Wajib Tahu! Inilah Tanda Haid Akan Datang

 01 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Wajib Tahu! Inilah Tanda Haid Akan Datang

Ilustrasi tanda haid - Image from pixabay.com

Apa saja tanda haid dan bagaimana tanda haid jika telat? Karena ketika akan datang haid, atau haid yang tidak teratur pasti disertai dengan tanda-tandanya.

Haid atau menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi akibat siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Haid biasanya akan lancar dan teratur pada wanita yang berusia 18 tahun keatas.

Ketika akan datang haid, atau saat haid tidak teratur, pasti ada tanda-tanda yang menyertainya. Apa saja tanda haid itu? Nah, kali ini kita akan membahas tentang tanda haid akan datang dan tanda haid tidak teratur. Simak baik baik ya..

Tanda Haid Akan Datang

Pada umumnya, siklus haid yang normal rata-rata terjadi setiap 28 hari. Akan tetapi ada pula wanita yang memiliki siklus haid 25 hingga 35 hari. Tapi tenang saja, hal ini masih terhitung normal.

Wanita yang memiliki siklus haid normal akan mengalami haid atau menstruasi sebanyak sebulan sekali, dengan total 11 hingga 13 kali haid dalam satu tahun kalender.

Ketika haid akan datang, pasti ada tanda-tanda dalam tubuh wanita, dan terdapat pula perubahan emosi atau mood ketika wanita akan mengalami haid. Antara lain adalah :

1. Nyeri pada bagian tubuh tertentu


Nyeri menstruasi seringkali dirasakan wanita sebelum menstruasi datang. Adapun bagian yang sering merasa sakit adalah punggung, bagian paha dan juga perut.

Baca Juga : Bagaimana Proses Menstruasi yang Terjadi Setiap Bulan? Simak Artikel Berikut

2. Payudara terasa lebih lembut

Tanda haid akan datang salah satunya adalah payudara menjadi terasa lembut dan terkadang terasa berat.

3. Nyeri pada payudara

Kebanyakan wanita mengeluhkan adanya rasa nyeri pada payudara ketika akan menstruasi. Bahkan, tekanan lembut pada payudara dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

4. Sakit kepala

Sebagian wanita merasakan sakit kepala dan munculnya rasa malas yang muncul begitu saja. Hal tersebut merupakan hal alami karena sakit kepala berkaitan dengan perubahan kadar estrogen dalam tubuh yang mengganggu hormon di otak.

5. Merasa haus

Para wanita akan mengalami dehidrasi beberapa hari sebelum periode menstruasi datang. Oleh karena itu dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih agar tidak kekurangan cairan tubuh.

Baca Juga : 5 Mitos Seputar Menstruasi yang Banyak di Percaya Wanita, Ternayat Seperti Ini Faktanya!

6. Ngidam

Ngidam tidak hanya terjadi saat kehamilan saja, tetapi juga ketika akan haid. Selain ngidam, wanita juga akan mengalami lonjakan nafsu makan yang tidak biasanya.

7. Perubahan suasana hati

Wanita pada saat akan haid akan merasa sangat sedih atau senang tanpa alasan yang jelas. Bahkan tak jarang, menimbulkan perasaan sensitif sehingga mudah marah.

8. Kelelahan

Banyak wanita yang akan haid menderita kelelahan dan kemalasan. Biasanya kelelahan yang terjadi disertai pula dengan susah tidur.

9. Jerawat

Inilah tanda yang paling dibenci oleh perempuan ketika haid, yaitu tiba-tiba jerawat tumbuh pada wajah. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon progesteron yang semakin meningkat menjelang menstruasi. Hormon tersebut meningkatkan produksi minyak sebum, lalu bercampur dengan kotoran dan juga sel-sel kulit mati yang kemudian menyebabkan timbulnya jerawat.

10. Perut kembung


Perut kembung saat akan haid terjadi karena perubahan hormon dan juga kesalahan makanan yang dikonsumsi. Untuk mencegahnya, Anda bisa mencoba mengurangi asupan makanan yang mengandung garam tinggi dan memperbanyak konsumsi buah serta sayuran.

Baca Juga : Cara Mengecek Masa Subur Wanita Setelah Haid Agar Cepat Hamil

11. Sekresi Miss V

Keluarnya cairan putih saat akan haid adalah hal yang sangat normal.
Jadi Anda jangan khawatir apabila mengalaminya.

Bagaimana jika tanda haid sudah ada tapi belum haid juga? Bisa jadi Anda sedang hamil atau mengalami stres yang berlebihan. Namun terkadang apabila tanda tersebut terjadi secara terus menerus, bisa jadi terdapat beberapa penyakit atau gangguan pada rahim Anda, seperti kista di indung telur, infeksi pada organ intim, polip rahim, dan sebagainya.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami tanda haid yang terus menerus akan tetapi belum haid juga, lebih baik konsultasikan ke dokter.

Tanda Haid Telat

Tanda haid tidak teratur yang utama adalah tidak adanya perdarahan yang keluar dari vagina pada periode waktu yang semestinya, selama satu bulan atau bahkan lebih.

Baca Juga : 5 Jamu Pelancar Haid yang Sudah Terbukti Ampuh Sejak Zaman Dulu

Selain tidak adanya pendarahan, gejala haid yang terlambat dapat dilihat dengan :

  • Munculnya jerawat
  • Perut kembung
  • Payudara lebih sensitif
  • Sakit kepala
  • Lemas, lesu, dan juga tidak bertenaga
  • Kram pada perut bagian bawah dan juga punggung
  • Nyeri pada bagian pinggul

Jika haid Anda tidak lancar lebih dari periode yang semestinya, dan hal ini terjadi sangat sering, maka lebih baik Anda segera mengunjungi dokter untuk melakukan beberapa tes kesehatan.

Demikianlah artikel tentang tanda-haid ini, semoga bermanfaat.