Cinta Rasul, Cinta Juga Sunnahnya! Yakin Sudah Tau Hal Ini?

Penulis Unknown | Ditayangkan 20 Feb 2017

Cinta Rasul, Cinta Juga Sunnahnya! Yakin Sudah Tau Hal Ini?

Sebagai seorang umat Nabi Muhammad SAW yang kelak akan berdiri dibaris bendera Islam saat hari akhir tiba. Untuk itulah kita dianjurkan untuk lebih mencintai Nabi sebagai bekal di dunia akhirat nanti. Karena Rasulullah adalah seorang yang diutus oleh Allah SWT di dunia untuk menyebarkan keimanan kepada seluruh penduduk bumi, maka ketika kita ingin mencintai Rasul, usahakanlah untuk mengikuti sunnah beliau.

Begitu banyak sunnah Nabi yang diriwayatkan baik dalam Al Quran atau hadist. Sesuatu hal sepele dalam kehidupan sehari-hari kita, dimana jika dilakukan sesuai tuntunannya maka akan mendapatkan pahala, sebaliknya hal itu tidak akan bernilai apapun, saat dilakukan tanpa adanya contoh Rasul.

Baca juga : Berqurban untuk Orang yang Telah Meninggal, Apa Boleh?

Sunnah adalah segala sesuatu yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW baik perkataan, perbuatan, ataupun persetujuan. Sunnah pula berarti sesuatu yang pelakunya mendapat pahala dan tidak ada dosa bagi yang meninggalkannya. Di antara perbuatan sunnah yang jarang dilakukan kaum muslimin adalah sebagai berikut.

1. Bersiwak (Menggosok Gigi dengan Kayu Siwak)


Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu Anha bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Siwak dapat membersihkan mulut dan sarana untuk mendapatkan ridha Allah.” (HR. Ahmad dan An-Nasa`i)

Itulah sebagaian kecil dari kegiatan dalam kehidupan sehar-hari kita yang dicontohkan oleh Nabi. Dengan mengikutinya maka akan menambah amalan pahala kita sesuai dengan sunnahnya.

2. Berwudhu Sebelum Tidur Dan Tidur Dengan Posisi Miring Ke Kanan


Diriwayatkan dari Al-Barra’ bin Azib Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Jika kamu hendak tidur, maka berwudhulah seperti hendak shalat, kemudian tidurlah dengan posisi miring ke kanan dan bacalah, ‘Ya Allah, Aku pasrahkan jiwa ragaku kepada-Mu, aku serahkan semua urusanku kepada-Mu, aku lindungkan punggungku kepada-Mu, karena cinta sekaligus takut kepada-Mu, tiada tempat berlindung mencari keselamatan dari (murka)-Mu kecuali kepada-Mu, aku beriman dengan kitab yang Engkau turunkan dan dengan nabi yang Engkau utus’. Jika engkau meninggal, maka engkau meninggal dalam keadaan fitrah. Dan usahakanlah doa ini sebagai akhir perkataanmu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Cinta Rasul, Cinta Juga Sunnahnya! Yakin Sudah Tau Hal Ini?

Baca juga : Siapa yang Tak Ingin Sehat? Baca Al-Qur'an Dulu Yuk!

3. Mendahulukan Kaki Kanan Saat Memakai Sandal Dan Kaki Kiri Saat Melepasnya


Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Jika kalian memakai sandal maka dahulukanlah kaki kanan, dan jika melepaskannya, maka dahulukanlah kaki kiri. Jika memakainya maka hendaklah memakai keduanya atau tidak memakai keduanya sama sekali.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
SHARE ARTIKEL