Cara Mudah Pengajuan Visa UK Indonesia

 14 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Cara Mudah Pengajuan Visa UK Indonesia

Visa UK Indonesia - Image from indonesiaexpat.biz

Kamu berencana liburan ke Inggris? Yuk bikin visa UK Indonesia dulu.

Siapa yang berencana menghabiskan liburan akhir tahun ke Inggris? Well, selain membutuhkan rencana yang matang kamu juga harus menyiapkan paspor dan visa Inggris.

Visa Inggris atau visa UK memungkinkan kamu untuk jalan-jalan ke negara lain di sekitar Inggris lho, misalnya Skotlandia dan Wales. Lalu bagaimana sih cara membuat visa UK Indonesia? Yuk simak prosesnya berikut ini.

Membuat Visa UK Indonesia

Banyak orang yang mengeluh kesulitan ketika mendapatkan visa Inggris ini, misalnya karena lamanya durasi pengajuan visa.

Padahal faktanya, proses pengajuan visa UK cukup mudah dan tidak berbelit, meskipun durasi pengajuan bisa dikatakan cukup lama. Jadi buat kamu yang ingin jalan-jalan ke Inggris, kamu harus melakukan pengajuan visa di jauh-jauh hari.

Ajukan visa UK kamu paling lambat tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan dan hindari periode sibuk pengajuan visa, misalnya menjelang hari raya Idul Fitri.

Selain itu, kamu juga harus memastikan tujuan perjalanan kamu ke Inggris, apakah untuk urusan pekerjaan, wisata atau urusan lainnya, dan berapa lama durasi kamu menetap di sana. Karena masing-masing tipe visa memiliki syarat sendiri.

Kali ini kami akan menunjukkan proses membuat visa UK untuk keperluan berwisata. Nah sebelum pengajuan, yuk siapkan persyaratan dokumennya terlebih dahulu. Dokumen yang harus kamu persiapkan antara lain :

  1. Paspor dengan masa berlaku minimal 8 bulan terakhir, lengkapi juga dengan paspor lama kamu.
  2. Dua lembar pas foto berwarna terbaru berlatar belakang putih, dengan ukuran 3,5cm x 4,5cm.
  3. Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dalam bahasa Inggris.
  4. Surat keterangan kerja dilengkapi dengan kop surat perusahaan, slip gaji per bulan, lama bekerja, konfirmasi izin cuti, dan informasi jenis cuti yang diberikan perusahaan, apakah cuti tersebut tetap dibayar atau tidak.
  5. Surat referensi bank dalam bahasa Inggris.
  6. Rekening koran bukti transaksi keuangan minimal 3 bulan terakhir.
  7. Bukti booking tiket perjalanan dan akomodasi selama kamu ada di UK.
  8. Asuransi perjalanan dan tanda kepemilikan aset di Indonesia. Dokumen ini tidak wajib, sifatnya hanya membantu meyakinkan kedutaan besar Inggris untuk menyetujui aplikasi visa kamu.

Untuk memperlancar proses mendapatkan visa UK, dan mempermudah proses pemindaian, kamu disarankan untuk melakukan petunjuk berikut :

  • Bila memungkinkan, semua dokumen harus berukuran A4. 
  • Dokumen yang berukuran lebih kecil, atau lebih besar dari ukuran A4, wajib di fotokopi ke kertas berukuran A4, termasuk paspor yang lama.
  • Dokumen tidak boleh dilaminating.
  • Semua dokumen harus bersih dari klip atau pin.

    Nah, setelah menyiapkan semua dokumen, kamu bisa langsung mengajukan UK visa Indonesian secara online. Langkah-langkahnya antara lain :

    1. Buka situs Visa4UK, kemudian buatlah sebuah akun.
    2. Isi semua informasi yang diperlukan dengan data yang valid.
    3. Setelah registrasi akun dikumpulkan, kamu harus melakukan verifikasi akun melalui email yang aktif.
    4. Lanjutkan proses dengan mengisi secara lengkap formulir aplikasi visa.

    Beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan adalah :

    • Informasi Paspor dan rencana perjalanan kamu di Inggris.
    • Biodata personal dan riwayat perjalanan kamu sebelumnya.
    • Biodata keluarga.
    • Informasi pekerjaan kamu dan riwayatnya.
    • Laporan keuangan dan pendapatan kamu.
    • Anggaran yang kamu siapkan untuk perjalanan di Inggris. 
    • Jika kamu memiliki kerabat atau teman di UK, kamu juga akan diminta menyertakan biodatanya dalam aplikasi visa Inggris mu. 
    • Riwayat medis kamu di Inggris (jika ada).

    Nah, pada kolom terakhir kamu akan menjumpai kolom Additional Information, pada kolom itu kamu harus menjelaskan usaha apa yang kamu punya, hal ini untuk meyakinkan pihak kedutaan Inggris meloloskan visa Inggrismu. Sebaiknya kamu menjawabnya secara singkat dan meyakinkan, ya!

    Setelah semua kolom pertanyaan terisi, klik Confirm Application sebelum meng-klik Submit Application, kemudian tandatangani pernyataan secara digital.

