10 Contoh Usaha Kecil Kecilan yang Terbukti Menguntungkan

Komentar
10 Contoh Usaha Kecil Kecilan yang Terbukti Sukses dan Menguntungkan
contoh usaha kecil kecilan - image from peluangusahabandung.com

Bagi sebagian orang, membuka suatu usaha masih menjadi hal yang menakutkan karena memikirkan modal besar dan tidak memperoleh untung. Padahal tidak semua usaha memerlukan modal besar, bahkan ada banyak sekali contoh usaha kecil kecilan yang sukses dan mendulang untung.

Kebanyakan dari mereka yang merasa susah memulai usaha, biasanya karena mereka lebih fokus pada berbagai permasalahan yang akan mereka hadapi seperti masalah kirim barang, cari supliernya dimana dan sebagainya. Makanya Anda harus mencoba membuka usaha kecil namun tetap menghasilkan penghasilan secara rutin.

Contoh usaha kecil kecilan tapi menguntungkan ini banyak sekali macamnya, dapat dijalankan dimana saja, dan oleh siapa saja. Banyak sekali keuntungan dari memiliki usaha kecil-kecilan ini. Antara lain adalah keuntungan bagi seseorang yang ingin menambah uang saku bagi pelajar, dapat membantu ekonomi keluarga untuk ibu rumah tangga, untuk sampingan, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, usaha kecil kecilan tersebut sangat cocok sekali dijalankan ibu rumah tangga yang tidak ingin keluar rumah dan tetap bisa mengurus anak di rumah. Contoh usaha kecil kecilan untuk ibu rumah tangga seperti: membuka counter pulsa, jasa cathering, dan jasa laundry. Contoh usaha kecil kecilan di rumah tersebut dapat mendulang untung secara rutin.

Jadi bagi Anda yang bercita cita membangun usaha yang sukses dan untung. Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com merekomendasikan beberapa contoh usaha kecil kecilan yang terbukti sukses dan menguntungkan yang bisa Anda coba diantaranya:

10 Contoh Usaha Kecil Kecilan Untung Besar

1. Usaha Laundry Kiloan

Contoh usaha kecil kecilan untuk ibu rumah tangga adalah usaha laundry kiloan. Usaha ini merupakan salah satu jenis usaha dengan modal ringan dan penghasilan yang rutin. Anda bisa memulai usaha ini dari rumah sendiri untuk melihat berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry kiloan.

2. Membuka Warung Kopi

Contoh usaha dengan modal kecil selanjutnya adalah dengan membuka warung kopi. Dengan memilih lokasi yang tepat dan strategis, usaha kecil ini akan memiliki untung yang besar. Anda juga bisa membuka warung kopi di depan rumah Anda. Anda bisa mengkombinasikan dengan berjualan menu jajanan atau makanan ringan seperti kue gorengan atau bahkan berjualan nasi dengan menu yang relatif sederhana untuk menambah pundi pundi penghasilan.


3. Usaha Kue dan Gorengan

Gorengan sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Dengan memiliki modal yang sangat minim, usaha menjual kue gorengan merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang patut untuk dipertimbangkan karena potensinya yang sangat menjanjikan. Peralatan dan kebutuhan belanja bahan baku kue dan gorengan juga sangat murah serta cukup mudah didapatkan disekitar kita. Selain tidak menyita cukup banyak waktu, jenis usaha ini juga dapat memberikan keuntungan yang lumayan baik bagi ibu rumah tangga.

4. Membuka Catering dan Warung Makanan

Contoh usaha kecil kecilan yang sukses dan menguntungkan, dengan membuka warung kecil khas makanan daerah. Jenis usaha ini paling cocok bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak. Karena selain hobi dapat tersalurkan Anda dapat memiliki penghasilan dari hobi tersebut. Jika usaha ini berhasil, maka Anda bisa merambah bisnis catering yang dapat memberikan keuntungan lebih besar.


5. Usaha Minuman Coklat dan Jus Buah

Usaha modal kecil yang satu ini sangat potensial jika Anda bisa menemukan lokasi yang tepat dan strategis seperti d iarea sekolah maupun area tempat wisata. Anda bisa menjajakan khusus menu berbagai jenis minuman dingin atau hangat dengan sensasi rasa coklat dengan varian rasa keju, selai atau beragam topping lainnya. Begitu juga dengan gerai kecil yang menyediakan berbagai minuman jus buah dengan harga yang sangat terjangkau di kantong anak anak sekolah.

6. Membuka Counter Pulsa

Membuka counter pulsa juga termasuk usaha yang mudah dan tidak ribet. Anda bisa mendirikan usaha ini di depan teras rumahmu. Dengan catatan, rumahmu harus sering dilalui orang ya. Dengan bisnis ini, target pasar sudah jelas dan nyata ada, yaitu teman-teman pelajar dan mahasiswa atau bahkan guru dan dosen.
Perkiraan modal awal untuk membuka usaha counter pulsa;

-Etalase kaca ukuran kecil Rp 200 ribu
-Kartu perdana 1 pack Rp 200 ribu
-Deposit Pulsa Rp 600 ribu

7. Membuka Usaha Sayur

Anda juga bisa buka toko sayur di depan rumah. Anda hanya perlu belanja di pasar saat subuh, dan menjual kembali hasil belanjaanmu kepada tetangga. Modal usaha ini tentunya bisa saja di bawah Rp 1 juta kalau emang sayur yang dibeli tidak banyak. Anda bisa gelar lesehan, dan tidak perlu beli rak atau etalase. Namun, jika tempat tinggalmu dekat dengan pasar, Anda harus memikirkan ulang untuk menjalankan usaha ini karena orang akan lebih memilih untuk belajar sekolah secara langsung.

Baca Juga:

8. Usaha Dropship / Toko Online

Selain tidak memerlukan tempat permanen, usaha ini juga dapat dilakukan disela-sela waktu istirahat sekolah dan kuliah karena bisnis online waktunya lebih fleksibel. Dengan modal paling minim, Anda bisa mulai buka usaha kecil kecilan dengan sistem dropship. Anda tidak perlu banyak stok barang, bisa jual secara offline atau online, dan fleksibel.

9. Ternak Ayam Kampung

Jika Anda hobi memelihara Ayam dan memiliki lahan yang lapang, cobalah untuk mulai beternak ayam kampung. Daging dan telur ayam kampung yang lezat dan lebih disukai masyarakat Indonesia, menjadikan beternak ayam kampung sangat menjanjikan untung yang besar. Beternak ayam kampung juga lebih murah dibandingkan dengan ternak sapi dan kambing.

10. Usaha Jasa Potong Rambut Pria

Usaha pangkas rambut pria bisa jadi salah satu contoh usaha kecil kecilan yang bisa dicoba. Tidak perlu membuka salon yang mewah dan lengkap dengan peralatan modern jika ingin membuka usaha jasa potong rambut dengan menggunakan modal yang minim. Khususnya potong rambut pria, dengan alat yang tidak terlalu rumit seperti halnya salon kecantikan wanita, maka persiapan yang paling penting adalah bagaimana cara anda memilih atau menentukan lokasi tempat usaha yang strategis.

Demikianlah beberapa contoh usaha kecil kecilan yang bisa Anda Coba karena tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha, asalkan ada niat dan usaha yang keras. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.
Top