Niat Shalat Qashar dan Syarat Sah Melakukan Shalat Qashar

Komentar

ilustrasi via embunhati.com


Apa itu shalat  qashar? Mari kita pelajari, mulai dari mengenal apa itu  qashar sampai kepada niat dan tata cara shalatnya.

Sholat merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat islam, baru seseoang dikatakan islam apabila mengerjakan sholat fardhu 5 waktu, karena sholat merupakan rukun islam yang ke 2. Dan dosa hukumnya bagi orang yang meninggalkan shalat,  dan tidak ada alasan orang untuk meninggalkannya.

Karena islam adalah agama yang mudah dan Allah sangat memudahkan kita untuk melakukan sholat, jadi apabila kita tidak mampu berdiri untuk sholat maka boleh duduk, kalau tidak mampu duduk maka boleh berbaring, kalau tidak bisa dengan berbaring boleh terlentang hingga yang terakhir adalah dengan isyarat matanya kemudian dengan hatinya.

Sholat qashar adalah sholat yang empat rakaat diringkas menjadi dua rakaat, dan shalat qashar itu adalah shalat untuk orang yang sedang bepergian jauh. untuk cara mengerjakan sholat qashar sama seperti sholat biasanya.

Berbicara jauh mengenai kewajiban shalat fardu/wajib, sering kita dengar istilah shalat jamak, qasar maupun jamak qasar. Kita semua sudah diajarkan oleh guru kita saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun karena jarang atau bahkan tidak pernah mempraktekan, kita lupa akan tata caranya.

Terdapat sebuah kemurahan bagi umat islam dalam melaksanakan kewajiban shalat ketika dia sedang melakukan perjalanan jauh (sebagai musafir) yaitu bisa di ringkas atau di kumpulkannya dua shalat pada satu waktu yang di sebut dengan sholat jamak.

Syarat-syarat yang diperbolehkan sholat qashar.

1. Bepergian tidak untuk maksiat

2. Bepergianya minimal sejauh 82 Km

3. Untuk Shalat yang bilangan rakaatnya empat

4. Harus berniat Qashar
Bacaan sholat qashar :

وَإِذَا ضَرَبْتُمْ فِي الْأَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلَاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا ۚ إِنَّ الْكَافِرِينَ كَانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُبِينًا

Arinya: Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu men-qashar sembahyang (mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. (Q.S An-Nissa : 101)
Niat sholat qashar beserta latin dan terjemahnya.

Niat Sholat Dhuhur Qashar

اُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِرَكْعَتَيْنِ قَصْرًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli fardhodh dhuhri rok'atainii qoshron lillaahi ta'aala

Artinya: "Saya niat sholat fardu dhuhur dua raka'at qashar karena Allah Ta'ala"

Niat Sholat Ashar Qashar

اُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِرَكْعَتَيْنِ قَصْرًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli fardhol 'ashri rok'atainii qoshron lillaahi ta'aala

Artinya: "Saya niat sholat fardu dhuhur dua raka'at qashar karena Allah Ta'ala"

Niat Sholat Isya Qashar

اُصَلِّى فَرْضَ الْعِشَاءِرَكْعَتَيْنِ قَصْرًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli fardhol 'isyaa-i rok'atainii qoshron lillaahi ta'aala

Artinya: "Saya niat sholat fardu dhuhur dua raka'at qashar karena Allah Ta'ala"

Tata cara melaksanakan shalat jamak qashar:

Sebelum menjelaskan cara melaksanakan shalat jama qashar sekedar mengingatkan kembali perlu disampaikan hal-hal berikut:
  1. Shalat yang boleh dijamak hanyalah shalat siang dengan shalat siang yaitu shalat dzuhur dengan shalat ashar dan sebaliknya shalat malam dengan shalat malam yaitu shalat maghrib dengan isya dan sebaliknya.
  2. Shalat subuh tidak boleh diqashar dan tidak boleh dijamak maka harus dilaksanakan dua rakaat dan tetap pada waktunya.
  3. Shalat Maghrib boleh dijamak dan tidak boleh diqashar diringkas maka boleh dilaksanakan di waktu shalat Isya jamak takhir dan tetap harus 3 rokaat.
Top