Rahasia Kekuatan Doa Dalam Islam

 18 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Rahasia Kekuatan Doa Dalam Islam

Kekuatan doa - Image from abanaonline.com

Rahasia kekuatan doa - Manusia merupakan makhluk yang lemah meskipun mereka dianugerahi anggota tubuh yang lengkap dibanding makhluk lainnya.

Kemampuan manusia dibatasi oleh penglihatan, pendengaran, serta kekuatan akalnya. Hal ini menyebabkan banyak peristiwa yang tidak dapat diatasi oleh manusia.

Oleh karena itu dalam keadaan seperti ini, manusia butuh pertolongan Allah SWT. Doa adalah suatu bentuk ikhtiar untuk memohon dan juga meminta sesuatu kepada Allah, yang mana doa memiliki kekuatan yang sangat besar apabila dilakukan dengan ikhlas. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 117 :

دِيعُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَإِذَا قَضَىٰ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

Artinya : "Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah!" Lalu jadilah ia".

Dari ayat diatas, dapat kita ketahui seberapa kuat kekuatan-doa yang kita panjatkan kepada Allah, karena Ia adalah yang Maha Besar yang dapat memberi segala jenis kebutuhan umat-Nya.

Seberapa besar kekuatan doa itu? Berikut artikel kali ini akan membahas mengenai kekuatan-kekuatan doa.

Kekuatan Doa Dalam Islam

Nabi Muhammad SAW bersabda,

 إِذَا تَمَنَّى أَحَدُكُمْ فَلْيُكْثِرْ فَإِنَّمَا يَسْأَلُ رَبَّهُ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya : “Barangsiapa yang menginginkan sesuatu (kepada Allah), maka perbanyaklah angan-angan tersebut karena ia sedang meminta kepada Allah ‘Azza wa Jalla.(HR. Ibnu Hibban no. 889)

Dalam hadits lain, disebutkan pula,

لِيَسْئَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَاجَتَهُ أَوْ حَوَائِجَهُ كُلَّهَا حَتَّى يَسْأَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَا انْقَطَعَ وَحَتَّى يَسْأَلَهُ الْمِلْحَ

Artinya : “Hendaklah salah seorang diantara kamu sekalian meminta kepada Tuhannya akan segala kebutuhannya hingga meminta tali sandalnya yang putus atau sampai meminta garam sekalipun.” (HR. At-Tirmidzi no. 3604)

Dari dua ayat diatas kita dapat melihat bahwa Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk memperbanyak berdoa pada-Nya meski dalam hal kecil sekalipun. Kita bisa berdoa dalam kondisi apapun, baik lapang maupun sempit, sedih ataupun bahagia. 

Namun ada pula beberapa kondisi atau beberapa waktu dimana doa diijabah oleh Allah. Waktu mustajab berdoa diantaranya adalah pada waktu sepertiga malam, ketika adzan berkumandang, doa dari orang tua untuk anaknya, dan lain lain.

Kekuatan Doa Tengah Malam

Kekuatan doa tengah malam yakni pada sepertiga malam terakhir dikarenakan karena pada waktu tersebut, keadaan sangat tenang dimana Allah amat dekat dengan hambaNya dan juga banyak malaikat pemberi rahmat turun ke bumi untuk mencari orang-orang yang melupakan kantuknya, kemudian memanjat doa kepada Allah SWT.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Nabi Muhammad bersabda, “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757).

Betapa besar kekuatan doa tengah malam islam disebabkan karena hal-hal berikut :

1. Sepertiga malam merupakan waktu terbaik untuk berdoa.

Para ulama besar setuju bahwa pada sepertiga malam merupakan waktu terbaik dimana doa diijabah oleh Allah SWT, dibanding waktu-waktu lainnya. Hal ini sesuai dengan penjelasan berikut :

Ibnu Hajar menjelaskan, “Bab yang dibawakan oleh Al Bukhari menerangkan mengenai keutamaan berdoa pada waktu tersebut hingga terbit fajar Shubuh dibanding waktu lainnya.” (Fathul Bari, 11/129).

