10 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Untuk Pemula

Penulis Wahyu Fajar | Ditayangkan 17 May 2019
10 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Untuk Pemula
Image Source: kampunginggrisalazhar.co.id

Bagaimana cara belajar bahasa inggris dengan cepat? Pernah terlintas dalam pikiran Anda bagaimana cara belajar bahasa inggris dengan cepat mudah dan benar? Kebanyakan merasa bahwa bahasa Inggris ini sulit untuk dipelajari, padahal tidak juga. Tapi bukan lantas Anda berputus asa begitu saja, berikut 10 cara cepat belajar bahasa Inggris yang bisa Anda terapkan.

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang sukses dilakukan ribuan pelajar pemula, bahkan tanpa kursus atau les privat. Ini bacaan wajib bagi yang ingin berhasil mempelajari bahasa inggris dengan cepat.

Salah satu alasan yang menyebabkan Anda gagal dalam cara mudah belajar Bahasa Inggris, karena Anda menjadikan Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa yang sulit dipelajari. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di lebih dari 50 negara di seluruh dunia!

Bagaimana cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan lancar? Cara cepat belajar bahasa Inggris berikut ini tentu bisa Anda coba dan terapkan. Dengan begitu, skill komunikasi Anda jadi semakin terasah. Jika anda benar-benar ingin tahu cara belajar bahasa inggris dengan cepat, baca artikelnya dengan detail. Dengan seksama, jangan melewatkan artikel berikut ini.

Baca Juga:

Cara cepat belajar bahasa Inggris

1. Sering menonton film berbahasa Inggris

Cara cepat belajar bahasa inggris yang pertama adalah dengan menonton film. Sudah pasti setiap orang suka menonton film. Dengan menonton film, kalian bisa mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu refreshing dan juga penambahan kosa kata Bahasa Inggris. Secara langsung, pemahaman tentang listening yang merupakan salah satu elemen penting dalam berbahasa Inggris akan terasah.

Semakin sering kalian menonton film berbahasa Inggris, semakin meningkat juga pemahaman Anda akan berbahasa Inggris. Bahkan, jika perlu, tontonlah film berbahasa Inggris yang tidak ada substitlenya. Sehingga membuat Anda penasaran apa yang sebenarnya diucapkan.

2. Jadikan kebiasaan

Salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris adalah dengan menjadikan kegiatan berbahasa Inggris sebagai kebiasaan. Menguasai Bahasa Inggris mungkin bagi sebagian orang adalah sesuatu hal yang sulit. Namun, lain juga jika Anda menjadikannya Bahasa Inggris sebagai kebiasaan.

Belajar berbahasa Inggris memang hal yang boleh dikatakan sulit, tetapi jika hal tersebut sudah  menjadi kebiasaan, untuk mempelajarinya mungkin sangat mudah. Buatlah jadwal pada hari tertentu untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

3. Terus berlatih

Untuk memaksimalkan cara cepat belajar bahasa inggris ini, maka di perlukan waktu yang lumayan. Berbahasa Inggris adalah suatu kegiatan yang sangat butuh waktu yang juga lama. Sebab ada banyak hafalan dan pemahaman dalam berbahasa Inggris. Solusinya yaitu dengan tekun berlatih.

Untuk menerapkannya, ketika Anda berkomunikasi dengan teman sesekali sisipkan kalimat berbahasa Inggris. Hal ini cukup penting karena dapat melatih kemampuan speaking Anda.

4. Rajin mendengarkan lagu bahasa Inggris

Salah satu cara cepat belajar bahasa inggris selanjutnya adalah lagu. Semua orang pasti suka mendengarkan lagu. Kebanyakan, lagu dengan Bahasa Inggris memiliki kandungan makna yang bagus dan enak di dengar. Hal inilah yang bisa kalian manfaatkan untuk belajar berbahasa Inggris.

Selain merelaksasi diri, Anda juga dapat menambah pengetahuan kosa kata bahasa Inggris, hal itu pun dapat melatih kemampuan listening.

5. Hafal dan pelajari arti kata bahasa Inggris

Bahasa Inggris memiliki banyak macam kosa kata. Mungkin, hal itulah yang membuat banyak orang pusing untuk menghafalkannya dan membuat orang tersebut tidak mau belajar Bahasa Inggris, padahal inilah salah satu cara cepat belajar Bahasa Inggris.

Caranya, buatlah beberapa kata Bahasa Inggris beserta artinya disecarik kertas, kemudian tempel kertas tersebut di tempat-tempat yang sering kalian lewati atau kunjungi. Niscaya, waktu untuk menghafal dan mempelajari arti kata bahasa Inggris itu akan muncul dengan sendirinya ketika kalian melewati tempat-tempat tersebut.

6. Rajin membaca

Dengan membaca, Anda akan banyak mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru. Selain itu, membaca pun dapat merangsang kinerja otak untuk tetap bekerja dan memperkuat daya ingat.

Selain memperkaya kosa kata, membaca pun ternyata dapat melatih kemampuan speaking yang Anda punya. Dengan membaca kata demi kata dengan nada yang cukup keras, Anda akan tahu bagaimana kosa kata Bahasa Inggris diucapkan dengan benar.

7. Mencoba menulis dalam bahasa Inggris

Sama seperti membaca, menulis juga menjadi salah satu cara cepat belajar Bahasa Inggris. Dengan menulis, otak akan menyimpan kata demi kata yang tertulis tersebut. Hal itu tentu sangat efektif untuk menambah pengetahuan kosa kata dalam Bahasa Inggris. Dengan begitu, Anda akan tahu sejauh mana kemampuan dan pengetahuan tentang kosa kata yang ada.

8. Berteman dengan Orang yang jago bahasa Inggris

Dalam belajar berbahasa Inggris Anda juga perlu mencari teman yang pandai berbahasa Inggris. Hal itu penting untuk memotivasi kalian dalam mengembangkan pengetahuan berbahasa Inggris.

Setiap manusia mempunyai ego untuk terlihat lebih baik. Hal itu wajar bagi setiap orang. Carilah teman yang pandai berbahasa Inggris kemudian bersainglah dengan cara positif untuk memperlihatkan siapa yang lebih pandai berbahasa Inggris. Hal tersebut dapat membuat Anda lebih cepat menguasai Bahasa Inggris.

9. Kursus

Kursus mungkin sudah tidak terdengar asing untuk menjadi salah satu cara cepat belajar Bahasa Inggris. Jadi, mengikuti kursus berbahasa Inggris bisa menjadi opsi yang sangat efektif untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Selain jadwal pertemuan yang rutin di setiap minggunya, pengajar atau mentor yang dipilih untuk mengajar pasti juga lulusan terbaik dalam bidangnya.

10. Internet

Kita sekarang ini hidup di zaman yang sudah sangat maju dan modern. Internet memegang peranan penting dalam mengiringi kemajuan zaman tersebut. Ada banyak hal yang bisa kalian temukan di dalam internet, termasuk juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara cepat belajar bahasa inggris.

Di era digital seperti sekarang ini, Bahasa Inggris sudah bisa Anda kuasai hanya dengan bermodalkan internet. Ada banyak situs layanan online yang membuka jasa tentang pembelajaran berbahasa Inggris secara online.

Nah, itulah berbagai cara belajar bahasa Inggris dengan cepat bagi pemula. Belajar bahasa Inggris bisa kamu lakukan tanpa biaya mahal dengan cara mudah ini di rumah.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara bisa belajar bahasa inggris dengan cepat. Semoga bermanfaat.
SHARE ARTIKEL