Doa untuk Anak 

Penulis Rizal H | Ditayangkan 21 Apr 2020

Pada artikel ini kami akan menjelaskan doa untuk anak lengkap seperti doa untuk anak sakit, doa untuk anak yang baru lahir, doa untuk anak soleh, doa untuk anak perempuan, doa untuk anak yang sakit dan doa lainnya.

Pembahasan mengenai doa ini juga akan kami lengkapi dengan bacaan doa dalam bahasa Indonesia beserta artinya sehingga memudahkan Anda untuk yang tidak bisa berbahasa arab.

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from kaosbapaksholeh.com

Pentingnya Doa untuk Anak

Anak merupakan generasi penerus bagi keluarga.

Sehingga selayaknya bagi orang tua untuk selalu mendoakan anaknya agar supaya diberi keselamatan, kesuksesan serta kemudahan dalam menjalani hidupnya.

Kelak di akhirat, Anak yang soleh dan soleha akan menjadi investasi pahala yang sangat berharga bagi orang tua. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajibbaca.com

Artinya:

“Apabila seorang telah meninggal dunia, maka seluruh amalnya terputus kecuali tiga, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendo’akannya.” (HR. Muslim: 1631).

Tak hanya itu, kelak di hari kiamat, seseorang akan diangkat kedalam derajat tertinggi meskipun amalan yang dikerjakannya di dunia tidak seberapa, hal ini karena doa ampunan yang dipanjatkan oleh sang anak untuk dirinya.

Rasulullah bersabda:

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajibbaca.com

“Sesunguhnya Allah ta’ala akan mengangkat derajat seorang hamba yang shalih di surge. Kemudian dia akan berkata, “Wahai Rabb-ku, bagaimana hal ini bisa terjadi padaku? Maka Allah menjawab, “Hal itu dikarenakan do’a yang dipanjatkan anakmu agar kesalahanmu diampuni.”

Doa untuk Anak 

Setelah kita tahu betapa pentingnya doa orang tua untuk anak begitu pula sebaliknya, sudah saatnya kita mendoakan anak kita agar menjadi anak yang soleh dan soleha.

Berikut kumpulan doa yang bisa orang tua panjatkan kepada anak-anaknya.

Baca JugaDoa Agar Anak Sholeh, Sholehah, Pintar, Penurut Dan Sukses Dunia Akhirat.

1. Doa untuk anak soleh

Mempunyai anak yang soleh dan solehah seperti yang sudah kami sampaikan di atas adalah sebuah investasi yang sangat besar pahalanya bagi orang tua. Tentu setiap orang tua pasti menginginkannya.

Untuk mewujudkannya Anda bisa membacakan doa untuk anak soleh solehah berikut ini.

a. Doa agar anak soleh dan solehah

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajibbaca.com

(Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah)

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat”

b. Doa Nabi Zakaria

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajibbaca.com

“Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa’”

Artinya: 

"Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa" (QS. Ali Imron: 38)

c. Doa agar anak beriman dan bertaqwa

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajibbaca.com

“Robbanaa hab lanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa” 

Artinya:

"Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa". (QS. Al Furqon: 74)

d. Doa Nabi Ibrahim

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajibbaca.com

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a’

Artinya:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku" (Qs.Ibrahim : 40)

e. Doa agar anak berbakti kepada orang tua

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajibbaca.com

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum

Artinya:

“Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka”.

2. Doa untuk anak sakit

Tentu sebagai orang tua yang baik merasa khawatir ketika melihat sang anak sedang sakit. 

Sudah menjadi keharusan bagi orang tua untuk memberinya pertolongan dengan membawanya ke dokter untuk perawatan lebih lanjut. 

Selain membawanya ke dokter, Membacakan doa untuk anak sakit bisa orang tua lakukan agar anak lekas sembuh.

Berikut bacaan doa untuk anak sakit yang sering dibacakan oleh Rasulullah untuk kesembuhan sahabatnya.

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajibbaca.com

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman. 

Artinya:

“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Baca Juga: Bacaan Doa Saat Anak Sakit Biar Cepat Sembuh dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya.

3. Doa untuk anak yang baru lahir

Perasaan senang dan bahagia tentu akan dirasakan orang tua ketika mereka dikaruniai seorang anak yang mungil, lucu dan sehat. 

Sebagai bentuk rasa syukur karena dikaruniai keturunan, sebagai orang tua sebaiknya membacakan doa untuk yang baru lahir.

Adapun berikut bacaan doanya

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajibbaca.com

Latin: Bârakallâhu laka fil mauhûbi laka wasyakarta al-wâhiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu.

Artinya

"Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya."

Baca JugaKeistimewaan Doa Rabbana Hablana Min Azwajina Untuk Anak Hingga Mendapat Jodoh.

4. Doa untuk anak perempuan

Mendidik anak perempuan merupakan tugas berat orang tua, terutama di zaman sekarang ini.

Jika mereka salah dalam memilih pergaulan, maka akan berakibat fatal terhadap masa depannya.

Agar anak perempuan kita selalu dijaga oleh Allah, maka sudah saatnya sebagai orang tua mendoakannya.

Berikut bacaan doa yang bisa dipanjatkan orang tua kepada anak sesuai dengan yang apa yang dibacakan oleh Nabi Ibrahim agar mendapatkan generasi penerus Islam

Doa tersebut tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah 127-129.

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajibbaca.com

Rabbana taqobbal minna Innaka Antassamiul alim Rabbana waj'alna muslimaini laka min dzurriyatinaa ummatan muslimatan laka wa arina manasikanaa wa tub 'alaina innaka antat tawwaabur rahimm 

Artinya:

“Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahu“. Ya Tuhan Kami, Jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau, dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau serta tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) Kami, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. Ya Tuhan Kami, utuslah di tengah mereka sesorang rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan Al kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) kepada mereka serta menyucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.”

5. Doa untuk anak ulang tahun

Meskipun doa ulang tahun masih menjadi perdebatan. 

Namun tidak bisa menghilangkan tradisi yang sudah berjalan lama di Masyarakat kita ini. Untuk mengisi acara ulang tahun agar lebih berkah. 

Sebaiknya isi acara ulang tahun tersebut dengan bacaan Doa
Adapun berikut bacaannya.

Doa untuk Anak 

doa untuk anak - Image from wajbbaca.com

"Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun,"

Artinya:

"Ya Allah! Panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu,"

Baca Juga7 Doa Ulang Tahun Anak dalam Islam yang Baik Meminta Rezeki dan Kesehatan.

Itulah kumpulan bacaan doa untuk anak yang bisa orang tua baca. Semoga anak kita selalu dilindungi oleh Allah dan dijadikan anak yang soleh solehah. Amiinn.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb