10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

 13 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Makanan Khas Bali - Image from tempatwisatadibali.info

Kamu punya rencana liburan ke Bali? Jangan lupa cobain masakan khas Bali berikut ini ya..

Siapa sih yang tak tahu tentang Bali? Pulau indah nan eksotis ini sudah terkenal di seluruh Indonesia, bahkan ke mancanegara. Oleh karena itu pemandangan turis berkulit putih maupun hitam yang memenuhi pulau Bali bukanlah hal aneh disana.

Nah, selain terkenal akan keindahan pantai dan juga kearifan lokalnya, ternyata Bali juga mempunyai harta karun berupa makanan khas lho. Nah, daripada makin penasaran, yuk simak rangkuman masakan khas Bali berikut ini. 

Berikut Masakan Khas Bali yang Enak dan Lezat

Makanan khas Bali di Kuta khususnya, terbuat dari bahan dasar halal dan juga non halal. Berikut kuliner yang wajib kamu cicipi ketika liburan ke Bali.

1. Ayam Betutu

Masakan khas Bali ayam betutu bisa dibilang makanan khas yang paling populer, karena makanan ini berbahan dasar ayam jadi bisa dimakan oleh semua orang, termasuk muslim.

Ayam yang diolah lembut dengan bumbu pilihan ini, mampu menimbulkan sensasi kenikmatan kuliner yang begitu luar biasa. Cita rasanya yang begitu lezat tidak dapat ditolak oleh siapapun.

Nah, jika kamu sudah jatuh hati pada masakan khas Bali satu ini, kamu juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak masakan khas Bali dan resepnya berikut ini.

Resep ayam betutu khas Gilimanuk

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Ayam Betutu Khas Gilimanuk - Image from naminablogs.blogspot.com

Bahan-bahan yang kamu butuhkan :

  • 1 ekor ayam kampung, bagi menjadi 4 bagian
  • 1 sdm jeruk nipis
  • 1 sdt garam 
  • 3 sdm minyak goreng
  • 500 ml air
  • 6 siung bawang putih, iris tipis
  • 10 siung bawang merah, iris tipis
  • 15 buah cabai merah keriting, iris tipis
  • 5 cm kunyit bakar
  • 2 cm kencur
  • 4 cm jahe yang sudah diparut
  • 5 cm lengkuas yang sudah diparut
  • 1 ½ sdt terasi bakar
  • 1 sdt merica
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm gula pasir
  • 4 batang serai ambil bagian putihnya, iris tipis
  • 5 lembar daun jeruk

Cara Membuat ayam betutu gilimanuk :

  1. Cuci bersih setiap bagian ayam.
  2. Lumuri ayam dengan garam dan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit.
  3. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis semua bumbu yang sudah diiris dan diparut. Tunggu hingga matang dan harum.
  4. Lumuri ayam dengan bumbu yang sudah ditumis secara merata, sambil tusuk-tusuk ayam menggunakan garpu agar bumbu meresap.
  5. Masukkan ayam yang sudah dilumuri bumbu ke dalam panci. 
  6. Tuangkan 500 ml air dan masak sampai air tersisa sedikit, dan daging ayam matang.
  7. Sajikan dengan sambal matah dan tambahan bawang goreng.

Baca Juga resep masakan khas Bali lainnya : Resep Telur Bumbu Bali Spesial

2. Sate lilit

Seperti namanya, sate khas Bali satu ini dibuat dengan cara daging yang sudah dihaluskan, kemudian dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu.

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Sate Lilit Bali - Image from www.kintamani.id

Daging yang digunakan untuk sate lilit bukan hanya daging ayam saja, melainkan bisa menggunakan daging babi atau ikan tenggiri.

Jadi buat kamu yang muslim, jangan lupa selalu tanya dulu ya ke penjual, bahan apakah yang digunakan pada sate lilitnya.

3. Babi Guling

Babi Guling adalah masakan khas Bali yang terdiri dari berbagai macam olahan daging babi, dipadukan dengan bumbu Bali yang sangat kental dan aroma rempah khas Bali. Kemudian ditambah dengan sambal embe yang super pedas dan lezat.

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Babi Guling Khas Bali - Image from www.piesusubliman.com

Biasanya hidangan babi guling dalam satu piring terdiri dari :

  • Babi panggang dengan daging babi putih
  • Babi goreng
  • Lemak Goreng
  • Jeroan goreng
  • Sosis Khas Bali
  • Lawar (sayur nangka muda yang dicacah dengan kulit babi dan diurapi dengan bumbu)
  • Sayur urap.
  • Sate babi.
  • Sate Lilit.
  • Ditambahkan satu mangkok jukut ares (kuah babi dan potongan inti gedebong pisang).

4. Nasi Jinggo

Kalau Jogja punya nasi kucing, maka di Bali punya nasi jinggo. Ya, nasi jinggo ini bisa dibilang sama dengan nasi kucing, karena nasinya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. 

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Nasi Jinggo khas Bali - Image from travelingyuk.com

Nasi Jinggo biasanya ditambahkan dengan suwiran daging ayam, mie goreng, dan tempe goreng. Yang bikin spesial adalah sambalnya yang super duper pedas. Yakin deh, kamu nggak bakalan puas makan 1 bungkus aja.

5. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng adalah makanan khas dari Gianyar, dalam penyajiannya disajikan dengan cukup lembek mirip dengan bubur.

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Nasi tepeng khas Bali - Image from balikami.com

Nasi Tepeng dilengkapi dengan telur dan suwiran daging ayam, kemudian kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut.

Disiram dengan kuah bumbu rempah-rempah ala Bali, dijamin kamu gak bakal nolak kelezatan nasi tepeng ini.

Sebelum berlibur ke Bali, yuk baca panduannya disini :
1. Berlibur Ke Bali? Anda Wajib Perhatikan Aturan Berikut Sebelum Berangkat
2. 5 Tempat Wisata Bali Anti Mainstream


6. Sate Plecing

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Sate Plecing - Image from nomnombali.com

Sate plecing tidak hanya berbahan dasar daging ayam saja, namun juga daging babi. Bumbu plecing terbuat dari cabai rawit, tomat, garam, terasi, dan air jeruk limau. Rasanya yang pedas gurih dan sedikit asin pasti bikin lidah kamu ketagihan deh.

7. Tum Ayam

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Tum Ayam khas Bali - Image from cookpad.com

Tum adalah makanan sejenis pepes, terbuat dari campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan yang dikukus dengan daun pisang.

Kalau kamu bosan dengan daging ayam, kamu juga bisa kok mencoba tum dengan bahan dasar daging bebek.

8. Rujak bulung dan rujak kuah pindang

Rujak bulung dan rujak kuah pindang merupakan masakan khas Bali halal, karena berbahan dasar buah mangga yang diiris tipis kemudian dicampur dengan kuah pindang dan cabai yang super pedas.

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Rujak bulung dan rujak kuah pindang - Image from putratravel.net

Nggak cuma mangga lho, kamu juga bisa menggantinya dengan buah lain ataupun rumput laut. Di Bali, rujak rumput laut dengan kuah pindang disebut rujak bulung. Tertarik mencobanya?

9. Sate Kakul

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Sate Kakul - Image from www.dapurkobe.co.id

Sate kakul mirip dengan sate kerang. Namun yang jadi ciri khasnya yaitu sebelum dibakar, sate kerang ini akan diberi bumbu plecing. Inilah yang membuat cita rasa dan teksturnya menjadi khas dan super duper lezat.

10. Lawar 

10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu 

Lawar khas Bali - Image from www.kintamani.id

Lawar adalah masakan dari campuran sayur dan daging cincang yang diberi bumbu khas Bali. Lawar di Bali ada 2 yaitu lawar putih dan lawar merah yang mempunyai cita rasa pedas.

Lawar sangat cocok dimakan dengan nasi yang masih hangat, ditambah dengan lauk sate lilit. Wah, sensasinya benar-benar luar biasa!

Kalau berlibur ke Bali, jangan cuma menikmati pantainya aja ya, coba deh kamu mencicipi makanan khas ini. Dijamin perutmu akan puas!