Biaya Operasi Katarak Terbaru 2020

 04 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

Biaya Operasi Katarak Terbaru 2020

Ilustrasi operasi katarak - Image from go.care

Biaya Operasi Katarak Terbaru 2020 Sebelum melakukan operasi katarak, ketahui dahulu biaya operasi katarak berikut ini.

Katarak adalah kondisi medis di mana lensa mata menjadi keruh. Menurut data, katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia. Karena sifatnya yang dapat berbahaya jika tidak ditangani, maka banyak orang melakukan operasi katarak.

Nah, sebelum melakukan operasi, siapkan dulu biayanya. Ketahui juga apakah bisa ditanggung BPJS. Berikut daftar biaya operasi katarak 2020.

Baca Juga :
1. 10 Cara Mengatasi Mata Bengkak Secara Cepat dengan Bahan Alami
2. Cara Mengobati Mata Merah, Berair dan Pedih.Berikut Cara Alternatif yang Mudah Dilakukan
3. 8 Cara Menghilangkan Kantung Mata Bengkak dengan Cepat dan Efektif

Biaya Operasi Katarak Terbaru

Katarak hanya bisa diatasi dengan tindakan operasi. Meski begitu, tidak semua penderita katarak wajib melakukan operasi. Karena kondisi ini terjadi secara perlahan, diawali dengan adanya kekeruhan tipis pada lensa yang bahkan tidak dirasakan.

Akan tetapi kondisi tersebut menjadi semakin tebal, dan penglihatan yang kabur pun semakin terasa. Nah, ketika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka akan mengakibatkan kebutaan. Dan akhirnya tetap harus melakukan prosedur operasi katarak.

Katarak tidak dapat dihindari oleh siapapun, karena penyebab utama katarak adalah penuaan. Maka dari itu, sudah sepatutnya Anda mempunyai perencanaan keuangan untuk antisipasi terhadap biaya operasi katarak.

Biaya operasi katarak bisa berbeda-beda di satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya. Contohnya biaya operasi katarak di RS. Siloam Surabaya mulai dari Rp 13 juta, sedangkan di RS. Premier Surabaya mulai dari Rp 14 juta.

Jangankan berbeda rumah sakit, dalam satu rumah sakit pun bisa terjadi perbedaan harga operasi katarak. Nah, berikut beberapa faktor yang dapat menentukan biaya operasi katarak :

  1. Lensa yang digunakan

    Operasi katarak sendiri adalah tindakan medis di mana lensa alami yang sudah keruh dihilangkan kemudian diganti dengan lensa buatan yang biasa disebut dengan lensa intraocular atau IOL.

    Adapun IOL terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu lensa aspheric, lensa torik, lensa multifokal, dan lensa akomodatif.

  2. Teknologi

    Teknologi yang digunakan ketika operasi katarak dapat mempengaruhi biaya operasinya, hal ini karena terdapat teknik yang biayanya murah, dan ada pula teknik yang biayanya mahal.

    Operasi katarak menggunakan teknik fakoemulsifikasi lebih mahal dibandingkan dengan operasi katarak manual atau operasi ekstrakapsular.

    Karena dengan menggunakan teknik fakoemulsifikasi, maka lensa yang terkena katarak akan dikeluarkan dengan cara dihancurkan menggunakan gelombang ultrasonic, kemudian diganti dengan lensa buatan, yang hanya memakan waktu 15-20 menit saja.

    Jadi, untuk Anda yang ingin mendapatkan biaya operasi katarak yang murah, Anda bisa memilih teknik manual atau operasi ekstrakapsular.

  3. Kualitas dan Fasilitas Layanan

    Fasilitas seperti jenis kamar dan jenis obat bius juga bisa mempengaruhi besar kecilnya biaya operasi katarak. Biasanya bius topikal/lokal memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan bius total.

    Memang, bius yang biasa digunakan dalam operasi katarak adalah bius topikal/lokal. Akan tetapi dalam beberapa kasus, bisa saja menggunakan bius total, dengan catatan ada rekomendasi dari dokter.

Terlepas dari ketiga faktor yang mempengaruhi biaya operasi katarak tersebut, umumnya operasi katarak berkisar antara Rp 3,5 jutaan hingga Rp 26 jutaan untuk satu mata.

Berikut kisaran biaya operasi katarak di kota-kota besar di Indonesia.

  • Biaya operasi katarak di Jakarta mulai dari Rp 3 juta - Rp 16 juta.
  • Biaya operasi katarak di Surabaya mulai dari Rp 4 juta - Rp 14 juta.
  • Biaya operasi katarak di Bandung mulai dari Rp 3 juta - Rp 14 juta.
  • Biaya operasi katarak di Malang mulai dari Rp 3,5 juta - Rp. 14 juta. 

Perbedaan biaya tersebut dikarenakan setiap operasi yang dilakukan tiap orang pun tentunya berbeda, hal ini dilihat dari kondisi mata, umur, pelayanan, hingga jenis operasi yang digunakan.

Khusus untuk biaya operasi katarak dengan laser, maka Anda membutuhkan biaya antara Rp 23 juta - Rp 27 juta.

Apakah BPJS Menanggung Pasien Operasi Katarak?

Pada dasarnya memang operasi katarak di Indonesia sudah ditanggung oleh BPJS (Badan Penjamin Jaminan Sosial), akan tetapi biaya operasi katarak BPJS ini dibatasi.

Hal ini dijelaskan dalam Perdirjampel (Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan) No. 2 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Katarak.

Kini BPJS menerapkan syarat bahwa metode ECCE bisa dilaksanakan setelah visus (ketajaman atau kejernihan) mencapai 6/60, sementara fakoemulsifikasi bisa dilakukan jika visus pada 6/18.

Nah, bagi pasien yang tidak memenuhi syarat, maka mereka tidak akan bisa melakukan operasi. Jadi apabila Anda hendak menggunakan jaminan BPJS, Anda harus menunggu hingga kondisi penglihatan 6/60 atau 6/18.

Demikianlah penjelasan tentang Biaya Operasi Katarak Terbaru 2020, semoga bermanfaat.