Selain berdoa, lakukanlah ibadah lainnya saat sepertiga malam. Baca selengkapnya disini :
1. 15 Manfaat Shalat Tahajud dan Hadist-hadist Shahihnya
2. Doa Setelah Shalat Tahajud Lengkap dalam Bahasa Arab dan Latin Serta Artinya

2. Salah satu amalan yang mulia.

Berdoa pada tengah malam merupakan amalan yang mulia, yang mana merupakan kebiasaan Rasulullah SAW sebab itu merupakan anjuran langsung dari Allah SWT. Sebagai umat muslim kita hendaknya mengikuti sunnah Rasulullah tersebut. Hal ini juga disebutkan dalam QS. Al-Israa ayat 79

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya : "Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji".

3. Jalan dipermudah hidupnya kelak di akhirat.

Doa tengah malam merupakan jalan untuk mendapatkan kebahagiaan, dan jauh dari kesusahan dunia akhirat kelak. Yang mana kedua hal tersebut dituangkan dalam
Q.S Az-Zumar ayat 9 dan Q.S Ali ‘Imran ayat 113,

أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ ۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya : (Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.

۞ لَيْسُوا سَوَاءً ۗ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ

Artinya : "Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang)".

Kekuatan Doa Ibu

Doa seorang ibu merupakan doa yang selalu dinanti anak-anaknya, karena doa Ibu merupakan doa yang mujarab. Hal ini karena seorang ibu memiliki banyak keutamaan di mata Allah, dan tentunya Allah telah mengangkat derajat tinggi seorang Ibu yang sudah berjuang keras sekuat tenaga untuk membesarkan anak-anaknya dengan ikhlas dan penuh kasih sayang.

Banyak orang sukses di dunia ini karena mempunyai hubungan yang baik dan juga memuliakan kedua orang tuanya terlebih lagi Ibunya. Hal ini dikarenakan ridha Allah merupakan ridha orang tua, dan juga sebaliknya murka Allah merupakan murka orang tua. Selain itu Rasulullah menyebutkan Ibu sebanyak tiga kali dalam haditsnya berikut :

Dari Abu Hurairah, dia berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah orang yang lebih berhak saya hormati?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” Orang tersebut bertanya lagi, “Lalu siapa?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Setelah itu siapa?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” Orang tersebut bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Akhirnya Rasulullah pun menjawab, “Kemudian ayahmu,” (HR. Muslim).

Doa Ibu sungguh memiliki kedudukan tanpa batas di hadapan Allah SWT, dan mudah untuk menembus langit. Sehingga doa seorang ibu yang dipanjatkan untuk anaknya bisa jadi sangat mudah untuk diijabah oleh Allah.

Sebagai anak, kita juga harus mendoakan kedua orang tua kita, baca disini :
1. Doa Untuk Kedua Orang Tua, Arab Beserta Artinya
2. Inilah Doa Terbaik untuk Anak yang Wajib Dipanjatkan Bagi Para Orang Tua

Kekuatan Doa Istri

Jika selama ini kebanyakan suami menganggap peran seorang istri hanya sebatas memenuhi urusan kasur dan dapur, maka hal tersebut sangatlah tidak benar, karena peran seorang istri yang begitu luar biasa dalam bahtera rumah tangga yang dibangun dan dijalani selama ini.

Dimana peran seorang istri bukan hanya dari dua kata diatas, melainkan juga mengambil peran dalam kesuksesan seorang suami lewat doa-doa yang dipanjatkan oleh istri setiap harinya.

Di dalam islam, doa seorang istri kepada suami menjadi salah satu doa yang mudah untuk diijabah atau dikabulkan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang mengatakan:

“Sesungguhnya doa yang segera dikabulkan adalah doa seorang istri kepada suaminya yang tidak berada di tempat yang sama atau saling berjauhan.” (HR. Tirmidzi).

Oleh karena itu, kekuatan doa istri sebaiknya jangan diragukan lagi, karena selain menjadi pelengkap rumah tangga, seorang istri juga menjadi jalan dibukakannya pintu rahmat Allah, dan pendorong rezeki dari Allah SWT.

Demikian artikel tentang kekuatan doa ini, semoga bermanfaat.