Gejala, Penyebab dan Pengobatan Nyeri Dada Sebelah Kanan

 16 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Gejala, Penyebab dan Pengobatan Nyeri Dada Sebelah Kanan

Nyeri dada sebelah kanan - Image from www.myedisi.com

Yuk, ketahui gejala, penyebab, dan pengobatan nyeri dada sebelah kanan berikut ini.

Nyeri dada sebelah kanan adalah kondisi dimana dada terasa seperti tertusuk, perih, dan tertekan. Nyeri ini tidak hanya terjadi pada dada sebelah kanan saja, melainkan juga dapat menyerang dada sebelah kiri, atau dada tengah.

Nyeri dada tidak boleh disepelekan, karena bisa jadi nyeri tersebut merupakan gejala dari serangan jantung. Nah, untuk pencegahan dini berikut rangkuman tentang gejala, penyebab dan pengobatan nyeri dada sebelah kanan dan kiri. 

Baca Juga : Sering Sakit di Dada Sebelah Kiri? Ini Penyebabnya?

Gejala Nyeri Dada Sebelah Kanan

Ada beberapa gejala fisik yang biasanya dirasakan ketika seseorang mengalami nyeri dada sebelah kanan atas, yaitu :

  1. Terasa nyeri di dada ketika mengubah posisi tubuh.
  2. Adanya sensasi rasa perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dada.
  3. Nyeri di dada terasa seperti tertusuk.
  4. Dada terasa seperti diremas dengan kuat, ditekan, dan menimbulkan rasa sesak.
  5. Terasa sakit saat bernafas, terutama ketika berbaring.
  6. Terasa adanya aliran balik dari saluran cerna di dalam mulut.

Nyeri dada sebelah kanan bisa berlangsung dengan sangat singkat, bahkan ada juga yang terjadi selama berhari-hari, hal ini tergantung pada penyebab nyeri tersebut. Berikut beberapa penyebab timbulnya nyeri dada sebelah kanan :

1. Gangguan jantung

Jantung menjadi salah satu penyebab nyeri dada sebelah kanan. Adapun beberapa jenis gangguan pada jantung yaitu penyakit jantung koroner, serangan jantung, perikarditis, kardiomiopati hipertrofik, angina, dan diseksi aorta.

Baca Juga : Penyakit Jantung Bisa Jadi Sebab Mati Muda, Jangan Anggap Remeh Nyeri pada Dada

2. Gangguan pernapasan

Gangguan di dalam organ paru-paru dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Di antaranya yaitu pneumonia atau infeksi jaringan paru, dan pleuritis atau radang selaput paru. Emboli paru atau penyumbatan pembuluh darah di dalam paru-paru juga dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kanan.

Selain itu ada juga pneumothorax, yaitu suatu kondisi paru-paru yang mengempis karena cidera sehingga tekanan udara di dalam paru-paru dan pernapasan menjadi terganggu.

3. Gangguan pencernaan

Salah satu gangguan pencernaan yang menyebabkan nyeri dada sebelah kanan yaitu penyakit asam lambung. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri di dada sebelah kanan dikarenakan kerongkongan dan jantung berbagi jaringan saraf yang sama. Selain itu, tukak lambung juga menyebabkan nyeri dada sebelah kanan.

Radang pankreas juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada dada sebelah kanan bawah, terutama ketika berbaring. Akan tetapi, rasa sakit karena radang pankreas tersebut akan membaik setiap kali bersandar menghadap ke depan.

3. Stres

Gangguan kecemasan atau stres yang berlebihan dapat memicu serangan panik, yang biasanya mempunyai gejala yang hampir mirip dengan serangan jantung. Hal tersebut dapat terjadi secara tiba-tiba ataupun timbul karena kejadian traumatis yang membuat Anda stres. Yang mana dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kanan, sebelah kiri, ataupun di keduanya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat Mudah, Salah Satunya Sunnah Rasulullah

4. Pleuritis

Pleuritis adalah radang pada pleura, yaitu lapisan tipis yang membungkus paru-paru. Pleuritis disebabkan oleh adanya pembengkakan pleura di dekat paru-paru yang ditimbulkan oleh infeksi bakteri, tuberkulosis, kanker, atau kondisi lainnya.

Pleuritis ditandai dengan rasa nyeri di bagian dada sebelah kanan, terutama ketika menarik napas panjang ataupun saat batuk.

5. Olahraga atau aktivitas sehari-hari

Kegiatan yang terlalu banyak melibatkan otot dada dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Rasa sakit tersebut biasanya berasal dari nyeri otot, dan akan semakin memburuk ketika otot dada sebelah kanan digerakkan.

6. Peradangan hati atau hepatitis

Peradangan yang terjadi dalam organ hati, dapat menyebabkan rasa nyeri di dada sebelah kanan. Hal ini dikarenakan letak hati yang berdekatan dengan dinding rongga dada sebelah kanan. Jadi secara otomatis, jika organ hati sedang mengalami kerusakan yang serius, maka akan menimbulkan nyeri dada sebelah kanan.

7. Cedera pada dada

Pernah atau sedang mengalami cedera pada tulang, otot, dan saraf yang terletak di dada juga menjadi penyebab nyeri pada dada sebelah kanan. Hal tersebut akan terasa ketika bernafas dan batuk.

Otot dan tendon yang terletak di antara tulang rusuk kanan juga dapat mengalami cedera karena batuk yang terlalu keras atau karena pergerakan, sehingga dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kanan.

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Sakit pada dada sebelah kanan tidak boleh diremehkan, Anda harus segera menemui dokter jika mengalami kondisi berikut :

  • Susah ketika menelan.
  • Demam dan menggigil.
  • Batuk yang disertai keluarnya dahak kuning kehijauan.
  • Batuk berdarah.
  • Timbul rasa nyeri dada sebelah kanan yang parah, dan tidak kunjung membaik.

Sementara itu, kondisi yang mengharuskan Anda segera mendapatkan penanganan darurat dari dokter adalah :

  • Adanya serangan mendadak seperti sesak dan tekanan yang berat pada tulang dada.
  • Setelah lama tidak berolahraga, mendadak dada terasa sakit yang disertai dengan susah bernafas.
  • Adanya nyeri di bagian dada yang menjalar ke tangan kiri, punggung, dan juga rahang.
  • Denyut jantung atau tekanan darah menjadi rendah.
  • Detak jantung menjadi cepat.
  • Pusing, mual, pucat, dan keringat yang berlebihan.

Oleh karena itu, jangan menggunakan sembarang obat ketika mengalami nyeri dada, terlebih lagi jika gejalanya sudah sangat parah, lebih baik Anda segera pergi ke dokter.

Khususnya yang terjadi pada kasus nyeri dada sebelah kanan saat hamil, Ibu hamil harus bisa tanggap membedakan nyeri tersebut merupakan nyeri biasa yang terjadi di masa kehamilan, ataukah nyeri yang disebabkan faktor lainnya. Semoga bermanfaat.