Lafadz Doa Sesudah Shalat Istikharah

 29 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Doa Sesudah Shalat Istikharah

Ilustrasi sholat istikharah - Image from plus.kapanlagi.com

Doa sesudah sholat istikhoroh. Ketika melaksanakan shalat istikharah, jangan lupa berdoa agar Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada Anda.

Shalat istikharah merupakan salah satu sholat sunnah yang mempunyai banyak keutamaan, biasanya seseorang melaksanakan sholat istikharah karena ingin meminta petunjuk kepada Allah SWT atas sesuatu yang membingungkannya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mengalami keraguan dalam menentukan pilihan, baik nya Anda melaksanakan shalat istikharah. Untuk meminta pertolongan dan menghilangkan rasa gundah dalam hati.

Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Artinya : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara / urusan yang kami hadapi, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran. Beliau berkata, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)

Shalat istikharah biasanya dilakukan di sepertiga malam. Ketika melaksanakan sholat istikharah, hendaknya kita juga mengamalkan doa sesudah sholat istiqarah. Lalu bagaimana lafadz doa setelah sholat istikharah itu? Berikut penjelasan lengkapnya. 

Doa Sesudah Sholat Istikharah

Ketika kita dihadapkan pada pilihan yang sangat sulit, misalnya seperti saat menentukan siapa yang baik dan pantas untuk menjadi pendamping kita, maka dianjurkan bagi kita melaksanakan sholat istikharah dan juga membaca doa istihoroh berikut,

Doa shalat istikharah tulisan arab :

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

Doa sholat istikharah latin :
ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.

Artinya : "Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghaib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini (sebut keperluannya) adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu (sebut keperluannya) menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu".

Baca Juga : Waktu Shalat Istikharah yang Terbaik Untuk Dikerjakan

Hal yang harus kita pahami saat membaca doa sesudah sholat istiqoroh adalah, apabila apa yang sebenarnya kita kehendaki bukanlah jawaban dari Allah, maka kita tidak boleh berkecil hati dan memaksakan diri. Pilihan kita tidak boleh berdasarkan hawa nafsu.

Misalnya seperti ini, ada seorang perempuan yang dikhitbah lelaki A dan B, perempuan tersebut lebih condong ke A, akan tetapi ia melaksanakan shalat istikharah dan mengamalkan doa sesudah sholat istiqoroh agar memantapkan hatinya. Kemudian Allah SWT memberi signal jawaban bahwa B adalah yang terbaik, maka ia tidak boleh mengingkari petunjuk yang diberikan Allah kepadanya.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al Baqarah ayat 216,

وَ عَسٰۤی اَنۡ تَکۡرَہُوۡا شَیۡئًا وَّ ہُوَ خَیۡرٌ لَّکُمۡ ۚ وَ عَسٰۤی اَنۡ تُحِبُّوۡا شَیۡئًا وَّ ہُوَ شَرٌّ لَّکُمۡ ؕ وَ اللّٰہُ یَعۡلَمُ وَ اَنۡتُمۡ لَا تَعۡلَمُوۡنَ

Artinya: “Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu menyukai semua, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Dari ayat diatas dapat kita ketahui bahwa Allah lah satu-satunya yang Maha Mengetahui segala urusan manusia dibanding manusia itu sendiri.

Jawaban Allah dari doa istihoroh tidak selalu lewat mimpi, baca selengkapnya disini :
1. Bukan Melalui Mimpi, ini Tanda Shalat Istikhara Dijawab Allah SWT
2. Seperti ini Jawaban Istikharah Menurut Rasulullah SAW

Para ulama juga menegaskan bahwa setelah kita melaksanakan shalat istikharah dan membaca doa setelah sholat istikhoroh, maka kita memilih mana yang terbaik. Kemudian menyerahkan segala urusan itu hanya kepada Allah SWT.

Jawaban Allah SWT dari doa istikharah latin diatas bisa kita lihat apabila pilihan tersebut merupakan pilihan terbaik maka Allah SWT akan senantiasa memudahkan dan memberkahi urusan dalam pilihan tersebut. Namun sebaliknya, jika pilihan itu buruk maka Allah akan memalingkannya dari kita.

Demikian artikel tentang doa shalat istikharah latin ini, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa bagi Anda yang sedang mengalami pilihan yang sulit agar melaksanakan shalat istikharah serta mengamalkan doa istikharah dan artinya diatas.