Bacaan Dzikir di Bulan Rajab

 21 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Bacaan Dzikir di Bulan Rajab

Ilustrasi bulan rajab - Image from m.kiblat.net

Ada yang bertanya, apakah ada khusus dzikir bulan Rajab, atau wirid khusus di bulan Rajab? Mari kita bahas.

Bulan Rajab merupakan salah satu dari bulan haram, yakni bulan yang dimuliakan. Pada bulan ini dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah dan dilarang keras untuk berbuat maksiat.

Bulan Rajab terletak diantara bulan Jumadal Akhiroh dan bulan Sya’ban, Allah SWT berfirman,

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Artinya : ”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)

Mengenai empat bulan yang istimewa pada firman Allah diatas, dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya berikut :

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Artinya : ”Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679).

Jadi bisa disimpulkan bahwa bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan suci yang sudah disebutkan diatas. Tiga lainnya yaitu bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Oleh karena itu, pada empat bulan istimewa tersebut sudah sepatutnya kita memperbanyak ibadah.

Lalu ibadah apa saja yang bisa diamalkan pada bulan Rajab? Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ibadah dzikir di bulan Rajab. 

Wirid Bulan Rajab

Salah satu ibadah yang dapat kita laksanakan di bulan rajab adalah membaca sholawat, dan memperbanyak dzikir.

Adapun bacaan sholawat yang bisa kita baca selama bulan Rajab yaitu : 

للهُمَّ صَلِّى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALIHI WASHOHBIHI AJMA'IINA

Dan berikut adalah beberapa bacaan dzikir bulan Rajab. Sebaiknya bacaan ini dibaca minimal sebanyak 100 kali, dan dilakukan setelah melaksanakan sholat fardhu.

1. Dzikir bulan rajab di tanggal 1 sampai 10

سُبْحَانَ اللهُ حَيُّ الْقَيُّوْمُ

SUBHAANALLOOHU HAYYUL QOYYUUMU (Dibaca 100 kali)

2. Zikir bulan rajab di tanggal 11 sampai 20

سُبْحَانَ اللهِ اَحَدِ الصَّمَدْ

SUBHAANALLOOHI AHADISH-SHOMAD (Dibaca 100 kali)

3. Bacaan bulan rajab di tanggal 21 sampai 30  

سُبْحَانَ اللهُ الرَّؤُوْفُ

SUBHAANALLOOHU ROUUFU (Dibaca 100 kali)

Adapun keutamaan bacaan tasbih bulan rajab diatas juga disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya berikut :

"Barangsiapa yang mengucapkan kalimat subhanal hayyil qayyum sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari awal Rajab, mengucap subhanal ahadis shamad sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari kedua, dan mengucap subhanar rauf sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari ketiga, maka tidak ada orang yang bisa menghitung pahalanya."

Selain dzikir, ada juga amalan lain yang dapat kita lakukan di bulan Rajab yaitu puasa Rajab. Baca selengkapnya disini :
1. Aturan dan Waktu Puasa Rajab
2. Niat Puasa Sunah Bulan Rajab dan Keistimewaannya

Doa Mohon Ampun di Bulan Rajab

Selain beribadah dengan mengucap bacaan dzikir bulan Rajab seperti yang sudah disebutkan diatas, kita juga bisa membaca doa yang bertujuan untuk memohon ampunan Allah SWT di bulan Rajab. Adapun lafadznya adalah :

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

ALLAHUMMA ANTA RABBI LAA ILAAHA ILLAA ANTA. KHALAQTANII WA ANA ‘ABDUKA, WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHA’TU. A’UDZUBIKA MIN SYARRI MAA SHANA’TU. ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BIDZAMBII FAGHFIRLII … FA INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA.

Artinya : "Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Agar ibadah di bulan Rajab sempurna, hendaknya kita beribadah mulai awal hingga akhir bulan Rajab, baca selengkapnya disini :
1. Amalkan Surah ini di Jum'at Akhir Bulan Rajab, Agar Selalu Banyak Rezeki Selama Setahun
2. Hari-hari Terakhir Dibulan Rajab, Jangan Lewatkan Amalan ini Maka Rezeki Melimpah Tanpa Henti

Itulah beberapa bacaan dzikir bulan Rajab dan doa mohon ampun di bulan Rajab. Semoga bacaan tersebut dapat kita amalkan, dan Allah senantiasa memberi ampunan dan pahala bulan Rajab pada kita semua, amiin.