Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

 18 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

Mainan bayi - Image from id.pinterest.com

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan Semakin bertambahnya usia, Si Kecil juga membutuhkan mainan bayi lho Bun. Berikut penjelasannya.

Untuk merangsang perkembangan sensorik dan motoriknya, si Kecil membutuhkan mainan. Tapi jangan asal mainan ya Bun, karena mainan bayi tersebut harus berbahan aman dan sesuai dengan umurnya. Berikut ini beberapa mainan bayi mulai umur 1 bulan hingga 1 tahun. 

Baca Juga :
1. 7 Resep Menu MPASI 6 Bulan yang Mudah Dibuat
2. Tinggi Badan Ideal Bayi dan Balita, Bunda Wajib Tahu!
3. Kumpulan Arti Nama Bayi Perempuan Islami 

Mainan Bayi

Di usianya yang baru menginjak 0-6 bulan, si Kecil sedang dalam tahap mengenal hal-hal baru di sekitarnya. Jadi sangat penting buat Bunda untuk memberikan benda-benda yang dapat merangsang pertumbuhan sensorik dan motorik si Kecil, seperti suara, sentuhan, rasa, dan pendengaran.

Mainan bayi yang paling populer untuk Si Kecil di usianya ini adalah mainan yang berwarna cerah seperti merah, biru, ataupun kuning. Selain itu, mainan dengan suara lembut dan desain yang sederhana merupakan pilihan terbaik bagi mereka.

Yuk Bun, cek rekomendasi mainan bayi dari wajibbaca.com berikut ini, jangan sampai Bunda salah memberi mainan yang belum cocok untuk usia Si Kecil ya..

1. Gambar hitam putih

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

Gambar hitam putih mainan bayi - Image from www.qupas.id

Gambar hitam putih merupakan pilihan yang sangat bijak untuk mainan bayi 1 bulan.

Tahukah Bunda, pada awal kehidupannya, fungsi mata si Kecil masih belum sempurna? Ketika berusia 0 – 1 bulan, si Kecil hanya bisa melihat warna hitam dan putih saja dengan jarak pandang sekitar 10-25 cm. Seiring berjalannya waktu, jarak pandangnya pun akan bertambah jauh.

Bunda bisa mencoba memperlihatkan gambar ataupun pola hitam putih yang kontras. Si Kecil pasti akan memperhatikannya dan tertarik dengan gambar tersebut.

Si Kecil senang dengan mainan yang digantung. Oleh karena itu, cobalah gerakkan atau geser mainan bayi 2 bulan ini perlahan dan lihat apakah mata si Kecil sudah dapat mengikuti arah gerakan tersebut. Bayi baru lahir tentunya tidak serta merta langsung bisa mengikuti arah gerak benda, akan tetapi cobalah trik ini untuk merangsang kemampuan bayi. 

2. Boneka laba-laba

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

Mainan laba-laba - Image from id.theasianparent.com

Jika Bunda mencari mainan bayi 3 bulan, maka boneka laba-laba merupakan pilihan yang bisa Anda coba. Hal ini karena mainan gantung seperti boneka laba-laba cukup komplit untuk merangsang indera bayi berusia 1-4 bulan.

Bagian bawah dari boneka berpola hitam putih, sehingga si Kecil akan senang melihatnya. Jika ia sudah lebih besar dan dapat melihat warna lainnya selain hitam putih, ia akan tertarik dengan gantungan-gantungan pada setiap kaki laba-laba.

Gantungan tersebut pun bervariasi, Bunda bisa memilih gantungan yang bisa berbunyi bila diremas, berbunyi bila dikocok, serta terdapat bulatan yang dapat ditarik si Kecil. Lucu banget kan Bun?

3. Mainan bayi dengan cermin

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

Mainan bayi dengan cermin - Image from duniamainananak.com

Mainan bayi yang dilengkapi dengan cermin bisa Anda pilih ketika mencari mainan bayi 4 bulan. Karena pada usia 3-4 bulan, fungsi mata si Kecil sudah lebih baik. Ia mampu melihat warna dengan jarak pandang yang lebih jauh.

Bayi mulai bisa menggapai mainan yang digantung. Namun kerja sama tangannya masih kurang baik. Kadang-kadang, si Kecil ingin memegang mainan tersebut akan tetapi tidak bisa, akibatnya ia menangis. Si Kecil juga mulai mengeluarkan suara-suara sebagai ungkapan komunikasinya.