    Ketika di Inggris, pastikan kamu berbicara menggunakan bahasa Inggris ya! Yuk belajar disini :
    1. 13 Cara Belajar Bahasa Inggris Mudah & Sederhana, Dijamin Cepat Fasih
    2. 10 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Untuk Pemula

    Membuat janji pertemuan dan melakukan pembayaran aplikasi visa UK

    Setelah kamu melakukan proses registrasi hingga tandatangan secara digital, langkah berikutnya adalah membuat janji pertemuan dengan pihak kedutaan Inggris, yang diwakili oleh pihak VFS Global.

    Kamu bisa memilih lokasi pertemuannya di antara tiga kota yaitu Jakarta, Surabaya dan Bali. Alamat VFS Global di tiga kota tersebut adalah :

    1. Jakarta: Kuningan City Mall, 2nd Floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta, Indonesia.
    2. Surabaya: Lt. 15, R. 1506, Graha Pena, Jalan Ahmad Yani No. 88 Surabaya 60234, Indonesia.
    3. Bali: Benoa Square, 3rd Floor No. 7-9.3/A, Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No 21A, Kedonganan Kuta, Bali, Indonesia.

    Nah, setelah memilih tanggal wawancara, kamu harus membayar biaya aplikasi visa UK ini. Besarnya biaya bergantung pada jenis visa yang kamu ambil.

    Contohnya untuk visa turis jangka pendek, dengan durasi visa maksimal enam bulan, single atau multiple-entry, adalah 128 USD, atau sekitar Rp. 1,761,460. Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit Visa, Mastercard, atau kartu debit.

    Setelah pembayaran online diterima, kamu akan menerima konfirmasi melalui email mu dari provider pembayaran yaitu WorldPay. Jangan lupa, kamu harus mencetak surat konfirmasi ini sebagai bukti pembayaran pada saat wawancara pengajuan aplikasi visa Inggris.

    Menghadiri Jadwal Wawancara

    Setelah semua dokumen persyaratan lengkap, kamu harus datang ke pusat permohonan visa sesuai jadwal pertemuan yang telah ditentukan. Serahkan formulir permohonan visa yang telah ditandatangani bersama semua dokumen yang diperlukan, baik asli dan fotokopi.

    Dalam wawancara ini, kamu akan ditanyai tentang rencana perjalanan kamu ke Inggris, riwayat perjalanan kamu sebelumnya dan detail-detail lainnya yang tidak jauh dari saat kamu mengisi formulir online.

    Pihak VFS Global juga akan meminta kamu untuk memberikan data biometrik, seperti foto dan sidik jari. Setelah semua proses selesai, kamu akan mendapatkan tanda terima untuk pengambilan visa Inggris kamu. Jadi, tanda terima ini jangan sampai hilang, ya!

    Ada kemungkinan kamu juga akan ditawari layanan SMS guna memantau proses pembuatan visa kamu dengan biaya yaitu Rp. 25,000. Tidak ada ruginya kok menerima layanan tersebut, karena akan mempermudah kamu mengetahui perkembangan visa.

    Baca Juga : 9 Destinasi Wisata Eropa yang Murah Meriah dan Keren

    Menunggu keputusan visa Inggris

    Setelah semua persyaratan terpenuhi, kamu tinggal menunggu keputusan deh, jangan menunggu di tempat wawancara ya, kecuali kamu memang penduduk wilayah kota tersebut. Pasalnya, durasi pengurusan visa Inggris cukup lama, antara lain :

    • 3 minggu untuk 90% orang
    • 6 minggu untuk 98% orang 
    • 12 minggu untuk 100% aplikator permohonan visa tidak bermukim (non-settlement). 
    • 12 minggu untuk 95% aplikator permohonan visa bermukim (settlement). 
    • 24 minggu untuk sisanya. 

    Di sini, satu minggu dihitung 5 hari kerja, ya!

    Kamu bisa saja mengetahui kepastian mengenai keputusan diterima atau tidaknya permohonan visa UK kamu hanya dalam hitungan hari. Yaitu dengan mengambil layanan prioritas, dengan biaya yang jauh lebih tinggi tentunya.

    Nah, untuk mengetahui apakah aplikasi visa UK kamu diterima atau tidak, pihak VFS Global akan mengirimkan pemberitahuan melalui email. Sementara itu, untuk pendaftar yang menggunakan layanan info SMS, mereka juga akan mendapatkan informasi perkembangan visa UK lewat SMS.

    Jika visa UK kamu diterima dan sudah siap untuk diambil, VFS Global akan menginformasikan untuk segera diambil. Ingat ya, kamu harus membawa tanda bukti pembayaran ketika mengambilnya.

    Pastikan juga saat mengambil visa, kamu sudah memperhatikan detail visa dengan benar, termasuk durasi visa kamu.

    Nah, jika visa kamu ditolak maka akan ada pemberitahuan dari VFS Global mengenai alasan penolakan. Tapi jangan patah semangat, kamu diberikan kesempatan melakukan banding atas penolakan itu kok.

    Jadi gimana, pembuatan UK visa Indonesian lumayan mudah kan? Yuk, segera lakukan pendaftarannya!