah bantuan mereka.

3. Gunakan penutup mata, kacamata atau obat tetes mata sesuai anjuran dokter Anda.

4. Jika memungkinkan, hiasi penutup mata anak Anda. Namun sebelumnya, tanyakan kepada dokter Anda apakah hal tersebut dibolehkan.

5. Lakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti mewarnai dan membuat kerajinan selama anak Anda memakai penutup mata atau kacamata. Ini akan membantu anak Anda melatih menggunakan mata yang lemah.