Niat Puasa Sunah Bulan Rajab dan Keistimewaannya

 17 Sep 2019  Taufiq F

Niat Puasa Sunah Bulan Rajab dan Keistimewaannya

Niat puasa sunah rajab - Image from islam.nu.or.id

Bulan rajab merupakan sebuah bulan yang dipenuhi dengan pahala-pahala dan keistimewaan yang sangat banyak sekali. Dalam bulan rajab kita dianjurkan untuk berpuasa.

Mengingat besarnya keistimewaan puasa di bulan rajab, kita sebagai umat muslim juga dianjurkan untuk menghafalkan niat puasa sunah bulan rajab dan doa puasa bulan rajab.

Penting bagi kita sebagai umat muslim untuk memahami bacaan niat puasa sunnah bulan rajab dan doa puasa sunnah rajab sehingga dapat melaksanakan puasa sunnah 1 rajab dengan sempurna.

Untuk itu pada kesempatan kali ini wajib baca akan menerangkan mengenai niat puasa di bulan rajab, cara melaksanakan puasa rajab, dan juga keistimewaan puasa bulan rajab sehingga dapat menjalankan puasa dengan baik dan benar.

Bacaan Niat Puasa Bulan Rajab

Sebelum membahas mengenai niat puasa di bulan rajab, anda juga harus mengetahui pengertian puasa rajab dan pelaksanaan puasa rajab serta beberapa keutamaan dan keistimewaan yang luar biasa.

Sebagaimana telah disabdakan Rasulullah SAW lewat hadist atau dalil tentang puasa rajab dan artinya.

"Barang siapa berpuasa pada bulan rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuk 7 pintu neraka jahannam, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya" (HR. At-Tabrhani).

Dengan itu banyak umat muslim yang menjalankan puasa rajab dengan diawali membaca niat puasa sunnah rajab dan doa puasa di bulan rajab untuk mendapatkan sebuah kemuliaan yang kekal. Sama halnya ketika mereka mengerjakan ibadah puasa ramadhan.

Maka dari itu bagi kalian yang merupakan seorang muslim maka bisa menerapkan ibadah puasa rajab dengan membaca niat puasa sunat rajab dan do'a puasa rajab tersebut.

Baca : 5 Syarat Sah Puasa yang Harus Dipenuhi

Keutamaan Puasa Rajab

1. Hukumnya sunah

Ketentuan puasa rajab ini termasuk puasa sunah yang artinya bila dikerjakan mendapat pahala, dan bila tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa. Tetapi terdapat perbedaan pendapat antara madzhab yang berlaku mengenai sunnah puasa rajab ini, namun banyak dari mayoritas madzhab menyatakan bahwa pelaksanaan puasa rajab itu hukumnya adalah sunah.

2. Dihapus dosanya

Dihapus nya dosa tersebut dapat didapatkan pada bulan rajab namun yang didapatkan berbeda-beda. Untuk hari pertama dosa kita akan diampuni selama tiga tahun.

Pada hari kedua dosa kita diampuni selama dua tahun, dan untuk hari ketiga dosa kita diampuni satu tahun, sedangkan pada hari-hari setelahnya maka dihapuskan dosa kita selama satu bulan.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW berikut ini: "Berpuasa pada hari pertama bulan rajab menghapus puasa dosa selama tiga tahun, berpuasa pada hari kedua menghapus dosa selama dua tahun, berpuasa pada hari ketiga menghapus dosa selama setahun, kemudian untuk setiap harinya selama sebulan" (HR. Al Khilal dalam Fadhoil Syahrur Rajab). Merupakan keutamaan yang mudah diraih hanya dengan berpuasa di bulan rajab dan diawali membaca doa niat puasa di bulan rajab dan doa puasa rejeb.

Baca: 7 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

3. Pahalanya sama dengan berpuasa di bulan mulia

Bulan rajab merupakan salah satu bulan yang mulia sehingga puasa yang dilakukan pada bulan ini yang diawali dengan membaca niat puasa bulan rajab dan doa puasa rajab tentu akan memberikan nikmat serta pahala berlimpah pada kita semua.

Puasa Sunnah Bulan Rajab Berapa Hari

Sedangkan untuk puasa di bulan rajab berapa hari, berikut kami jelaskan secara singkat.

Mengenai berapa hari puasa rajab itu, puasa rajab tanggal berapa saja, dan juga apakah puasa rajab harus berturut turut, dalam hal ini ada perbedaan antara beberapa ulama.

Pertama, untuk mayoritas ulama dari kalangan madzhab Hanafi, Maliki dan Syafi'i berpendapat bahwa berapa hari puasa di bulan rajab itu selama 30 hari dan hukumnya sunah, pendapat ini juga menjadi qaul dalam madzhab Hanbali.

Kedua madzhab Hanbali berpendapat bahwa puasa rajab dilakukan berapa hari yaitu selama 30 hari penuh, hukumnya makruh bila tidak disertai dengan puasa bulan-bulan yang lainnya. Namun kemakruhan ini akan menjadi hilang apabila tidak berpuasa dalam satu arau dua hari dalam bulan Rajab tersebut.

Dengan begitu jika melihat dari pendapat para madzhab yang membolehkan puasa di bulan rajab, maka tidak ada alasan lagi bila kita semua untuk tidak menyambut bulan rajab dengan berpuasa yang diawali dengan membaca niat puasa sunah rajab dan doa puasa rajab hari pertama.

Baca Juga: Keutamaan Puasa Senin Kamis Menurut Islam

Adapun untuk puasa rajab jatuh pada tanggal berapa, puasa bulan rajab berapa hari dan lama puasa rajab itu sendiri bisa berpedoman pada empat madzhab diatas.

Tetapi perlu sedikit diketahui juga, jika memang tidak melaksanakan bukan termasuk dosa karena puasa rajab yang diawali membaca niat puasa isra mi raj atau niat puasa rajab hari pertama serta doa niat puasa sunnah rajab ini dihukumi wajib namun lebih mengarah ke pada puasa sunah.

Bila tidak mengerjakan puasa rajab yang diawali dengan membaca niat puasa rajab dan cara niat puasa rajab tersebut hanya sebatas tidak akan mendapatkan keutamaan dan pahala puasa saja.

Dan berikut ini niat puasa rajap dan bacaan puasa rajab.

Niat Puasa Sunah Bulan Rajab


Sama seperti ibadah lainnya, penjelasan puasa rajab ini memiliki lafadz niat doa puasa rajab yang perlu diucapkan sebelum melakukan puasa rajab.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’I sunnati Rajaba lillahi ta’alaa

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Bagi mereka yang ingin puasa sunah rajab yang diawali dengan membaca niat puasa sunah bulan rajab ini, di siang hari dan tidak sempat melafalkan niat pada malam harinya boleh menyusul pelafalan niat dan di siang harinya. Kewajiban berniat di malam harinya hanya berlaku untuk puasa wajib pada bulan ramadhan.

Demikianlah penjelasan mengenai puasa sunnah bulan rajab, puasa rajab itu berapa hari, puasa sunnah di bulan rajab, dan puasa sunnah rajab berapa hari yang bisa wajibbaca.com sampaikan.

Dengan ini maka penting untuk anda memahami lebih dalam lagi dengan mempelajarinya pada artikel wajibbaca yang berhubungan dengan jumlah puasa rajab, berapa hari puasa sunnah rajab, puasa rajab niat, puasa rajab jatuh pada tanggal, berapa hari puasa rajab. Serta bila ingin melafalkan niat hingga bisa sempurna juga bisa mempelajarinya pada artikel yang berhubungan seperti berapa lama puasa rajab, puasa di bulan rajab, gambar bulan rajab, makna puasa rajab.

Semoga bermanfaat untuk kita semuanya.