Inilah Fakta Operasi Caesar yang Harus Anda Tahu

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 16 Jun 2016
Inilah Fakta Operasi Caesar yang Harus Anda Tahu
Ilustrasi
Menjelang persalinan, ibu yang tidak memenuhi proses persalinan secara normal akan dianjurkan oleh dokter bersangkutan untuk operasi sesar.

Saat menjelang operasi sesar, mungkin banyak pertanyaan yang terlintas di pikiran Anda. Wajar, meski Anda berusaha tenang, tetap saja jantung Anda berdebar saat  berada di ruang operasi. Untuk mengurangi kecemasan Anda, berikut fakta tentang operasi sesar dilansir ayahbunda.co.id,

1. Selama sesar, Anda akan dibius oleh dokter anestesi, sehingga area panggul ke bawah akan kebas sehingga tak merasakan sakit.

2. Operasi sesar relatif aman, kematian akibat operasi sesar jarang terjadi. Hanya 2 dari 100 ribu ibu yang meninggal akibat operasi sesar.

Baca Juga: Apa Sih Untungnya Melahirkan Bayi di Usia 30an? Yuk Simak Penjelasanya!

3. Sesar memakan waktu satu jam, dan pascaoperasi Anda akan dirawat di ruang pemulihan untuk menjalani pemeriksaan.

4. Untuk mencegah infeksi dan mempermudah dokter melakukan pembedahan, Anda harus menghilangkan rambut pubis.

5. Ada beberapa prosedur yang ditempuh sebelum operasi, yaitu enema (mengeluarkan feses), pemasangan kateter folley untuk membantu mengeluarkan urine, dan pemasangan infus intravena untuk pemberian obat dan cairan elektrolit.

6. Operasi sesar akan menyayat perut bagian bawah dengan panjang 10-15 cm. Sayatan dilakukan di bawah pusar agar Anda bisa bersalin normal saaat persalinan berikutnya.

Baca Juga: Bagaimana Kondisi Bayi, Bila Ibu Hamil Tetap Puasa?

7. Sebelum operasi, Anda akan menjalani serangkaian tes, salah satunya tes alergi obat bius. Jika lulus tes, Anda dinyatakan siap dioperasi.

8. Operasi sesar saat ini kebanyakan menggunakan bius lokal agar Anda tetap sadar, dapat melihat bayi lahir, serta bisa melakukan inisiasi menyusui dini segera setelah operasi.

9. Anestesi epidural—yang disuntikkan ke teluang punggung—tidak menyakitkan. Soalnya, sebelum disuntik, Anda akan mendapatkan anestesi oles untuk membuat daerah yang diinjeksi menjadi kebas.

10. Bius bertahan hingga 3 jam setelah operasi. Sebelum efek obat bius hilang, Anda akan diberikan obat pereda nyeri melalui infus. Setelah 24 jam, Anda akan diberikan painkiller dalam bentuk tablet.

Jadi cukup aman kan bunda. Dan pula operasi ini akan ditangani oleh tenaga medis yang sudah ahli. Jadi jangan takut ataupun gugup.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb