10 Tips Hidup Bahagia Dunia Akhirat

Penulis Taufiq F | Ditayangkan 22 Oct 2019

10 Tips Hidup Bahagia Dunia Akhirat

Hidup bahagia - Image from ayatdoaislam.com

Siapa yang tak ingin hidup bahagia dunia akhirat? Hidup bahagia bersama keluarga, pastinya semua menginginkannya dari mulai anak kecil hingga dewasa pasti ingin merasakan hidup bahagia.

Namun perlu diketahui dan diingat kebahagiaan itu bisa muncul tiba-tiba dan menghilang begitu saja. Tetapi ada banyak hal bisa anda lakukan agar rasa bahagia bisa muncul dan bertahan lama di dalam diri dan pikiran.

Banyak yang tak menyadari juga bahwa kebahagiaan sebenarnya berasal dari hati. Hatilah yang dapat menentukan bahagia atau tidaknya seseorang.

Hidup bahagia tak perlu mewah bila sederhana saja sudah bisa buat bahagia (Baca: Tak Harus Mewah, Jika Tahu Rahasia Sederhana Hidup Bahagia ini)

Seperti yang akan wajib baca bagikan kali ini mengenai kunci hidup bahagia dunia akhirat menurut islam. Untuk membantu anda hidup bahagia sederhana, berikut beberapa kiat hidup bahagia yang layak anda terapkan.

Kunci Hidup Bahagia Adalah Jalani Nikmati dan Syukuri

Kebahagiaan dalam kehidupan tentu menjadi idaman semua orang, termasuk umat islam. Hidup bahagia pun menjadi salah satu tujuan hidup terbesar hingga mereka berlomba-lomba mencapai kebahagiaan melalui harta kekayaan, pencapaian karir, atau pun melalui keluarga.

Hidup itu hanya sekali maka bahagiakan hidupmu dengan 4 hal ini (Baca: Hidup Hanya Sekali, Maka Bahagiakan Hidupmu dengan Pegang 4 Prinsip ini)

Namun sayangnya, tak banyak banyak orang yang menyadari bahwa kebahagiaan sebenarnya berasal dari hati. Hatilah yang dapat menentukan bahagia atau tidaknya seseorang.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "Ketahuilah bahwa dalam jasad ini ada segumpal daging, apabila segumpal daging itu baik, maka akan menjadi baik semuanya, dan apabila segumpal daging itu jelek, maka akan jeleklah semuanya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati" (HR.Bukhari & Muslim).

Setiap orang tentu ada yang merasa bahwa hidupnya bahagia dan senang, juga tidak sedikit yang merasa hidupnya celaka dan sengsara.

Senantiasa sederhana dalam urusan dunia dan senantiasa mencintai urusan akhirat, tidak terlalu berlebihan dan hanya secukupnya saja dalam hal duniawi, tidak meminta lebih dari sesuatu yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Orang tersebut lebih mencintai urusan akhirat dengan memperbanyak beribadah dan melakukan kebaikan dengan mengharap ridha dari Allah SWT, sehingga hatinya terasa tentram dan senang tanpa ada beban pikiran yang harus dikeluhkan.

Semua orang pastinya ingin hidup bahagia, baik itu hidup bahagia di dunia maupun di akhirat. Tapi ternyata tidak semua bisa mendapatkannya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini:

“Sungguh mengherankan urusan seorang mukmin. Sesungguhnya segala urusannya baginya memberikan kebaikan hal ini tidak dimiliki oleh seorangpun melainkan oleh seorang mukmin. Bila mendapatkan harta atau kesuksesan selalu bersyukur maka jadilah itu kebaikan baginya dan bila mendapatkan kesengsaraan dia selalu bersabar dan itupun menjadikan kebaikan baginya.” (H.R. Abu Yahya).

Selain berusaha untuk hidup bahagia, juga harus diiringi berdoa, berikut doanya (Baca: 8 Doa Pendek Agar Rumah Tangga Bahagia Lengkap Beserta Usaha yang Harus Dilakukan )

Berbagai tujuan dan rintangan dalam kehidupan terkadang membuat kehidupan di dunia terasa sangat buruk dan menyiksa. Lalu bagaimana cara mendapatkan hidup bahagia dalam islam? Berikut adalah beberapa tips hidup bahagia dunia akhirat menurut islam.

