7 Manfaat Ikan Gabus yang Ternyata Sumber Protein Tinggi

 13 May 2019  Wahyu Fajar
7 Manfaat Ikan Gabus yang Ternyata Sumber Protein Tinggi

Image source: doktersehat.com

Apa manfaat ikan gabus? Apakah Anda pernah makan ikan gabus? Ternyata ikan gabus lebih baik dari ikan bandeng atau ikan kakap. Penasaran, apa saja manfaat ikan gabus? Temukan berbagai manfaat ikan gabus dalam artikel dibawah ini.

Ikan merupakan salah satu makanan tersehat yang ada di dunia ini. Ikan gabus adalah ikan air tawar yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ikan ini merupakan ikan yang lumayan susah di cari di pasar. Ikan air tawar jenis ini merupakan ikan yang punya segudang manfaat.

Ikan gabus (Channa striata) merupakan jenis ikan yang bernilai ekonomis serta mudah dijumpai. Di Indonesia penyebarannya antara lain di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan masih banyak wilayah lainnya. Selain itu, wilayah yang memiliki perairan, seperti sungai, rawa, parit dan danau, masih banyak ikan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein.

Apa manfaat ikan gabus bagi kesehatan? Manfaat ikan gabus khususnya untuk kesehatan menjadi cukup kontroversial belakangan ini. Hal tersebut setelah banyak penelitian yang membuktikan, bahwa ikan ini mempunyai beragam manfaat luar biasa bagi tubuh. Banyak orang yang belum tahu bahwa ternyata kandungan protein pada ikan gabus lebih tinggi dari ikan salmon.

Agar lebih mendalami tentang manfaat ikan gabus ini, yuk baca selengkapnya dalam artikel wajibbaca.com berikut ini.

Baca Juga:

Kandungan ikan gabus

Sebelum membahas manfaat ikan gabus untuk kesehatan, Anda juga perlu mengetahui lebih dulu kandungan dari ikan gabus. Seperti yang sudah disebukan sebelumnya, ikan gabus memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein yang terkandung dalam ikan gabus jumlahnya lebih dari 25%  dibandingkan jenis ikan lainnya.

Selain itu, ikan gabus juga memiliki kandungan albumin yang tinggi. Albumin memiliki peran yang penting bagi tubuh, apabila tubuh kekurangan albumin maka akan menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh. Kandungan lainnya yang terdapat dalam ikan gabus adalah omega-3, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan juga air.

Manfaat ikan gabus

Berikut ini adalah manfaat ikan gabus yang sudah banyak terbukti untuk kesehatan:

1. Mempercepat penyembuhan luka

Apa manfaat ikan gabus untuk luka? Manfaat ikan gabus untuk menyembuhkan luka memang belum banyak diketahui. Hal ini karena kadar albumin yang tinggi dalam ikan gabus. Albumin memiliki peran yang sangat penting dalam penyembuhan luka

2. Mengatasi kurang gizi

Manfaat ikan gabus yang kedua adalah untuk mengatasi masalah kurang gizi. Menjaga keseimbangan gizi merupakan hal yang tidak mudah, terutama pada anak-anak. Biasanya anak-anak akan memiliki kebiasaan susah makan. Hal tersebut menjadikan anak-anak kekurangan gizi pada masa pertumbuhannya.

Untuk mengatasi kurang gizi ini Anda dapat mengkonsumsi ikan gabus. Karena kandungan nutrisi dalam ikan gabus hampir memenuhi keseluruhan kebutuhan gizi harian, terutama untuk anak-anak.

3. Memelihara otot

Otot tubuh yang sehat dan kuat juga akan mendukung kesehatan Anda. Pasti sebagian orang pernah mendengar bahwa protein adalah nutrisi yang sangat penting dalam pembentukan otot. Kandungan protein dalam ikan gabus bisa menjadi pilihan ikan air tawar terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein Anda dalam memelihara otot Anda.

4. Menjaga cairan dalam tubuh tetap seimbang

Selain memelihara otot tubuh, ikan gabus juga mampu untuk menjaga keseimbangan carian dalam tubuh. Manfaat ini didapatkan dari kadar albumin yang ada di dalamnya. Cairan tubuh yang seimbang merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga tubuh agar dapat bekerja dengan baik.

5. Baik untuk pencernaan

Ikan gabus punya kadar protein yang tidak kalah dengan daging, tapi ikan gabus memiliki keunggulan yaitu lebih mudah dicerna. Hal ini sangat penting karena jika kita mencerna makanan, maka pencernaan tidak perlu bekerja terlalu keras hingga dapat membuat fungsinya terganggu.

6. Nutrisi untuk pertumbuhan

Apa manfaat ikan gabus bagi ibu hamil? Manfaat ikan gabus selanjutnya adalah sebagai nutrisi pendukung pertumbuhan. Ikan gabus sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Selain untuk membantu pertumbuhan, ikan gabus juga baik untuk menmenuhi kebutuhan nutrisi untuk lansia.

7. Mengatasi hipoalbuminemia

Kekurangan albumin dalam tubuh tidak bisa dianggap sepele karena dapat memicu berbagai masalah lain bagi kesehatan. Gejala hipoalbuminemia antara lain adalah seperti edema, nafsu makan berkurang, diare, mual, hipotens, penyakit kuning, dan masih banyak lagi. Hipoalbuminemia disebabkan mulai dari hipertiroidisme, diabetes, sirosis hati, gagal jantung, hingga penyakit lupus.

Di samping melakukan pengobatan untuk penyakit utamanya, penggunaan ikan gabus juga bisa dilakukan untuk mengatasi gejala dari rendahnya kadar albumin tersebut.

Cara mengonsumsi ikan gabus

Meskipun ikan gabus memiliki rasa yang lezat, tapi tentunya tidak semua orang menyukai ikan yang satu ini. Sebagian orang enggan mengkonsumsi ikan ini karena bau amis. Tak perlu khawatir, karena ikan gabus juga tersedia dalam bentuk kapsul ekstak ikan gabus.

Perlu diperhatikan juga, kapsul ekstak ikan gabus harus disesuaikan dengan kebutuhan dan manfaat yang diinginkan. Pilihan ekstrak ikan gabus pada dasarnya lebih disarankan jika Anda menggunakannya sebagai pengobatan.

Jika Anda masih ragu dengan manfaat ikan gabus ini, maka sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah, Itu dia berbagai manfaat ikan gabus dan ektrak ikan gabus bagi kesehatan. Ikan memang merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, tapi sayangnya kesadaran memakan ikan di Indonesia masih sangat kurang. Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Yuk, penuhi nutrisi harian dengan rajin mengkonsumsi ikan.

Demikian penjelasan tentang apa manfaat ikan gabus untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.