Niat Puasa Daud Arab, Latin dan Terjemahannya

 14 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Niat Puasa Daud Arab, Latin dan Terjemahannya

Niat puasa Daud - Image from prelo.co.id

Artikel kali ini akan membahas tentang lafadz niat puasa Daud dan hadits yang menerangkan keutamaan puasa Daud.

Banyak dari kita yang masih awam dengan ibadah puasa sunnah Daud. Apakah puasa Daud itu, dan apa sajakah keutamaan yang dimilikinya? Berikut dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bacaan niat puasa Daud dan keutamaan puasa sunnah Daud. 

Niat Puasa Daud

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang dilaksanakan dalam waktu yang selang-seling atau bergonta-ganti. Misalnya hari ini tidak puasa maka besoknya puasa, lusa tidak puasa lagi dan besok lusanya puasa, dan begitupun seterusnya.

Perlu kita ketahui bersama, bahwasanya puasa Daud merupakan sebaik-baiknya puasa, karena puasa ini memiliki derajat yang paling tinggi.

Jadi apabila kita sanggup dan mampu, kita dapat melaksanakannya sepanjang tahun, kecuali pada hari-hari diharamkannya berpuasa, misalnya seperti hari raya Idul Fitri, dan Idul Adha.

Seperti halnya ibadah puasa yang lain, melaksanakan puasa Daud harus disertakan dengan niat. Dan berikut niat puasa sunah Daud.

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat puasa Dawud latin :

NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Arti doa puasa nabi Daud : "Saya niat puasa daud, sunnah karena Allah Ta'ala".

Baca Juga : Niat Puasa Ayyamul Bidh Lengkap Dengan Arab, Latin dan Artinya

Hadits yang Menerangkan Keutamaan Puasa Daud

Selain membahas tentang niat puasa nabi Daud, kita juga akan membahas tentang keutamaan yang dimiliki puasa Daud.

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa puasa Daud merupakan sebaik-baiknya puasa, begitu juga dengan doanya yaitu doa puasa daud. Hal ini diterangkan dalam hadits riwayat berikut :

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya : "Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihissalam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya". (HR. Bukhari)

Adapun faedah hadits diatas adalah :

1. Hadits diatas menerangkan tentang keutamaan puasa Daud, yakni berpuasa sehari kemudian tidak berpuasa pada keesokan harinya. Dan puasa inilah yang paling dicintai oleh Allah SWT dan tidak ada puasa yang lebih baik dari puasa Daud.

2. Salah satu faedah puasa Daud ialah menunaikan hak Allah dengan cara taat kepada-Nya dan menunaikan hak badan dengan cara mengistirahatkannya dari makan.

3. Dengan melaksanakan puasa Daud, seseorang akan lebih memperhatikan kewajibannya yang lain, dan ia juga bisa belajar untuk memposisikan sesuatu sesuai dengan porsinya.

Baca Juga : Niat Puasa Muharram Beserta Macam macam Puasa Sunnah Lainnya

4. Abdullah bin ‘Amr sangat semangat untuk melakukan ketaatan. Ia bersikeras untuk taat kepada Allah seharian, namun Rasulullah menentangnya, beliau memberinya solusi untuk berpuasa sehari dan tidak berpuasa keesokan harinya. Dan tidak ada yang lebih afdhol dari hal tersebut.

5. Beribadah dengan sikap yang berlebihan hingga melampaui batas merupakan bentuk ghuluw (berlebih-lebihan) yang tercela. Hal ini karena tidak sesuai dengan petunjuk Rasulullah SAW.

6. Ulama Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan, “Puasa Daud sebaiknya hanya dilakukan oleh orang yang mampu dan tidak merasa sulit ketika melakukannya. Jangan sampai ia melakukan puasa ini sampai membuatnya meninggalkan amalan yang disyariatkan lainnya. Begitu pula jangan sampai puasa ini membuatnya terhalangi untuk belajar ilmu agama. Karena ingat di samping puasa ini masih ada ibadah lainnya yang mesti dilakukan. Jika banyak melakukan puasa malah membuat jadi lemas, maka sudah sepantasnya tidak memperbanyak puasa.”

7. Tidak apa-apa hukumnya jika melaksanakan puasa Daud di hari Jumat atau Sabtu, karena yang diniatkan adalah melaksanakan ibadah puasa Daud, dan bukan dikhususkan untuk puasa hari Jumat atau hari Sabtu.

Demikianlah artikel tentang doa niat puasa daud ini, semoga bermanfaat.