Bukannya tidak mungkin si Kecil akan ‘mengajak bicara’ mainannya dengan cara mengeluarkan suara “ah-uh-he” sambil memandangi mainan tersebut.

Selain itu, Ia juga gemar melihat refleksi dirinya pada cermin. Jika diberikan mainan yang ada cerminnya, ia dapat menghabiskan waktu lama untuk tertawa sambil bercermin.

4. Buku Bayi

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

Buku Bayi - Image from bp-guide.id

Ketika si Kecil berusia 5 bulan, ia mulai senang menggosok-gosokkan tangannya ke berbagai permukaan benda. Berikan benda dengan berbagai tekstur agar merangsang indera perasanya.

Untuk mainan bayi 5 bulan, Bunda bisa memberinya buku khusus untuk bayi yang terbuat dari kain, serta memiliki tekstur berbeda-beda di setiap halamannya. Bunda juga bisa membacakan cerita setiap hari sebelum ia tidur, untuk membudayakan membaca sejak dini.

Pilihlah cerita yang tidak terlalu panjang, misalnya hanya 1-2 kalimat saja untuk setiap halaman. Misalnya bila ada gambar sapi pada buku tersebut, kita dapat bercerita, “Ini sapi.. sapi bunyinya moo.. Nanti kita lihat sapi ya di luar rumah ya..”.

5. Bola  

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

Mainan bayi bola - Image from www.popmama.com

Bola bisa dipilih sebagai mainan bayi 6 bulan lho Bun, karena pada usia ini si Kecil sudah mulai merangkak, sehingga bola sangat baik untuk merangsang kemampuannya merangkak.

Si Kecil dapat menyentuh bola agar menggelinding, lalu ia merangkak untuk meraihnya. Begitu seterusnya, sehingga ia maju secara bertahap mengikuti bola. Oleh karena itu, Bunda juga masih bisa menggunakan bola sebagai mainan bayi 7 bulan.

Bola bertekstur (seperti pada foto di atas) bisa melatih kemampuan sensorik si Kecil. Biasanya mainan bayi ini juga bisa berbunyi jika dipencet, sehingga melatih logika sebab-akibat anak.

6. Alat Musik

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

Alat musik untuk bayi - Image from es.aliexpress.com

Alat musik bisa dipilih sebagai mainan bayi 8 bulan yang edukatif. Bukan alat musik yang dipakai orang dewasa biasanya ya Bun, akan tetapi alat musik mainan berupa drum, terompet, suling, ataupun organ.

Mainan alat musik dapat membantu si Kecil mengenal suara dan mengajarkan konsep sebab-akibat sederhana dari bunyi yang terdengar dari alat musik tersebut.

Bunda bisa mengajarkan si Kecil cara meniup terompet dengan mulutnya secara berirama, atau Bunda juga bisa membeli mainan keyboard mini yang dapat memainkan musik secara otomatis atau menghasilkan nada-nada saat si Kecil menekannya.

7. Boneka Tangan

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

Boneka Tangan untuk bayi - Image from id.aliexpress.com

Meski terlihat sederhana, namun boneka tangan ternyata sangat bermanfaat lho Bun. Terutama untuk merangsang daya imajinasi si Kecil.

Bunda tidak perlu khawatir memilihnya, karena mainan bayi 9 bulan ini sudah tersedia dalam berbagai bentuk karakter kartun, binatang, bunga, dan masih banyak lagi. Selain membeli, Bunda juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kain flanel.

Cara menggunakan boneka tangan dengan benar yaitu masukkan boneka tangan ke tangan, lalu gerak-gerakkan di depan si Kecil sambil bercerita. Selain meningkatkan imajinasi, mainan bayi ini juga dapat merangsang kemampuan bahasa si Kecil.

8. Shape Sorter

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

Shape Sorter - Image from www.dhgate.com

Shape sorter sangat cocok untuk mainan bayi 1 tahun, karena mainan ini dapat merangsang kemampuan si Kecil dalam mengenal bentuk. Shape sorter didesain menyerupai puzzle ala rumah-rumahan sehingga si Kecil akan dibuat penasaran untuk mencocokkan bentuk-bentuknya.

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan nah, udah nggak bingung lagi kan Bun saat memilih mainan bayi yang sesuai dengan umurnya? Semoga bermanfaat.