10 Tips Hidup Bahagia Dunia Akhirat

1. Selalu bersyukur

Hidup di dunia akan jauh terasa lebih bahagia jika kita banyak bersyukur. Sebagaimana firman Allah:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Artinya: ”Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(Q.S. Ibrahim: 7)

Bersyukur itu mudah namun banyak orang yang melalaikannya, mungkin kesulitan untuk mengucapkan kata bersyukur, bisa cek disini (Baca: Kumpulan Kata Bersyukur yang Bisa Kita Jadikan Motivasi Semangat Hidup)

2. Selalu melihat ke bawah

Rasulullah SAW bersabda: "Lihatlah orang yang ada di bawahmu dan jangan melihat orang yang ada di atasmu, sebab itu lebih baik agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah" (Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah)

3. Sering bersedekah

Dengan bersedekah, maka hidup kita akan jauh lebih berkah dan lapang, sebagaimana janji Allah SWT

نْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”.(Q.S. Al Baqarah: 245)

4. Berbaik sangka kepada Allah SWT

Ada banyak keutamaan berbaik sangka kepada Allah, salah satunya adalah mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup.

Dari Anas ra, sesungguhnya Nabi saw, masuk untuk menemui seorang pemuda yang sedang sakaratul maut, maka Rasulullah SAW bersabda:

Bagaimana keadaanmu? Pemuda itu berkata, “Ya Rasulullah saw.! aku mengharapkan rahmat Allah dan aku sangat takut akan dosa-dosaku.” Kemudian Rasulullah SAW bersabda,

“Tidaklah takut dan roja berkumpul dalam hati seorang hamba dalam keadaan seperti ini kecuali Allah akan memberikan kepadanya apa-apa yang diharapkannya, dan akan memberikan keamanan kepadanya dari perkara yang ditakutinya.”
(HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah, al-Mundziri berkata, “Hadits ini sananya hasan”).

Walau Allah memberikan kita kemiskinan, yakinlah Allah juga memberikan kebahagiaan pada kita (Baca: Walau Hidup Susah dan Miskin, Ketahui Rahasia Dibaliknya yang Membuatmu Paham Arti Bahagia!)

5. Bersikap ikhlas

وَلَوْ أَنَّهُمْ رَضُوا۟ مَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ وَرَسُولُهُۥ وَقَالُوا۟ حَسْبُنَا ٱللَّهُ سَيُؤْتِينَا ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ وَرَسُولُهُۥٓ إِنَّآ إِلَى ٱللَّهِ رَٰغِبُونَ

Artinya : ”Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka, dan berkata:

“Cukuplah Allah bagi kami, Allah akan memberikan sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah,” (tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka).”
( Q.S. At Taubah: 59)

6. Selalu menjalankan ibadah

Bagi orang yang selalu berpegangan teguh kepada ajaran islam, tentunya akan jauh lebih bahagia hidupnya. Hidup mereka akan dipenuhi dengan ridho Allah.

وَٱلَّذِينَ يُمَسِّكُونَ بِٱلْكِتَٰبِ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ ٱلْمُصْلِحِينَ

Artinya : ”Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan Al Kitab (Taurat) serta mendirikan shalat, (akan diberi pahala) karena sesungguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan.” ( Q.S. Al A’raaf: 170)

7. Taubat

Tidak akan bahagia hidup seseorang sebelum ia melakukan taubat jika ia mempunyai dosa, apalagi jika itu adalah dosa besar dalam islam.

وَإِذَا جَآءَكَ ٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِـَٔايَٰتِنَا فَقُلْ سَلَٰمٌ عَلَيْكُمْ ۖ كَتَبَ رَبُّكُمْ عَلَىٰ نَفْسِهِ ٱلرَّحْمَةَ ۖ أَنَّهُۥ مَنْ عَمِلَ مِنكُمْ سُوٓءًۢا بِجَهَٰلَةٍ ثُمَّ تَابَ مِنۢ بَعْدِهِۦ وَأَصْلَحَ فَأَنَّهُۥ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya :  ”Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah:

“Salaamun alaikum. Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”
( Q.S. Al An’aam: 54)

8. Rajin puasa

Rasulullah SAW bersabda, 

Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla melipatgandakan satu kebaikan anak Adam menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat kecuali puasa. Puasa adalah untukKu dan Akulah yang membalasnya. Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan pada hari kiamat. Dan bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dari pada wewangian misik.” (HR Ahmad No 4036)

9. Menjadi pendengar yang baik

Dengan menjadi pendengar yang baik, kita akan lebih menghargai tentang hubungan antar manusia. Orang lain pun akan lebih menghargai kita.

ٱلَّذِينَ يَسْتَمِعُونَ ٱلْقَوْلَ فَيَتَّبِعُونَ أَحْسَنَهُۥٓ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ هَدَىٰهُمُ ٱللَّهُ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمْ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ

Artinya : ”yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal.” ( Q.S. Az Zumar: 18)

10. Mendapat pasangan yang sholeh dan sholehah

Rasulullah SAW bersabda:

“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi. Al Albani berkata dalam Adh Dho’ifah bahwa hadits ini hasan lighoirihi)

Demikianlah beberapa cara hidup bahagia dalam islam yang dapat anda jadikan referensi dalam kehidupan anda. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

SHARE ARTIKEL