Waktu Shalat Istikharah yang Terbaik Untuk Dikerjakan

 18 Feb 2019  Khoirul Rizky F
Waktu Shalat Istikharah yang Terbaik Untuk Dikerjakan

Image Source: harianaceh.co.id

Shalat istikharah merupakan salah satu shalat sunnah dua raka’at yang bisa dikerjakan dan ditunaikan oleh anda sebagai seorang muslim saat sedang mengalami keragu-raguan dalam memilih sesuatu dan ingin meminta petunjuk kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk atas apa yang harus dipilih.

Oleh karena itu, jika anda sebagai seorang muslim mengalami keragu-raguan dalam memilih suatu urusan (Perkara) maka anda bisa mengerjakan shalat istikharah, dengan maksud untuk meminta pertolongan dan petunjuk kepada Allah SWT.

Hal ini terdapat di dalam Hadits Shahih dari Jabin bin Abdullah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :

"Jika salah satu dari kalian bimbang dalam suatu keputusan yang akan diambil maka Shalat Sunnahlah Dua Rakaat dan berdoa…" (Hadits Riwayat Muslim)

Selain itu, didalam waktu mengerjakan shalat istikharah boleh dilaksanakan dan dikerjakan oleh semua umat muslim kapan pun, bisa di kerjakan di siang hari maupun di malam hari. Namun ada beberapa waktu shalat istikharah yang terbaik untuk dikerjakan. Lalu kapankah waktu shalat istikharah yang terbaik?

Jam berapa waktu shalat istikharah yang terbaik? Jam berapakah waktu shalat istikharah yang terbaik? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Waktu Shalat Istikharah Yang Terbaik

Waktu Shalat Istikharah yang Terbaik Untuk Dikerjakan

Image Source: satujam.com

1. Waktu sepertiga malam yang pertama

Waktu sepertiga malam pertama yaitu ketika masuk waktu shalat isya sampai jam 10.00 malam. Hal ini dikarenakan di dalam waktu tersebut, biasanya mata anda masih terjaga dan belum mengantuk karena belum terlalu malam.

Sehingga bisa menunaikan shalat istikharah dengan fokus dan konsentrasi. Selain itu, juga bisa diteruskan dengan memperbanyak membaca dzikir ketika belum mengantuk.

2. Waktu sepertiga malam yang kedua

Waktu sepertiga malam kedua yaitu dimulai dari jam 10.00 malam sampai jam 01.00 dini hari. Karena di waktu tersebut suasana malam lebih tenang, sehingga kita bisa mengerjakan shalat istikharah dengan lebih khusyu dan lebih konsentrasi.

Jika anda mempunyai niat untuk mengerjakan shalat istikharah di waktu sepertiga malam kedua, namun tidak yakin bahwa bisa menahan ngantuk. Maka dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu.

3. Waktu sepertiga malam yang ketiga

Waktu sepertiga malam yang ketiga yaitu dimulai dari jam 01.00 dini hari dan berakhir sebelum masuk waktu shalat subuh. Dan yang harus anda ketahui bahwa waktu paling terbaik mengerjakan shalat istikharah dan shalat sunnah malam lainnya adalah di waktu ini (Sepertiga malam yang ketiga atau terakhir).

Hal ini dijelaskan di dalam Hadits Shahih Riwayat Imam Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Disetiap Malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke langit Dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Dia (Allah SWT) pun berkata bahwa: "Adakah hambaku yang meminta sehingga pasti aku akan berikan apa yg dia minta ?, Adakah hambaku yg berdoa hingga pasti akan aku kabulkan doanya ?, Adakah hambaku yg beristighfar (memohon ampunan) hingga aku akan ampuni dosanya." (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, bisa dipastikan bahwa waktu yang terbaik yaitu waktu sepertiga malam ketiga. Dan bagi yang tidak bisa bergadang untuk menunggu datangnya waktu tersebut, maka dianjurkan tidur terlebih dahulu.

Demikian penjelasan diatas tentang jam berapa shalat istikharah yang terbaik untuk dikerjakan. Semoga bermanfaat!