Karena Kuku Tempat Hasutan Syetan, Ini yang Perlu Kamu Tahu!

Penulis Unknown | Ditayangkan 20 Feb 2017

Karena Kuku Tempat Hasutan Syetan, Ini yang Perlu Kamu Tahu!

Bagi sebagian orang, kuku adalah pelindung jari yang sangat luar biasa hingga harus dirawat dengan baik. Apalagi kaum hawa, mereka akan rela menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memoles kuku mereka agar menjadi lebih cantik dan berwarna. Akan tetapi, yang paling utama dalam menjaga penampilan kuku yakni dengan senantiasa bersih.

Baca juga : Menolak Perintah Orang Tua? Boleh, Asal Karena Ini!

Menjaga kebersihan sudah pasti sebagian dari iman, setiap muslim diwajibkan untuk membersihkan dirinya. Karena menjaga kebersihan merupakan salah satu cara manusia terhindar dari setan, tanpa manusia sadari setan bisa menghasut manusia darimanapun. Salah satu tempat rawan yang sering kali disebutkan adalah di kuku tersebut. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Ada lima macam fitrah , yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 258).

Namun ternyata terlalu sering memotong kuku itu tidak baik. Kalau Anda terlalu sering potong kuku, misalnya dua kali seminggu, kuku Anda jadi lebih rentan mengalami berbagai masalah yang cukup serius. Hal ini berhasil diamati oleh para ahli yang tergabung dalam Institute of Physics di Inggris. Berikut ini akibat dari terlalu sering memotong kuku dikutip dari laman Hallosehat.

1. Bentuk tidak rata


Kuku juga tidak bisa tumbuh seimbang secara alami jika dipotong terus. Anda tidak memberi kesempatan yang cukup bagi kuku untuk menyeimbangkan pertumbuhannya. Akibatnya, bentuk kuku Anda akhirnya jadi tampak tak beraturan. Apalagi kalau kuku Anda mudah patah, pasti kuku jari Anda terlihat tidak rata.

2. Kuku mudah rusak


Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa terlalu sering potong kuku akan menyebabkan kerusakan pada kuku. Ketika dipotong, kuku akan mengalami tekanan dan gesekan yang cukup keras. Maka, terlalu sering memotong kuku berarti kuku terus-terusan mendapat tekanan tersebut. Kuku Anda pun jadi lebih rapuh dan mudah patah.

3. Cantengan


Terlalu sering potong kuku justru bisa menyebabkan cantengan. Cantengan adalah kondisi serius di mana kuku tumbuh menusuk ke dalam daging. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kuku yang permukaannya cenderung datar dan lebar. Namun, cantengan juga kerap dialami oleh orang yang kukunya tidak rata karena terlalu sering dipotong dan dibentuk.

Karena Kuku Tempat Hasutan Syetan, Ini yang Perlu Kamu Tahu!

Baca juga : Cinta Rasul, Cinta Juga Sunnahnya! Yakin Sudah Tau Hal Ini?

Berikut ini panduan merawat kuku yang sehat


Pertama untuk menghindari risiko berbahaya saat merawat kuku jari dan kaki Anda, perhatikan panduan aman berikut ini. Jaga kebersihan kuku dengan cuci tangan, sampai ke bagian bawah kuku kalau Anda punya kuku yang panjang. Gunakan gunting kuku yang tajam dan higienis. Gunting yang tumpul dan kotor berisiko menyebabkan kuku mudah rusak dan terinfeksi.

Kemudian hindari menggigiti atau menarik kuku sembarangan. Beberapa orang punya kebiasaan ini sehingga kuku dan jari jadi tampak kasar dan rusak. Ketika ada kuku yang mau patah atau ada kulit yang mengelupas di sekitar kuku, gunakan gunting kuku untuk merapikannya. Jangan digigiti atau ditarik begitu saja.

Imam Nawawi rahimahullah menerangkan, “Seandainya di bawah kuku ada kotoran namun masih membuat air mengenai anggota wudhu karena kotorannya hanyalah secuil, wudhunya tetaplah sah. Namun jika kotoran tersebut menghalangi kulit terkena air, maka wudhunya jadilah tidak sah dan tidak bisa menghilangkan hadats.

Maka mulailah menjaga kesehatan dan kebersihan kukumu, karena kebersihan itu penting.
SHARE ARTIKEL