Lafadz Niat dan Doa Shalat Istikharah Tulisan Arab

 05 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Niat dan Doa Shalat Istikharah Tulisan Arab

Ilustrasi shalat istikharah - Image from www.dream.co.id

Berikut lafadz doa shalat istikharah tulisan Arab yang bisa kita niatkan saat melaksanakan shalat istikharah.

Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk Allah, oleh mereka yang berada di antara beberapa pilihan dan merasa ragu-ragu untuk memilih atau saat akan memutuskan sesuatu hal.

Seperti halnya shalat lainnya, ketika melaksanakan shalat istikharah harus dengan niat. Karena salah satu rukun shalat ialah membaca niat.

Lalu bagaimanakah lafadz niat shalat istikharah itu? Berikut dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai doa shalat istikharah tulisan Arab.

Niat Shalat Istikharah Tulisan Arab

Orang yang melaksanakan shalat sunnah istikharah, biasanya ia sedang dihadapkan dengan beberapa pilihan yang sangat sulit sehingga membuatnya bingung, hal yang sangat baik untuk melaksanakan shalat istikharah karena jawaban yang terbaik adalah jawaban yang berasal dari Allah Ta'ala.

Orang yang beristikharah, berharap semua pilihan tersebut adalah baik bagi dirinya dan juga orang lain. Misalnya saja dalam menentukan pilihan jodoh yang terbaik, karir, dan lain sebagainya. Shalat istikharah biasanya dilaksanakan pada sepertiga malam.

Adapun lafadz bacaan niat shalat istikharah adalah sebagai berikut :

اُصَلِّى سُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA

Artinya : "Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Contoh kasus yang menganjurkan kita melaksanakan shalat istikharah adalah misalnya ketika kita diterima kerja di dua perusahaan yang mana keduanya merupakan perusahaan idaman kita, tentu kita akan bingung harus memilih yang mana. Nah, pada saat inilah kita dianjurkan meminta petunjuk kepada Allah SWT dengan cara melaksanakan shalat sunnah istikharah.

Baca Juga :
1. Tata Cara Shalat Istikharah Jodoh, Mulai Niat dan Doa Lengkap Hingga Selesai
2. Waktu Shalat Istikharah yang Terbaik Untuk Dikerjakan
3. Seperti ini Jawaban Istikharah Menurut Rasulullah SAW

Keutamaan Shalat Istikharah

Adapun keutamaan melaksanakan shalat istikharah selain meminta petunjuk kepada Allah adalah :

1. Menyerahkan hasil akhir kepada Allah

Allah SWT berfirman,

قُلْ لَنْ يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا ۚ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Artinya : "Sekali kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah-lah orang-orang yg beriman harus bertawakal" (QS. At Taubah: 51)

Dengan shalat istikharah, kita benar-benar berharap dan menyerahkan apapun hasil akhir yang terbaik kepada Allah Ta'ala. Karena terkadang tanpa melaksanakan shalat, manusia akan memaksakan diri dan keadaan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan mereka. Padahal sesuatu yang kita inginkan tersebut belum tentu yang terbaik menurut Allah SWT.

2. Menenangkan diri

Shalat istikharah juga dapat menenangkan diri kita, ketika terjadi masalah dan harus segera menentukan pilihan, karena biasanya ketika dihadapkan pada situasi tersebut, kita akan tergesa-gesa. Padahal tergesa-gesa bukanlah hal yang baik karena bisa membuat kesalahan dalam memilih.

3. Memberikan kemantapan hati

Shalat istikharah juga berfungsi untuk memberikan kemantapan hati kepada kita atas pilihan yang sudah kita tetapkan. Oleh karena itu, hal yang harus kita ketahui adalah shalat istikharah tidak hanya dilakukan sekali saja, agar mendapatkan hati yang mantap kita perlu melaksanakan shalat istikharah berkali-kali.

4. Menjauhi bisikan syaitan

Dengan melaksanakan shalat istikharah, kita berusaha untuk menghindari bisikan-bisikan yang berasal dari syaitan. Karena biasanya pada keadaan bimbang, syaitan akan menuntun kita untuk mengambil keputusan yang salah.

5. Memilih dengan pertimbangan agama

Allah Ta'ala berfirman yang artinya,

”Sesungguhnya urusan itu seluruhnya ditangani AllaH SWT”. (QS. Ali Imran:154)

Firman Allah diatas menunjukkan bahwa segala urusan dan pilihan ada di tangan Allah SWT. Oleh karena itu, dengan melaksanakan shalat istikharah kita mengharap jawaban yang datangnya dari Allah SWT.

6. Ikhlas

Dengan melaksanakan shalat istikharah, berarti kita juga telah berusaha untuk ikhlas akan segala jawaban yang Allah berikan. Kita harus mengingat bahwa jawaban yang berasal dari Allah tidak akan mengecewakan.

Demikianlah artikel tentang doa shalat istikharah tulisan Arab ini, semoga bermanfaat.