Lafadz Doa Mohon Pengampunan Allah SWT

 17 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Doa Mohon Pengampunan Allah SWT

Ilustrasi doa mohon ampun - Image from eksepsionline.com

Setiap manusia pasti memiliki kesalahan dan kekhilafan. Hal ini sangat lumrah karena manusia adalah makhluk yang banyak berbuat salah dan dosa, Allah SWT berfirman :

{وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا تُفْسِدُوا فِي الأرْضِ قَالُوا إِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُونَ (11) أَلا إِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُونَ وَلَكِنْ لَا يَشْعُرُونَ (12

Artinya : "Dan bila dikatakan kepada mereka, "Janganlah kalian membuat kerusakan di muka bumi:" Mereka menjawab, "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan." Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan tetapi mereka tidak menyadarinya". (QS. Al-Baqarah ayat 11-12)

Pada ayat diatas, dapat kita ketahui bahwa manusia sering berbuat salah namun mereka tidak pernah merasa melakukan kesalahan tersebut.

Abu Ja'far meriwayatkan dari Ar-Rabi' ibnu Anas, dari Abul Aliyah, pada lafadz "Waiza qila lahum la tufsidu fil ard" yang mempunyai makna "Janganlah kalian berbuat maksiat di muka bumi" diatas, dapat diartikan sebagai kerusakan yang manusia timbulkan karena perbuatan maksiat mereka terhadap Allah. Karena orang yang durhaka kepada Allah di muka bumi atau juga mereka yang memerintahkan kepada kedurhakaan atau kemaksiatan, berarti mereka telah menimbulkan kerusakan di muka bumi, hal ini mengingat bahwa kebaikan di bumi bersumber dari ketaatan manusia.

Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur berbuat maksiat? Maka hal yang harus kita lakukan adalah segera bertaubat dan memperbanyak membaca doa mohon pengampunan. Berikut pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa mohon pengampunan. 

Doa Mohon Pengampunan Dosa

Semua manusia tidak ada yang suci, meskipun mereka sangat taat kepada Allah sekalipun pasti terdapat cela dosa pada dirinya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita berdoa memohon ampun pada Allah agar diampuni dosa-dosa kita. Allah SWT sudah memberikan kita perintah untuk selalu memohon kepada-Nya, sesuai firman-nya dalam QS. Nuh ayat 10 berikut : 

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

Artinya: "Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun,"

Dalam surat berbeda, Allah juga berfirman : 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ 

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".

Untuk membersihkan dari dosa-dosa yang sudah kita perbuat, kita harus berdoa. Adapun doa mohon pengampunan ini lebih baik diamalkan setiap hari, tidak hanya pada bulan Ramadhan saja. Berikut lafadz doa pengampunan dosa islam :

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ خَطيْأَتِىْ وَجَهْلِىْ وَاِسْرَا فِىْ فِىْ اَمْرِىْ وَمَآاَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّىْ

ALLOOHUMMAGHFIR LII KHOTHII-ATII WA JAHLII WA ISROOFII FII AMRII WA MAA ANTA A'LAMU BIHI MINNII

Artinya : "Ya Allah, ampunilah dosaku, kesalahanku, kebodohanku, dan segala sesuatu yang melewati batas serta segala apa yang Engkau lebih mengetahui dari pada aku".

Baca juga lafadz doa-doa lainnya yang bisa kita amalkan sehari-hari :
1. Doa agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Diberi Kelancaran dan Kesehatan
2. Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat Bahasa Arab dan Latin

Doa Mohon Pengampunan Lainnya

Selain doa diatas, ada juga lafadz doa mohon ampunan lainnya yang dapat kita amalkan sehari-hari. Berikut kumpulan doa pengampunan dosa islam :

1. Doa mohon pengampunan dari semua jenis dosa

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْرَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جَدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

Allahummaghfirli khothiati wa jahli wa isrofi fi amri wama anta a’lamu bihi minni. Allahummaghfirli jaddi wa hezli wa khoto-i wa ‘amdi wa kullu zalika ‘indi. Allahummaghfirli ma qoddamtu wama akhkhortu wama asrortu wama a’lantu wama anta a’lamu bihi minni antal muqoddimu wa antal muakhkhiru wa anta ‘ala kulli syai-in qodir.
 
Artinya : “Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang Maha Mengakhirkan, dan Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

2. Doa mohon pengampunan dari Nabi Muhammad SAW

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى خَطِيئَتِى وَجَهْلِى وَإِسْرَافِى فِى أَمْرِى وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى جِدِّى وَهَزْلِى وَخَطَئِى وَعَمْدِى وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِى

Allahummagh-firlii khothii-atii, wa jahlii, wa isrofii fii amrii, wa maa anta a’lamu bihi minni. Allahummagh-firlii jiddi wa hazlii, wa khotho-i wa ‘amdii, wa kullu dzalika ‘indii

Artinya : "Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan".

3. Bacaan istighfar
Dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim, ada lafadz istighfar Nabi Muhammad SAW yang banyak beliau baca di akhir masa hidup beliau:

سُبْحَانَ اللهُ وَبِحَمْدِهِ، أَسْتَغْفِرُالله وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Subhanallah wa bihamdih. Astaghfirullah, wa atubu ilaih

Artinya : "Maha Suci Allah, dan dengan memuji-Nya. Aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya".

Demikian artikel tentang doa mohon pengampunan ini, kita bisa memilih doa mana dari kumpulan doa pengampunan dosa islam diatas. Karena sesungguhnya semua doa diatas memiliki tujuan yang sama, yakni memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa kita, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.