Cara Mengobati Mata Merah, Berair dan Pedih.Berikut Cara Alternatif yang Mudah Dilakukan

Penulis Penulis | Ditayangkan 25 Apr 2016
Kemarau adalah musim debu yg sangat mengganggu pernapasan & penglihatan kita. Banyak debu yg masuk ke mata kita sehingga mata menjadi iritasi & mata menjadi merah. Kalau kita berbicara mengenai mata, banyak sekali penyakit mata yg kita kenal, seperti: Mata iritasi, Belekan, Mata merah, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah kali ini Saya ingin membahas mengenai Penyakit Belekan Atau Mata Merah.

Penyakit Belekan / Mata Merah

Mata adalah organ yg penting bagi kita. Satu dari lima indera yg berfungsi untuk melihat ini adalah organ yg sangat vital bagi keberlangsungan hidup manusia. Mata belekan atau berair adalah salah satu tanda yg nampak ketika mengalami gangguan atau penyakit pada mata. Belekan atau mata merakh itu di karenakan adanya kotoran atau virus yang masuk ke dalam mata, sehingga harus kita bersihkan dengan obat tetes atau salep mata.

 Cara Mengobati Mata Merah, Berair dan Pedih.Berikut Cara Alternatif yang Mudah Dilakukan

Gejala Belekan / Mata Merah

Memang mata sangat sensitif sekali terhadap kotoran, salah satu gejala yg nampak adalah mata berair, merah serta gatal. Gejala itulah yg biasanya muncul ketika kita belekan.

Penyebab Mata Merah dan Bintit

Penyebab belekan / Mata merah ini bermacam-macam, seperti: alergi (debu, serbuk, bulu, angin, asap, parasit, hingga penggunaan lensa kontak yang kurang bersih), infeksi bakteri, virus. Belekan / mata merah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus & terkadang virus tersebut juga ditunggangi oleh kuman sehingga terjadi infeksi pada bagian mata

Obat Belekan / Mata Merah

Ada 2 macam obat untuk penyakit ini, salep & tetes. Untuk penyakit infeksi mata yg berat, daya kerja salep lebih bertahan lama. Sebab, sesuai bentuknya, obat berbentuk salep lebih mudah menempel & bertahan lama pada selaput lendir mata dibandingkan dengan obat tetes. Obat tetes lekas habis masa kerjanya karena mudah mengalir keluar lagi bersama air mata. Sehingga obat tetes lebih sering dipakai daripada obat berbentuk salep, mungkin setiap 3 – 4 jam sekali. Atau bisa lebih dari itu, sesuai tingkat keparahan infeksinya.

Salep kurang disukai sebab mengganggu pandangan & memberikan rasa kurang enak di mata, selain kurang sedap dipandang. Lagi pula tidak semua pasien memakai salep mata secara benar. Mereka mengoleskan salep pada selaput lendir merah kelopak mata, bukan langsung pada biji mata, sehingga berlepotan mengenai bulu mata. Caranya mirip dengan cara mengoleskan odol pada sikat gigi. Di depan cermin, salep dioleskan pada sisi dalam kelopak mata bagian bawah dengan cara menarik kelopak mata bawah.

Belilah obat infeksi mata sesuai dengan resep dokter, karena obat mata yg ada dipasaran belum bisa sampai membunuh bibit-bibit penyakitnya & tidak semua penyakit mata merah sama penyebabnya & sama pula obatnya. Pemakaian obat mata sembarangan bisa membahayakan mata. Untuk infeksi mata yg dinilai parah, dokter mempertimbangkan pemberian obat minum, selain salep atau obat tetes mata.

Cara Mengobati Mata Merah dan Berair

Cara Mengobati Mata Merah, Berair dan Pedih.Berikut Cara Alternatif yang Mudah Dilakukan

1.     Cara Alternatif Pertama:

Jika Anda ingin mengobati mata dengan cara alternatif berikut ini adalah caranya:

·       Jangan menyentuk mata dengan jari, karena banyak kuman yang menempel pada jari tangan, jika terjadi gatal gunakan kain lembtu untuk mengusapnya.

·       Dengan mata terpejam basuhlah kelopak mata dengan air hangat, INGAT!!! Air hangat bukan air panas jika terlalu panas justru akan menyebabkan iritasi, hal ini untuk melunakan dempetan mata dan menghilangkan kotoran sisa belekan yang masih menempel pada kelopak mata usapkan 3 – 4 kali sehari setidaknya 5 menit.

·       Gunakan obat tetes untuk mengurangi iritasi dan rasa gatal pada mata.

·       Untuk yang agak ganjen hindari pemakaian tata rias di daerah mata sampai infeksi bisa benar-benar hilang atau sembuh.

·       Jangan dulu menggunakan kontak lens jika masih infeksi.

·       Seringlah mencuci tangan karena secara tidak sadar setiap hari kita menyentuh daerah mata sekitar +10x.

·       Jika dalam 2 – 3 hari mata semakin tidak nyaman dan sensitive terhadap cahaya, cobalah untuk istirahatkan mata anda (maksudnya tidurlah yang cukup) minimal 6 jam.

Jika mata masih belum sembuh, akan saya berikan cara alternatif yg kedua

2.     Cara Alternatif Kedua :

Virus penyakit ini biasanya ada di tempat-tempat yg kumuh, seperti percikan air banjir. Hindari memegang & mengucek mata jika terasa gatal. Dan hindari juga kontak langsung dengan si penderita.

Sedangkan apabila Anda ingin mengobati mata dengan alternatif lain silahkan ikuti cari berikut ini :

·       Ambil 1 lembar daun sirih, bersihkan sampai bersih serta rebus dengan ditambah sedikit garam dapur hingga mendidih.

·       Sesudah itu angkat dari perapian serta tunggu hingga dingin, lantas saring gunakan kain yang bersih.

·       Pakai air saringan tersebut untuk membersihkan mata yang sakit se-tiap hari 3 kali.

Sekian pembahasan saya mengenai penyakit Belekan / Mata Merah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua yg ngebaca artikel ini. Dan jika Anda sedang mengalami penyakit Belekan / Mata Merah ini, saya do’a kan semoga Anda bisa cepat sembuh

Sumber : health.com

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb