Bukan Hanya Para Malaikat, Ternyata Iblis juga Hadir Saat Sakratul Maut! Apa yang Dia Lakukan?

Penulis Unknown | Ditayangkan 07 Mar 2017

Bukan Hanya Para Malaikat, Ternyata Iblis juga Hadir Saat Sakratul Maut! Apa yang Dia Lakukan?

Mendengar kata sakratul maut, pastilah semua manusia akan merinding jika mendengarnya. Benar sekali, sebuah proses dimana nyawa akan dipisahkan dari tubuh manusia hingga akhirnya seseorang tersebut diantarkan sampai ke alam kubur. Sebelum itu, para malaikat akan datang untuk mencabut nyawa orang tersebut, namun tahukah kamu bahwa bukan hanya malaikat saja?

Baca juga : Sesungguhnya Syetan Itu Pandai Menelanjangimu, Wahai Ukhti Berhati-hatilah!

Melainkan iblis juga datang untuk menyesatkan seseorang tersebut. Allah menyebutkan dalam kitabnya yang mulia tentang sumpah Iblis terlaknat yang mengancam akan menyesatkan keturunan Adam dan bahwa dia akan melakukan hal itu hingga hari kiamat. Tidak ada satu jalan yang dia biarkan kecuali dia tempuh agar keturunan Nabi Adam memenuhi jalan itu ke neraka jahanam.

Allah Taala berfirman,

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ ، ثُمَّ لآتِيَنَّهُم مِّن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ ، وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَن شَمَآئِلِهِمْ ، وَلاَ تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ  (سورة الأعراف: 16-17)

Iblis berkata, ‘Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati mereka. Dan engkau tidak akan mendapat kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (QS. Al-A’raf: 16-17)

Ibnu Jarir Ath-Thabary dalam Jami Al-Bayan (5/445), “Maknanya adalah aku akan datangi mereka dari semua cara yang haq dan batil, agar aku dapat menghalangi mereka dari kebenaran dan menghias kebatilan di hadapan mereka.

Bukan Hanya Para Malaikat, Ternyata Iblis juga Hadir Saat Sakratul Maut! Apa yang Dia Lakukan?

Baca juga : Dia Memintaku untuk Menikah Sementara Dengannya, Apakah Boleh?

Setan akan berusaha mencari titik kelemahan seseorang, jika musibah berat menimpa muslim, petaka telah hadir, maka datanglah dia melalui jalannya untuk merusak keimanannya, sehingga dia menjadi ahli neraka. Masyaallah, ternyata sangat berbahaya sekali jika seseorang sampai menuju ke jalan yang sesat akibat syetan dan iblis yang menggodanya.

Semoga Allah SWT melindungi diri kita hingga hari akhir, agar kita termasuk ke dalam orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya.
SHARE ARTIKEL