Khasiat Mengkonsumsi Minyak Ikan, Terbukti Ampuh Mencegah Penyakit Kanker Akut

Komentar

minyak ikan via hellosehat.com

Minyak ikan disarankan bagi ibu hamil. Banyak anggapan yang beredar selama ini menyatakan bahwa mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil membawa manfaat positif, seperti membantu perkembangan otak dan mata bayi.

Namun nyatanya klaim ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Tapi yang jelas minyak ikan sangat bermanfaat, antara lain adalah untuk cegah kanker.

Minyak ikan dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Minyak ikan biasanya dijadikan sebagai salah satu bahan utama suplemen karena mampu mengobati segala penyakit jika rajin mengonsumsinya.

Yuk simak selengkapnya tentang minyak ikan ini!

Apa minyak ikan itu ?

Minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang berminyak. walnya, minyak ikan diambil dari lemak ikan paus. Lalu minyak tersebut juga diambil dari ikan dan binatang laut lainnya. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA)yang merupakan prekursor untuk eicosanoids yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Apa saja yang terkandung dalam minyak ikan ?


kandungan minyak ikan  via jendelasarjana.com

Minyak ikan menjadi spesial karena mengandung omega-3, yaitu asam lemak esensial yang diperlukan untuk kesehatan, tapi tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. Terdapat dua jenis asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Tuna, salmon, sarden, dan makarel adalah contoh-contoh ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega-3. Tiap 100 gram dari ikan-ikan

Apa saja manfaat minyak ikan ?

Berikut ini merupakan minyak ikan fungsi sesuai penemuan peneliti, yaitu :

1. Mengurangi kadar trigliserida 
Minyak ikan terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Risiko terkena penyakit jantung akan meningkat seiring dengan tingginya kadar trigliserida di dalam tubuh.

2. Memelihara kesehatan jantung 
Mengonsumsi ikan yang kaya minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan, mereka yang mengonsumsi minyak ikan secara rutin berisiko lebih rendah untuk terkena serangan jantung, dan memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

3. Mencegah penyumbatan pembuluh darah 
Minyak ikan bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Penelitian menunjukkan, konsumsi minyak ikan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan mencegah peradangan.
Sehingga risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah pun menurun.

4. Baik untuk Ibu hamil 
Minyak ikan selain baik untuk kondisi kesehatan secara umum, juga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan dapat mengurangi risiko preeklamsia, persalinan prematur, dan meningkatkan berat badan lahir bayi.

5. Mengurangi kebutuhan akan obat-obatan asma 
Minyak ikan mampu menurunkan kebutuhan obat-obatan asma pada sebagian anak, namun tidak pada orang dewasa.

6. Potensi pencegahan kanker 
Minyak ikan yang cukup populer dikonsumsi sebagai suplemen kesehatan tak jarang dikaitkan dengan manfaat kesehatannya terhadap pencegahan kanker. Namun sejauh ini penelitian menunjukkan, klaim tersebut tidak tepat, karena tidak ditemukan adanya pengaruh konsumsi minyak ikan terhadap penurunan risiko kanker.

Benarkah minyak ikan bisa membesarkan payudara ?

Minyak ikan banyak sekali digunakan wanita-wanita untuk memperbesar ukuran payudara mereka. Sudah direkomendasikan beberapa ahli estetika dan sempat menjadi favorit wanita-wanita Indonesia juga di tahun 2014.

Caranya adalah : Ambil minyak ikan secukupnya dengan jari-jari, lalu oleskan pada payudaramu. Setelah dioleskan dengan merata, lakukan gerakan memijat memutar di kedua payudara. Lakukan juga gerakan memijat dari bawah payudara ke arah atas hingga ke dekat puting payudara sampai berulang kali.

Setelah itu biarkan minyak berada di sana selama kurang lebih 1-3 jam.

Apakah minyak ikan bisa untuk masker ?

Minyak ikan memiliki manfaat baik untuk wajah yaitu dapat melemabkan wajah. Simak beriktu ini.

1. Melembapkan kulit
Suplemen minyak ikan mengandung omega- 3, docosahexaenoic acid (DHA), dan eicosapentaenoic (EPA) di dalamnya yang dapat melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Menghilangkan jerawat
Asam lemak omega-3 yang terkandung pada minyak ini juga bisa membantu mengontrol kelebihan hormon dalam mengontrol produksi minyak sebum sehingga meminimalisir pertumbuhan jerawat pada kulit.

3. Mencegah kerontokan rambut
Faktanya, rambut rontok tidak hanya dialami oleh orangtua melainkan juga pada anak muda yang sering mengalami kerontokan rambut karena kurangnya merawat rambut. Rambut rontok bia disebabkan oleh berbagai hal seperti adanya infeksi, pola makan tak sehat, stres, dan bisa juga kekurangan vitamin D. Nah, kandungan vitamin D ini bisa terdapat dalam minyak ikan yang memiliki manfaat untuk merangsang sel-sel yang berfungsi untuk pembentukan batang rambut baru di kulit kepala.

Kenapa minyak ikan mahal ?

Minyak ikan mahal karena minyak tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Selain manfaatnya, hal yang menyebabkan kenapa minyak ikan mahal adalah penangkapannya yang susah, serta bahan dasarnya yang mahal. Minyak ikan berasal dari ikan salmon maupun ikan paus yang memiliki banyak manfaat.

Demikianlah artikel tentang minyak ikan. Semoga bermanfaat!
Top