Apa Sih Untungnya Melahirkan Bayi di Usia 30an? Yuk Simak Penjelasanya!

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 08 Jun 2016
Apa Sih Untungnya Melahirkan Bayi di Usia 30an? Yuk Simak Penjelasanya!
Bumil

Ibu usia 30an akan melahirkan bayi lebih cerdas

Bagaimana bisa ibu usia 30an dapat melahirkan bayi yang lebih cerdas, sedangkan hamil dan melahirkan bayi di usia 30an sering dikaitkan dengan risiko kesehatan baik bagi ibu maupun anak. Dilansir theasianparent.com penelitian terbaru yang terbit di jurnal Biodemography and Social Biology menyatakan sebaliknya.

Penelitian itu menyebutkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu berusia 30-39 tahun memiliki nilai kognitif dan perilaku tertinggi. Nilai kognitif berhubungan dengan kemampuan intelektual dan kemampuan berfikir.

Sedangkan anak-anak yang lahir dari ibu usia 40an cenderung mengalami masalah dengan obesitas saat anak berusia 5 tahun.

Baca Juga : Demi Tumbuh Kembang Baik Si Kecil, Lakukan 9 Hal Ini.

Berikut penjelasanya

Banyak ibu di negara-negara Barat menunda untuk hamil dan melahirkan anak hingga usia 30 tahun. Menurut Dr. Alice Goisis ada beberapa alasan yang mempengaruhi hal ini.

“Pertama, ibu hamil di usia 30an cenderung lebih berpendidikan,” jelas Dr. Goisis pada The Times.

Selain itu, rata-rata ibu di usia ini juga telah memiliki penghasilan tinggi, sudah berada pada hubungan rumah tangga yang stabil dan punya gaya hidup lebih sehat.

Dengan kata lain, para ibu di usia 30an lebih lihai dan lebih siap dalam hal perawatan kehamilan dan cenderung memiliki rencana untuk kehamilan mereka.

Bagaimana dengan ibu hamil diusia 20an dan 40an?

Data penelitian diambil Millenium Cohort Study, sebuah program penelitian yang diikuti 18 ribu anak di Inggris.Penelitian ini juga membandingkan hal yang sama, kognitif dan perilaku, dan potensi obesitas pada ibu yang hamil diusia 23-29 tahun dan di atas 40 tahun.

Hasilnya, ibu yang melahirkan di usia 20an melahirkan bayi yang nilai kognitif dan perilakunya di bawah mereka yang lahir dari ibu berusia 30an. Bayi yang dilahirkan ibu berusia 20an juga tidak bermasalah dengan berat badan dan tidak mengalami obesitas.

Baca Juga : Tak Semua Orang Cocok Minum Susu, Berikut 6 Efek Buruk Susu Sapi

Sebaliknya mereka yang lahir dari ibu berusia di atas 40 tahun cenderung mengalami obesitas dan tidak berkolerasi positif terhadap nilai kognitif dan perilaku.

Penelitian ini tidak menjelaskan risiko kesehatan yang mungkin dialami ibu hamil usia 30an.

Bagi anda yang saat ini merencakan kehamilan dan belum memasuki usia 30 apakah anda akan menunda kehamilan, untuk planning hamil di usia 30. Atau anda ingin segera punya momongan? Apapun pilihan anda, persiapkan dengan matang massa sebelum, saat dan sesudah kehamilan. Dan yang terpenting adalah bagaimana kita merawat si kecil dengan baik.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb