Doa Memohon Cahaya Allah Agar Pikiran Terang

 28 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Memohon Cahaya Allah Agar Pikiran Terang

Ilustrasi berpikir yang jernih - Image from pixabay.com

Doa pikiran terang. Ketika mempunyai masalah kita pasti berharap pikiran kita tenang agar bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.

Saat kita mempunyai masalah atau ada sesuatu yang membuat gelisah, kita pasti mengharap agar urusan tersebut bisa cepat selesai. Akan tetapi jika pikiran kita kalut dan gelap, maka akan susah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Seringkali saat pikiran kalut, kita membutuhkan bantuan orang lain agar memberi solusi atas masalah yang kita alami. Berbeda saat pikiran kita terang maka kita dapat menyelesaikan masalah tersebut sendiri tanpa membutuhkan bantuan dari orang lain.

Saat kita mengalami pikiran kalut dan gelap, maka kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT,

Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Fath ayat 4,

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Artinya : "Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana".

Dari ayat diatas dapat kita ketahui bahwa hanya Allah lah yang bisa membuat hati tenang, terlebih lagi ketika hati kita gelap karena suatu masalah. Lalu bagaimana lafadz doa pikiran terang itu? Berikut dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai doa memohon cahaya Allah.

Doa Pikiran Tenang

Manusia bukanlah pemilik kehidupan. Tidak ada satupun manusia yang selalu berhasil meraih keinginannya. Hari ini ia bisa bersorak merayakan kesuksesan, namun tidak ada yang tahu jika esok lusa ia bisa menangis meratapi kegagalan.

Cerita kehidupan manusia tidak selalu sama, ia akan terus berganti dari satu situasi ke situasi yang lain, kadang diatas kadang pula dibawah. Namun itulah kehidupan sebenarnya. Akan tetapi ada suatu hal yang seharusnya tidak pernah berubah dalam diri kita, yaitu hati yang senantiasa tenang dan memegang teguh kebenaran.

Baca Juga : Doa Agar Hati Tenang Menghilangkan Perasaan Sedih, Marah, Gelisah, dan Negatif

Pikiran yang terang sangat dibutuhkan ketika menghadapi segala situasi dalam hidup, terutama dalam situasi sulit ketika ditimpa musibah. Jika pikiran dalam kondisi terang, maka lisan dan anggota badan yang lainnya juga akan tenang.

Sesulit dan separah apapun situasi yang sedang dihadapi, jika kita selalu memelihara pikiran agar senantiasa terang, maka insya Allah Ia akan mempermudah masalah kita.

Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Fath ayat 18,

 لَقَدْ رَضِيَ اللَّهُ عَنِ الْمُؤْمِنِينَ إِذْ يُبَايِعُونَكَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ فَعَلِمَ مَا فِي قُلُوبِهِمْ فَأَنْزَلَ السَّكِينَةَ عَلَيْهِمْ وَأَثَابَهُمْ فَتْحًا قَرِيبًا

Artinya : "Sesungguhnya Allah telah ridha terhadap orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon, maka Allah mengetahui apa yang ada dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat (waktunya)".

Dari ayat diatas dapat kita ketahui bahwa ketika pikiran kita sedang kalut dan gelap, berdoalah kepada Allah SWT, memohon ridha-Nya agar Ia menerangkan akal pikiran kita. Dan berikut doa minta cahaya kepada Allah SWT :

اَللهُمَّ اجْعَلْ لِىْ نُوْرًا فِىْ قَلْبِىْ وَنُوْارًا فِى قَبْرِىْ وَنُوْارً فِىْ سَمْعِىْ وَنُوْرًا فِىْ بَصَرِىْ وَنُوْرًا فِىْ شَعْرِىْ وَنُوْرًا فِىْ بَشَرِىْ وَنُوْرًا فِىْ لَحْمِىْ وَنُوْارً فِىْ دَمِىْ وَنُوْرًا فِىْ عِظَامِىْ وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِىْ وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِىْ وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِىْ وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِىْ وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِىْ. اَللهُمَّ زِدْنِىْ نُوْرًا وَاَعْطِنِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِىْ نُوْرًا.

ALLAAHUMMAJ'ALLII NUURON FIIQOLBII WANUURON FILQOBRII WANUURON FIISAM'II WANUURON FIIBASHORII WANUURON FIISYA'RII WANUURON FIIBASYARII WANUURON FIILAHMII WANUURON FIIDAMII WANUURON FII'IDZOOMI WANUURON MINBAINII YADAYYA WANUURON MIN KHOLFII WANUURON 'AN YAMIINI WANUURON 'ANSYIMAALII WANUURON MINFAUQII WANUURON MINTAHTII. ALLAAHUMMA ZIDNII NUURON WA'THINII NUURON WAJ'AL LII NUURON.

Artinya : "Ya Allah, jadikanlah untukku cahaya dalam hatiku, cahaya dalam kuburku, cahaya dalam pendengaranku, cahaya dalam penglihatanku, cahaya pada rambutku, cahaya pada kulitku, cahaya pada darahku, cahaya pada tulangku, dari arah kananku, cahaya dari arah kiriku, cahaya dari atasku, cahaya dari bawahku. Ya Allah, tambahilah aku akan cahaya dan berilah aku cahaya, jadikanlah untukku cahaya dan jadikanlah aku cahaya".

Baca Juga : Doa agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Diberi Kelancaran dan Kesehatan

Demikianlah artikel tentang doa pikiran terang ini. Semoga dengan membaca doa minta cahaya diatas, Allah SWT senantiasa menerangkan pikiran kita sehingga masalah atau perkara yang kita hadapi dapat terselesaikan dengan baik.

Adapun doa tersebut juga bisa kita baca ketika hati dan diri kita ingin diterangkan, sehingga kita bisa terhindar dari perbuatan-perbuatan yang buruk. Semoga bermanfaat.