Rincian Modal dan Keuntungan Usaha Sewa Sound System 

 29 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Rincian Modal dan Keuntungan Usaha Sewa Sound System 

Sound system - Image from id.pinterest.com

Rincian Modal dan Keuntungan Usaha Sewa Sound System Semakin banyaknya acara yang diselenggarakan dalam kehidupan masyarakat, maka kebutuhan sewa sound system semakin meningkat. Dan ini bisa jadi peluang usaha Anda.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, semakin banyak orang yang melakukan acara dengan menggunakan sound system. Misalnya seperti acara hajatan, acara pernikahan, khitanan, ceramah akbar, dan lain sebagainya.

Hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis, namun sebelum memulai bisnis, ketahui terlebih dahulu kiat-kiat peluang usaha sewa sound system berikut ini.

Baca Juga :
1. 10 Contoh Usaha Kecil Kecilan yang Terbukti Menguntungkan
2. 13 Usaha Kreatif Modal Kecil dengan Untung Besar yang Layak Anda Mulai dari Sekarang
3. Selain Usaha, 6 Doa ini Bisa Anda Amalkan Agar Uang Mudah Datang Sendiri

Persiapan Sebelum Membuka Usaha Sewa Sound System

Berikut hal-hal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai usaha sewa sound system.

  1. Target Konsumen

    Sebenarnya, Anda tidak perlu susah payah untuk mencari target konsumen, karena semua orang yang mempunyai acara atau hajatan pasti membutuhkan sound system.

  2. Strategi Promosi

    Nah, jika konsumen sudah tersedia, maka hal yang perlu Anda perhatikan adalah strategi promosi seperti apa yang dapat membuat usaha sound system Anda berbeda dari yang lain.

    Di era modern seperti sekarang ini, sudah dipastikan semua kalangan mempunyai media sosial. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai media promosi usaha sound system Anda.

  3. Karyawan Usaha

    Alat dan peralatan yang digunakan dalam usaha penyewaan sound system event ataupun sewa sound system band pastilah berat dan besar, dah hal ini tentu saja tidak akan bisa Anda kerjakan sendiri.

    Anda bisa merekrut 2 karyawan untuk membantu pekerjaan, lebih baik Anda mengambil dari orang terdekat, karena akan mempermudah komunikasi.

  4. Target Harga

    Anda dapat menarget harga sewa sound system event sesuai dengan keinginan Anda. Akan tetapi, Anda juga harus menyesuaikan dengan harga pasaran.

    Umumnya harga sewa sound system berada di kisaran Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000 tergantung pada kelengkapan sound system.

    Jadi jika Anda ingin menarget sewa sound system murah, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan ukuran sound system yang lebih kecil, atau mengurangi beberapa kelengkapan agar bisa menutupi kerugian. 

Rincian Biaya Untuk Usaha Sewa Sound System

Berikut perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan untuk memulai usaha persewaan sound system. 

Rincian Modal dan Keuntungan Usaha Sewa Sound System 

Peluang Usaha Sewa Sound System - Image from caramendapatuang.com

Setelah mengetahui total pengeluaran Anda, maka langkah selanjutnya adalah menjawab pertanyaan "sewa sound system berapa?"

Begini, semisal Anda menarget harga penyewaan sound system Rp. 3.000.000 per hari dan Anda mampu melayani 3 konsumen yang masing-masing menyewa satu hari, maka penghasilan yang akan Anda dapatkan yaitu :

3 x Rp. 3.000.000 = Rp. 9.000.000

Apabila pendapatan Anda melebihi biaya pengeluaran, maka Anda sudah bisa dibilang mendapatkan balik modal. Akan tetapi jika penghasilan Anda kurang dari total pengeluaran, maka Anda belum bisa dibilang mendapatkan balik modal.

Lalu berapa keuntungan yang akan Anda peroleh? Gunakan rumus ini :

Total pendapatan – Total pengeluaran = Laba

Jadi, jika kita menggunakan perkiraan diatas maka :

Rp. 9.000.000 – Rp. 4.200.000 = Rp. 4.800.000

Nah, dari perhitungan ini dapat kita simpulkan bahwa usaha ini pada bulan pertama saja sudah bisa mengembalikan modal awal sebesar Rp. 4.200.000.

Dan di bulan pertama pula, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan Rp. 4.800.000. Untuk bulan ke 2 dengan target yang sama, maka Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan bersih Rp 9.600.000.

Analisa SWOT Usaha Sewa Sound System

Agar semakin memantapkan hati Anda, berikut analisa SWOT usaha sewa sound system :

  1. Strength (kekuatan)

    Usaha sewa sound system tentu mempunyai kekuatan, maksudnya besarnya penghasilan yang didapatkan dari usaha ini pastilah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga.

  2. Weakness (kelemahan)

    Jika kita perhatikan, kelemahan dari usaha sound system ini terletak pada teknisnya. Perangkat sound rawan terhadap kerusakan, misalnya karena hujan lebat yang membasahi kabel atau bagian speaker. Dengan demikian, Anda akan membutuhkan uang untuk memperbaikinya.

  3. Opportunity (peluang)

    Bicara tentang peluang, Anda tidak perlu khawatir karena banyak sekali orang yang membutuhkan jasa sewa sound system, contohnya seperti orang yang mempunyai acara pernikahan atau pengajian, yang tentu saja membutuhkan sound system.

    Menariknya lagi, biaya penyewaan sound system cukup besar sehingga sudah pasti Anda akan mendapatkan penghasilan yang cukup banyak.

  4. Treath (ancaman)

    Di dunia bisnis, pasti tidak akan luput dari adanya halangan dan rintangan. Dalam usaha penyewaan sound system sendiri, Anda akan menemukan pesaing sebagai ancaman bisnis Anda.

Jadi bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memulai usaha sewa sound system? itulah Rincian Modal dan Keuntungan Usaha Sewa Sound System.