Kumpulan Arti Nama Bayi Perempuan Islami

 18 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Kumpulan Arti Nama Bayi Perempuan Islami

Arti nama bayi perempuan - Image from id.pinterest.com

Sedang mencari nama untuk si kecil? Berikut arti nama yang bagus dan banyak digunakan oleh orang tua Islam saat memberi nama anaknya.

Apakah arti nama saya? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam benak kita. Atau mungkin ketika ingin memberikan nama untuk si Kecil kita bertanya-tanya, arti nama apa ya yang bagus?

Nah, berikut sudah kami rangkum beberapa nama yang bermakna bagus dan baik untuk Anda para orang tua yang sedang mempersiapkan nama si Kecil. 

Baca Juga :
1. Kumpulan Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
2. 25 Nama Indah Dalam Islam Untuk Bayi Perempuan Lengkap Beserta Artinya

Arti Nama Dalam Islam

Setiap manusia yang lahir ke dunia sudah pasti memiliki nama sebagai identitas diri, selain itu nama juga digunakan sebagai pembeda manusia yang satu dengan yang lainnya.

Memberikan nama untuk bayi merupakan suatu kewajiban bagi orang tua, hal ini dijelaskan oleh Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam dalam sabdanya yang artinya “Sesungguhnya diantara kewajiban orangtua terhadap anaknya adalah mengajarinya menulis, memberikan nama yang baik, dan menikahkannya bila telah dewasa.” (HR. Ibnu Najar)

Memberikan nama juga tidak boleh sembarangan, karena nama mengandung arti dan doa yang akan menyertai sang anak hingga wafat. Adapun adab memberikan nama menurut Islam antara lain adalah :

1. Pilihlah nama yang baik dalam arti maupun panggilan

Islam menganjurkan orangtua untuk memberikan anaknya nama dengan arti yang bagus, dan juga indah untuk dipanggil.

Pemberian nama yang baik bisa diambil dari nama Nabi dan Rasul, serta nama istri-istri Nabi dan Rasulullah SAW. yang sholehah, ataupun dari nama anak-anak Nabi dan Rasul yang sholeh dan sholehah.

Nama anak yang baik juga bisa diambil dari sifat-sifat Allah dan asmaul husna, hal ini bertujuan agar kita selalu teringat dan mendekatkan diri  kepada Allah SWT.

2. Pilihlah nama yang tidak termasuk haram

Sebagai muslim, para orangtua dilarang untuk memberikan nama anaknya dengan nama-nama yang diharamkan menurut Islam. Misalnya nama ‘Firaun, Al-Lat, Uzza, dan nama-nama yang buruk lainnya.

Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa nama-nama tersebut merupakan nama yang berasal dari orang yang memiliki akhlak buruk.

Nama-nama lainnya yang diharamkan adalah nama yang memuji (tazkiyyah) terhadap diri sendiri atau nama yang berisi kedustaan.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. yang artinya :

“Sesungguhnya nama yang paling dibenci oleh Allah adalah seseorang yang bernama Malakul Amlak (rajanya raja).” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Memberikan nama pada waktu terbaik

Menurut sunnah Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam, terdapat tiga waktu terbaik dalam pemberian nama anak, yaitu : di hari kelahiran, sampai hari ketiga dan ketujuh, dan di hari ketujuh kelahiran.

4. Pemberian nama dan nasab anak adalah hak ayah

Dalam keluarga, seorang ayah berperan sebagai seorang imam dan pemimpin, sehingga dalam pemberian nama anak pun, dianjurkan seorang ayah yang harus melakukannya.

Menurut hukum Islam, seorang anak dalam masalah budak dan merdeka mereka mengikuti Ibunya, akan tetapi dalam masalah pemberian nama dan nasab, mereka mengikuti Ayahnya.

Dan begitu pula hak memberikan nama kepada sang anak, seorang ayah juga berhak atas nasab anaknya. Oleh sebab itu, seorang anak akan dipanggil dengan nama Ayahnya, misalnya : ‘fulan bin fulan’ dan bukan dengan nama Ibunya yaitu ‘fulan bin fulanah’.

Baca Juga : Nama Anak Tak Boleh Dipanggil Jika Orang Tua Belum Syukuran?

Arti Nama Bayi

Setelah mengetahui adab dan cara memberikan nama, maka langkah selanjutnya adalah menentukan nama. Dan jika anak Anda berjenis kelamin perempuan, berikut beberapa referensi arti nama bayi perempuan yang baik.

1. Az-Zahra

Arti nama Azzahra yaitu bunga, cerdas, luar biasa. Selain karena artinya yang indah, panggilan ini juga populer karena terinspirasi dari nama putri Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wasallam yaitu Fatimah az-Zahra. Arti nama Fatimah az-Zahra sendiri yaitu perempuan lembut hati yang bercahaya.

Meskipun berasal dari Arab, nama ini juga banyak dipakai di seluruh belahan dunia. Nama ini memiliki beberapa variasi lain seperti Zahra dan Zara yang banyak dipakai di negara-negara Eropa. 

2. Aisyah

Arti nama Aisyah dalam bahasa Arab yaitu perempuan, wanita, kehidupan, sehat. Selain maknanya yang luar biasa bagus, nama ini juga merupakan nama istri Nabi yang sholehah, yaitu Aisyah binti Abu Bakar.

Selain cantik dan dikenal sebagai seorang wanita cerdas, fasih, dan mempunyai ilmu bahasa yang tinggi, Aisyah binti Abu Bakar juga merupakan wanita yang mempunyai sejarah dan pengaruh penting dalam penyebaran ajaran agama Islam.

Variasi nama lainnya dari Aisyah adalah Aisha, A'ishah, Ayesha, A'isha, Aishat, atau Aisya yang juga memiliki makna yang sama.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Para Istri Rasulullah Solallahu Alaihi Wasallam

3. Putri

Arti nama Putri yaitu anak perempuan. Kita pun juga bisa memaknai arti anak perempuan sebagai doa, agar bayi perempuan kita menjadi anak wanita yang solehah, cantik dan feminim.

Nah, itulah tadi beberapa arti nama yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk nama si Kecil. Semoga bermanfaat.