5 Jenis Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Alami yang Bagus

 14 May 2019  Wahyu Fajar
5 Jenis Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Alami yang Bagus

Image source: doktersehat.com

Apa vitamin untuk daya tahan tubuh? Sistem kekebalan tubuh punya fungsi untuk melindungi diri dari serangan mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit. Sayangnya, pada kondisi tertentu sistem imun tidak bisa bekerja dengan semestinya. Pada saat-saat seperti ini, Anda mungkin sangat memerlukan vitamin agar daya tahan tubuh menjadi lebih optimal.

Untuk melawan penyakit, dibutuhkan nutrisi yang komplit dari makanan, dan kalau perlu juga suplemen daya tahan tubuh. Yang seperti apa? Semua orang pasti setuju bila daya tahan tubuh atau imunitas yang kuat bisa menghindarkan seseorang dari penyakit seperti flu.

Banyak merk vitamin untuk daya tahan tubuh bayi maupun orang dewasa yang dijual di apotik maupun minimarket. Akan tetapi, tidak semua merk vitamin tersebut bagus dan cocok bagi setiap orang. Apa nama vitamin untuk daya tahan tubuh? Vitamin untuk daya tahan tubuh adalah vitamin A, B, C, D, dan E. Selain itu, ada juga vitamin untuk daya tahan tubuh yang bagus.

Itulah mengapa vitamin juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kita bisa memperoleh vitamin melalui makanan, baik itu yang bersifat hewani maupun nabati. Daya tahan tubuh (imunitas) yang terancam mungkin bisa diselamatkan dengan suplemen dan vitamin untuk daya tahan tubuh. Berikut beberapa vitamin yang bisa tingkatkan imunitas daya tahan tubuh Anda.

Baca Juga:

Daftar 5 vitamin untuk daya tahan tubuh

Asupan vitamin dan nutrisi yang mencukupi akan menghasilkan daya tahan tubuh yang baik. Sehingga tubuh tidak akan rentan terserang penyakit. Berikut ini vitamin untuk daya tahan tubuh yang patut untuk Anda ketahui.

1. Vitamin A

Siapa sih yang tidak tahu dengan vitamin A? Vitamin A adalah salah satu vitamin yang kita kenal akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata, menjaga sistem reproduksi, hingga merawat kulit. Selain tiga manfaat vitamin A tersebut, jenis vitamin satu ini juga merupakan vitamin untuk daya tahan tubuh.

Angka kebutuhan vitamin A harian agar daya tahan tubuh tetap terjaga yakni 0,6 mg untuk pria, 0,5-0,6 mg untuk wanita, dan 0,8-0,9 mg untuk wanita hamil. Vitamin A bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti alpukat, nanas, melon, dan mangga, daging sapi, ikan salmon, wortel, bayam, susu, serta telur.

2. Vitamin B

Vitamin B terdiri atas 8 jenis, yakni B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenik), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin). Vitamin B merupakan jenis vitamin yang harus Anda konsumsi secara rutin agar daya tahan tubuh tetap terjaga optimal.

Selain untuk daya tahan tubuh, vitamin B juga efektif menghasilkan energi, meningkatkan daya ingat, merawat kesehatan rambut, dan memperbaiki mood. Vitamin B terdapat dalam buah-buahan seperti mangga, persik, alpukat, pisang, dan jeruk, serta pada ikan salmon, daging sapi, susu, dan telur.

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang berguna untuk merawat kesehatan gigi, tulang, dan kulit. Vitamin C memiliki sifat antioksidan sehingga efektif untuk menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawberry, kiwi, dan jambu biji.

4. Vitamin D

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan mengemukakan bahwa vitamin D efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta berperan aktif dalam melawan infeksi. Vitamin D untuk daya tahan tubuh ini bisa kita dapatkan lewat sinar matahari, maupun sejumlah jenis makanan seperti telur, sereal, kerang, dan minyak hati ikan kod.

5. Vitamin E

Vitamin untuk daya tahan tubuh yang tak kalah penting dengan vitamin lainnya yaitu vitamin E. Mengapa? Karena vitamin E adalah jenis vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan serta memiliki fungsi untuk menjaga kelenjar timus. Selain itu vitamin E juga membantu sel darah putih (leukosit) dalam melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Yang di akibatkan oleh virus dan kerusakan jaringan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Vitamin E ini bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi pepaya, kacang almond kacang tanah, alpukat, biji bunga matahari, dan bayam.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan bahan herbal

Selain dari makanan yang mengandung vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh selain yang disebutkan di atas, cara meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa melalui bahan herbal dan zat nutrisi lainnya berikut ini.

1. Ginseng

Dari sebuah penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa ekstrak ginseng mampu menginduksi antibodi antigen spesifik. Antibodi ini akan bekerja untuk mengikat antigen berupa racun atau virus serta mencegah sel tubuh mengalami kerusakan. Sehingga, ekstrak ginseng dinilai efektif dalam membasmi mikroorganisme jahat atau antigen pathogen.

2. Echinacea

Mungkin Echinacea masih asing di telinga masyarakat. Echinacea adalah sejenis bunga yang masuk ke dalam kategori familia daisy. Meskipun jarang diketahui, bunga ini ternyata sering dijadikan bahan untuk membuat suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini karena Echinacea mempunyai kandungan zat aktif kompleks, di antaranya adalah zat antimikroba. Manfaat Echinacea untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini telah dibuktikan oleh penelitian yang mengatakan jika Echinacea efektif untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang kokoh.

3. Mangan

Mangan adalah jenis mineral yang dipercaya juga memiliki peran penting dalam meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Kandungan mangan dapat ditemui di berbagai jenis makanan, seperti:
  • Bayam (0,3 mg/30 gr)
  • Kacang panjang (0,2 mg/110 gr)
  • Pisang (0,6 mg/225 gr)
  • Jagung (0,8 mg/166 gr)
  • Beras merah (1,8 mg/195 gr)
Selain sebagai suplemen dan vitamin untuk daya tahan tubuh, mangan juga berfungsi untuk membantu pembentukan tulang, menyeimbangkan hormon, dan produksi enzim pencernaan.

4. Selenium

Selenium adalah zat yang dapat merangsang kinerja sistem kekebalan tubuh. Selenium dianggap efektif dalam mengurangi risiko kanker hingga mencegah perkembangan virus HIV/AIDS. Berikut ini beberapa contoh makanan yang mengandung selenium:
  • Ayam
  • Oat
  • Telur
  • Keju
  • Ikan tuna

5. Zinc

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, zinc juga berfungsi untuk memecah karbohidrat, sehingga tubuh tidak mudah merasa lelah. Kandungan zinc bisa didapatkan dari makanan-makanan seperti:
  • Tiram (oyster)
  • Daging sapi
  • Kuning telur
  • Jamur
  • Bawang putih

6. Magnesium

Salah satu fungsi utama magnesium adalah mengendalikan detak jantung dan sebagai penghasil energi bagi tubuh. Tidak hanya itu, magnesium juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Bagi Anda yang ingin daya tahan tubuhnya tetap terjaga, sebaiknya rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium, seperti:
  • Ikan
  • Yoghurt
  • Alpukat
  • Kacang almond
  • Cokelat
Nah, itulah beberapa jenis vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit. Selain itu, Anda juga perlu olahraga dan menerapkan pola hidup sehat agar kesehatan Anda lebih optimal.

Demikian penjelasan tentang apa saja jenis vitamin untuk daya tahan tubuh. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR