5 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang

 02 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

5 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang

Makanan khas Bandung - Image from id.pinterest.com

Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang Berkunjung ke Bandung? jangan lupa beli oleh-oleh khas Bandung buat keluarga di rumah ya!

Bandung merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, kota ini terkenal akan pertumbuhan ekonominya yang pesat. Selain itu, Bandung juga mempunyai banyak tempat wisata, salah satu yang paling terkenal yaitu Little Seoul Bandung.

Nah, buat kamu yang berwisata ke Bandung, jangan lupa beli oleh-oleh buat keluarga di rumah ya! Jangan khawatir mau beli apa, cari aja di 5 oleh-oleh khas Bandung kekinian berikut ini. 

Baca Juga :
1. Resep Mie Kocok Bandung
2. 4 Resep Batagor Khas Bandung Sederhana Tapi Tetap Lezat
3. Wisata Hits di Bandung, Kamu Bisa Naik Permadani Terbang Lho Jika Berkunjung ke Wahana ini 

Oleh Oleh Khas Bandung 2019

Nggak cuma warga Ibu Kota saja lho yang mengunjungi Bandung, Kota dengan julukan Kota Kembang ini juga banyak didatangi oleh wisatawan dari wilayah lain, misalnya seperti Malang, Jogjakarta, bahkan hingga turis mancanegara.

Selain punya destinasi wisata yang beragam, kota Bandung juga punya beragam kuliner yang pastinya bakal menggoyangkan lidahmu.

Nah, saat kamu pulang dari Bandung, ada banyak sekali pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa untuk keluarga di rumah. Berikut oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang :

1. Cireng

5 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang

Cireng - Image from www.pegipegi.com

Cireng atau aci goreng ini adalah salah satu makanan khas Bandung yang sangat terkenal, tidak hanya di wilayah Jawa Barat saja, tapi di seluruh Indonesia.

Tidak seperti cireng zaman dahulu yang kopong dan mempunyai rasa gurih saja, sekarang cireng sudah banyak dimodifikasi sehingga mempunyai banyak varian. Misalnya seperti cireng isi daging, sosis, keju parut, keju mozzarella, dan lain sebagainya.

Di Bandung kamu bisa menemukan toko-toko yang menyediakan oleh-oleh cireng, diantaranya Cireng Cipaganti, Cireng Kamsia, Cireng Keraton, Cireng Rampat, dan lain sebagainya.

2. Batagor

5 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang

Batagor - Image from www.tokopedia.com

Kamu pasti sering kan jajan batagor di abang-abang? Yap! Camilan ringan yang renyah dan gurih ini berasal dari Bandung.

Kamu juga bisa lho membawa pulang batagor sebagai buah tangan, tapi pilih batagor yang beku ya! Karena biasanya batagor beku dibungkus dengan kemasan kedap udara dengan bumbu terpisah, sehingga lebih awet sampai kamu pulang.

Kamu bisa menemukan banyak gerai batagor terkenal di Bandung, contohnya seperti Batagor Kingsley, Batagor Riri, Batagor Haji Yunus, Batagor Burangrang, Batagor H Darto, dan lain sebagainya.

3. Kue Soes

5 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang

Kue Soes - Image from kuliner.panduanwisata.id

Koes soes sudah sejak zaman dulu menjadi oleh-oleh khas Bandung. Salah satu toko kue paling legendaris yang menjual shoes adalah Soes Merdeka Badranaya.

Pada awalnya, yaitu tahun 1918 toko ini dikelola oleh seorang Belanda bernama Meneer Van Grafhorst. Nah, baru pada tahun 1969, nama toko kue ini berubah dan diteruskan oleh para karyawan toko hingga sekarang.

Toko ini memproduksi kue soes dengan isian berwarna putih susu dengan rum yang harum. Selain itu, tersedia juga kue soes tanpa rum, aneka pastry, sosis, serta aneka daging olahan. Toko legendaris ini berlokasi di Jalan Merdeka Nomor 27, Bandung.

4. Pisang Bollen 

5 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang

Pisang Bollen - Image from kartikasari.com

Pisang bollen merupakan salah satu oleh-oleh khas Bandung yang lumayan terkenal, salah satu toko legendaris yang menjual pisang bollen di Bandung adalah Kartika Sari.

Pisang bollen ala Kartika Sari ini merupakan pelopor Pisang Bollen di Bandung. Toko kue ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam setiap hari.

Hingga saat ini, Toko Kue Kartika Sari telah membuka beberapa cabang yang tersebar di seluruh wilayah Bandung. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 50.000 - Rp. 65.000.

Selain itu, Pisang bollen ala Kartika Sari ini juga dijual secara online lho. Jadi, oleh oleh khas Bandung online ini cocok banget buat kamu yang lagi rindu camilan khas Bandung.

5. Peuyeum

5 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang

Peuyeum - Image from cookpad.com

Peuyeum adalah camilan yang mirip dengan tape. Namun berbeda dengan tape pada umumnya, peuyeum lebih berair dan agak encer.

Peuyeum merupakan camilan berbahan dasar singkong yang difermentasi sehingga menciptakan rasa yang asam dan juga tekstur yang sangat lembut.

Nah, buat kamu yang berencana membeli oleh-oleh ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasar-pasar tradisional hingga toko oleh-oleh, khususnya di Kartika Sari.

Jadi, jika kamu mencari oleh oleh khas Bandung Kartika Sari, selain bollen pisang kamu juga bisa memilih peuyeum bollen sebagai pilihannya.

Dari kelima oleh oleh khas Bandung kekinian yang sudah kita bahas ini, mana yang sudah pernah kamu cicipi? Itulah Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang