Makhroj Huruf Beserta Contohnya

 12 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Makhroj Huruf Beserta Contohnya

Makhroj huruf - Image from maluccae.wordpress.com

Dalam Al-Qur'an terdapat banyak sekali makhroj huruf. Dalam bahasa makhraj huruf artinya tempat keluar. Dan menurut istilah, makhraj adalah suatu nama atau tempat dimana huruf hijaiyah dibunyikan.

Jadi dapat diartikan makhraj huruf adalah tempat keluarnya huruf tersebut dibunyikan. Supaya makhraj suatu huruf bisa didengar dan diketahui dengan jelas, maka hendaknya huruf tersebut disukunkan ataupun ditasydidkan, lalu tambahkan satu huruf hidup di belakangnya.

Lalu apa saja makhraj huruf itu? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang makhraj huruf dan pembagiannya. Simak baik-baik ya.

Makhroj Huruf

Menurut al-Jazari dan mayoritas ulama ahli qiroat lainnya, makhraj huruf terdapat 17 yang mana dikelompokkan dalam lima bagian. Adapun ilmu yang mempelajari makhraj huruf disebut ilmu tajwid.

Lalu mengapa kita harus mempelajarinya ? Alasannya karena meminimalisir kesalahan dalam pengucapan huruf, yang mana hal ini dapat menimbulkan makna yang berbeda di bacaan yang sedang dibaca.

Dalam kondisi tertentu, kesalahan tersebut bahkan bisa menyebabkan kekafiran apabila dilakukan dengan sengaja. Contoh kesalahan makhraj yang menyebabkan perbedaan arti misalnya pada huruf Ha’ (ح ) pada lafaz “الرَّحِيْم ُ ” yang mempunyai arti “Maha Penyayang ”. Sedangkan pada kalimat basmalah yang terbaca Kha’ (الرَّخِيْ"  (خ " yang mana berarti “Suara Merdu ”. Maka jika kedua huruf tersebut ada kesalahan dalam membacanya, akan menimbulkan kesenjangan pada artinya dari apa yang dikehendaki Allah SWT.

Selain itu, ada banyak keutamaan lain mempelajari ilmu tajwid, baca selengkapnya disini :
1. Pengertian, Tujuan, dan Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid
2. Pentingnya Membaca Al Quran dengan Tajwid

Berikut lima kelompok makhraj huruf.

Al-Jauf (الجَوْفُ)

Makhroj huruf yang pertama ialah jauf yang mempunyai arti rongga mulut yakni celah panjang yang berada di belakang tenggorokan hingga ke mulut.

Makhraj huruf ini merupakan makhraj huruf untuk huruf-huruf Mad yang dilepaskan ke dalam Rongga Mulut yaitu : (ا و ي). Yang mana huruf alif memanjangkan fathah; ya’ memanjangkan kasroh; dan wawu memanjangkan dhommah. Adapun vokal panjang pada setiap mad berbunyi “a”, “i” dan “u” itu makhrajnya dimulai dari rongga mulut dan berakhirnya suara ada di udara dalam mulut. Contohnya: (نُوْحِيْهَا)

Al-Halq (اْلحَلْقُ) 

Al-Halq mempunyai arti tenggorokan. Dalam Al-Halq terdapat 3 makhraj yang berasal dari tenggorokan, yakni :

1. (أقصى الْحَلْقِ) adalah tenggorokan bagian bawah.
Hurufnya ialah (ء) dan (ﻫ). Contoh makhraj huruf ha adalah مُهَاجِرٌ

2. (وَسْطَ الْحَلْقِ) adalah tenggorokan bagian tengah.
Hurufnya ialah (ع) dan (ح). Contoh makhraj huruf ain adalah يَؤُدُهُ

3. (أَدْنَى الْحَلْقِ) adalah tenggorokan bagian atas.
Hurufnya (غ) dan (خ). Contoh makhraj huruf ghain adalah غَضِبَ

Al-Lisan (اللِّسَانُ)

Al-Lisan artinya adalah lidah, dalam Al-Lisan terdapat 10 makhroj. Antara lain :

1. (أَقْصَى اللِّسَانِ وَمَا يُحَاذِيْهِ مِنَ الْحَنَكِ الْأَعْلَى) adalah pangkal lidah dengan langit-langit atas. Hurufnya ialah (ق).

2. (تَحْتَ وَسْطَ اللَّسَانِ وَمَا يُحَاذِيْهِ مِنَ الْحَنَكِ الْأَعْلَى) adalah bawah pangkal lidah dengan langit-langit atas.
Hurufnya ialah (ك).

3. (تَحْتَ وَسْطَى اللِّسَانِ وَمَا يُحَاذِيْهِ مِنَ الْحَنَكَ الْأَعْلَى) adalah di bawah bagian tengah-tengah lidah dengan langit-langit atas.
Hurufnya ialah (ج), (ش) dan (ي).
 
4. (إِحْدَى حَافَتَي اللِّسَانِ وَمَا يَلْيِهَا مِنَ الْأَضْرَاسِ) adalah salah satu tepi lidah bertemu dengan gigi geraham.
Hurufnya ialah (ض).

5. (أَوَّلُ إِحْدَى حَافَتَي اللِّسَانِ) adalah satu tepi lidah sampai pada ujungnya berpapasan dengan langit-langit atas.
Hurufnya ialah (ل). Contoh makhraj huruf lam adalah لَحْضَةٌ

6. (طَرْفُ اللِّسَانِ تَحْتَ اللَّامِ قَلِيْلًا) adalah ujung lidah di bawah makhroj lam bertemu dengan dari langit-langit atas.
Hurufnya adalah (ن).

Baca Juga : Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin Lengkap dengan Contohnya

7. (يُقَارِبُ مَخْرَجَ النُّوْنِ وَاُدْخِلَ فِيْ ظَهْرِ اللِّسَانِ) adalah berdekatan dengan makhroj nun dan masuk pada punggung lidah.
Hurufnya ialah (ر).

8. (فَوْقَ اللِّسَانِ وَأُصُوْلُ الثَّنَيَتَيْنِ الْعُلْيَتَيْنِ) adalah di atas ujung lidah bertemu dengan gusi dua gigi seri atas.
Hurufnya ialah (ط), (د) dan (ت). Ketika melafalkan Tho, lidah diangkat karena termasuk isti'la, contoh makhraj huruf tho adalah طَمَعَ

9. (طَرْفُ اللِّسَانِ وَفَوْقَ الثَّنَيَتَيْنِ الْسُفْلَيَيْنِ) adalah ujung lidah dengan gigi seri bawah.
Hurufnya ialah (س), (ص) dan (ز). Ketika melafalkan Shod, lidah diangkat karena termasuk isti'la, contoh makhraj huruf shod adalah صَادِقِيْنَ

10. (طَرْفُ اللِّسَانِ وَطَرْفُ الثَّنَيَتَيْنِ الْعُلْيَتَيْنِ) adalah ujung lidah bertemu dengan ujung dua gigi seri atas.
Hurufnya ialah (ظ), (ذ) dan (ث), contoh makhraj huruf tsa adalah ثَقِيْلٌ
Khusus ketika melafalkan Zho', lidah diangkat karena termasuk isti'la,
contoh makhraj huruf dzal adalah اَلَّذِيْنَ , sedangkan contoh makhraj huruf zho' adalah نَظَرَ 

Asy-Syafah (الشَّفَةُ)

As-syafah artinya adalah bibir. Dalam Asy-syafah terbagi menjadi 2 makhroj yaitu:

1. (بَطْنُ الشَّفَةِ وَطَرْفُ الثَّنَيَتَيْنِ الْعُلْيَتَيْنِ) adalah perut bibir bawah bertemu dengan ujung gigi seri atas.
Hurufnya ialah (ف).

2. (بَيْنَ الشَّفَتَيْنِ) adalah di antara dua bibir.
Hurufnya ialah (ب), (م) dan (و). Terdapat sedikit perbedaan yaitu jika ba’ ditekan, mim ditekan sedikit lebih ringan sedangkan wawu sedikit ada rongga antara dua bibir.

Al-Khoisyum (الْخّيْشُوْمُ)

Makhroj yang terakhir adalah Al-khoisyum yang mempunyai arti rongga hidung. Yang termasuk dalam khoisyum adalah ghunnah yakni mim dan nun bertasydid.

Demikian artikel tentang makhraj huruf dan pembagiannya ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda, amiin.