Doa Untuk Pengantin dalam Bahasa Arab dan Bahas Jawa

 19 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Untuk Pengantin dalam Bahasa Arab dan Bahas Jawa

Ilustrasi pesta pengantin - Image from pixabay.com

Saat mengunjungi acara pernikahan paling tidak memberikan ucapan selamat dan lebih baik lagi membaca doa untuk pengantin agar mempelai berdua bahagia selamanya.

Allah SWT mengutus untuk segera menikah bagi umat muslim yang sudah baligh, hal ini termaktub pada firman Allah dalam Q.S An-Nur ayat 32

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya : "Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui".

Dari ayat diatas, kita dapat mengambil hikmah bahwa menikah tidak harus menunggu mapan dan kaya dahulu, karena Allah akan memampukan umat yang berniat menikah namun tidak mempunyai biaya.

Ketika ada kerabat yang menikah, kita pasti turut berbahagia, hal yang biasanya kita lakukan adalah menyiapkan hadiah. Namun disamping menyiapkan hadiah ada hal yang tak kalah penting yaitu mengucap do a untuk pengantin baru. Berikut sudah kami rangkum beberapa lafadz doa untuk pengantin dalam bahasa arab dan bahasa jawa.

Ucapan Selamat Menempuh Hidup Baru Dalam Bahasa Arab

Pesta pernikahan dalam bahasa arab adalah Walimatul 'ursy. Atau yang lazim kita kenal sebagai jamuan makan yang diselenggarakan dalam pernikahan. Tulisan arab walimatul ursy adalah الوليمةعُرْس

Biasanya acara ini dilaksanakan setelah acara akad nikah. Menghadiri acara pernikahan merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW, hal ini sesuai sabda beliau berikut ini : 

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا

Artinya : “Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah” (HR. Bukhari no. 5173).

Bahkan, Nabi Muhammad juga menganjurkan orang yang sedang berpuasa untuk tetap memenuhi undangan walimah tersebut.

إذا دعي أحدكم إلى طعام فليجب، فإن كان مفطراً فليطعم، وإن كان صائماً فليصل. يعني: الدعاء


Artinya : “Bila salah seorang diantara kalian diundang menghadiri jamuan makan, hendaklah ia memenuhi undangan tersebut. Jika ia tidak sedang berpuasa maka hendaklah ia ikut makan. Dan jika ia sedang berpuasa hendaknya ia mendoakan” (HR. Muslim no. 1431).

Ketika kita datang ke walimatul ursy, hendaknya kita menghadiahi pengantin dengan doa. Doa walimatul ursy bahasa arab untuk pengantin tersebut bukan hanya sekedar ucapan selamat menempuh hidup baru saja akan tetapi mempunyai harapan kesejahteraan bagi pengantin. Dan berikut adalah lafadz doa pernikahan bahasa arab.

Doa nikah dan artinya :

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

BAAAROKALLOOHU LAKA WA BAAROKA 'ALAIKA WA JAMA'A BAINAKUMAA FIII KHOIRIN

Artinya : "Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan".

Ucapan selamat menempuh hidup baru bahasa arab diatas memang terkesan sangat singkat dan sederhana, akan tetapi sarat akan harapan dan doa atas kedua mempelai.

Doa untuk pengantin barakallah ini mempunyai arti mengharapkan kedua mempelai untuk selalu diberkahi dalam segala hal. Bisa jadi keberkahan rezeki dan juga keberkahan dikaruniai anak yang soleh solehah. Selain itu doa untuk pengantin baru barakallah diatas juga mengharapkan pengantin dipersatukan dalam kebaikan, yang artinya tidak ada gangguan ataupun hal yang dapat menghancurkan rumah tangga yang mereka bangun.

Untuk memudahkan Anda untuk menghafal lafadz doa pengantin arab, berikut juga kami siapkan doa pengantin png.

Kaligrafi doa pernikahan dan artinya :

Doa Untuk Pengantin dalam Bahasa Arab dan Bahas Jawa

Doa untuk Pengantin Baru - Image from tiensgallery.blogspot.com

Beberapa alasan mengapa menikah itu sangat penting, baca selengkapnya disini :
1. Ini Tujuan Utama Menikah Menurut Ajaran Agama Islam
2. Inilah Alasan Kenapa Menikah Disebut Menyempurnakan Separuh Agama

Doa Pernikahan Bahasa Jawa

Selain doa walimatul ursy dan artinya diatas, kita juga bisa memberi ucapan terhadap pengantin dengan bahasa jawa. Di Jawa sendiri, pengantin disebut dengan manten. Dan berikut doa manten yang bisa dihadiahkan untuk kedua mempelai.

Selamet nggeh, mugi mugi dados keluarga ingkang sakinah mawaddah lan warohmah, aminn. Cepet diparingi keturunan lan ingkang penting di paringi keturunan ingkang soleh lan solehah. Mugi mugi diparingi berkahipun dan katresnan sangking Allah SWT. Amin

Doa hajatan pernikahan di atas mempunyai arti yang sama dengan doa nikah arab yakni mengharap keluarga kedua mempelai diberkahi oleh Allah SWT.

Adab Saat Menghadiri Walimatul Ursy

Selain mengucap doa pengantin baru bahasa arab atau bahasa jawa, saat menghadiri acara pernikahan atau walimatul ursy juga harus memperhatikan hal-hal berikut :

1. Datang dengan ikhlas

Hal ini berarti kita tidak boleh menghadiri walimatul ursy hanya karena mengharap makanan yang berlimpah. Kita harus datang tanpa mengharapkan balasan, misalnya diberi souvenir atau hal-hal yang lainnya. Dan hal yang tidak kalah penting adalah kita harus menghadiahkan doa nikah dalam bahasa arab dengan niat yang ikhlas untuk memuliakan sesama muslim. Mendatangi walimatul ursy dengan niat takwa dalam ketaatan, membuat makan yang awalnya adalah kebiasaan menjadi nilai ibadah.

2. Membaca doa saat makan

Selain ucapan nikah bahasa arab, ada adab lain saat menghadiri walimatul ursy yakni membaca doa ketika makan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca basmallah sebelum mengambil makanan. Hal ini diterangkan oleh Nabi Muhammad dalam sabdanya kepada seorang anak berikut ini :

يَا غُلاَمُ، سَمِّ اللَّهَ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ، وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

Artinya : “Wahai nak, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang terdekat denganmu dulu.” (HR. Al-Bukhari No. 5376)

3. Tidak boleh berlebihan


Disamping menghadiahi pengantin dengan doa pernikahan arab, ada adab lainnya saat makan di walimatul ursy yaitu tidak berlebihan ketika menyantap makanan. Kita diperbolehkan makan hingga kenyang dan diperbolehkan pula berhenti sebelum kenyang. Hal yang tidak boleh dilakukan ialah makan melebihi batas kenyang.

4. Tidak boleh membawa makanan dari walimatul ursy

Kita tidak diperbolehkan mengambil hidangan di meja untuk kita bawa pulang, dan tidak boleh pula memberikan atau menjual makanan tersebut kepada orang lain. Apabila kita memberikannya kepada orang lain yang juga diundang, maka kita tidak wajib untuk mengganti makanan tersebut. Namun berbeda jika kita memberikannya kepada selain para undangan, maka kita wajib menggantinya.

5. Tidak boleh membawa orang yang tidak diundang

Bila kita berniat membawa orang lain dengan tujuan agar lebih banyak yang memberikan ucapan pernikahan bahasa arab, maka hal tersebut adalah salah. Jika kita akan membawa orang lain selain undangan, maka kita harus meminta izin terlebih dahulu kepada yang punya hajat.

Jika orang yang tidak diundang masuk ke dalam acara, maka orang yang mempunyai hajat berhak untuk menghalanginya. Dan apabila orang itu masuk tanpa izin, maka juga berhak untuk mengusirnya. Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

إنك دعوتنا خامس خمسة، وهذا رجل قد تبعنا فإن شئت أذنت له، وإن شئت تركته، قال: بل أذنت له

Artinya : “Engkau (Abu Syu’aib) mengundang kami berlima, sedangkan orang ini mengikuti kami. Jika engkau mau, engkau bisa mengizinkannya, dan jika engkau mau, engkau boleh tidak mengizinkannya.” (HR. Bukhari)

Beberapa anjuran Rasulullah tentang menikah, baca selengkapnya disini :
1. Rasulullah Anjurkan Lelaki Menikahi Wanita Subur, Yang Tidak Subur Bagaimana?
2. Jangan Ragu Menikah Dengan Janda, ini Keutamaan dan Pahala yang Didapat

6. Mendoakan pemberi makanan

Selain memberi ucapan selamat pengantin baru dalam bahasa arab kepada sang pengantin, kita juga dianjurkan untuk mendoakan seseorang yang memberi kita makan, contohnya seperti juru masak dan orang-orang yang membantu menyajikan makanan. Adapun lafadznya adalah :  

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي


Artinya : “Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku” (HR. Muslim no. 2055).

Demikian artikel tentang do'a untuk pengantin baru, dan doa pernikahan png ini. Semoga dengan menghadiahkan doa untuk manten datas, kedua mempelai senantiasa diberi keberkahan serta dikaruniai keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah, amiin.