Doa Ketika Sakit Sesuai Sunnah

 15 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Ketika Sakit Sesuai Sunnah

Doa ketika sakit - Image from pinterest.com

Saat kita sakit, kita pasti mengeluh "mengapa sakit saya tidak kunjung sembuh?" atau "kenapa harus saya yang sakit?"

Nah, perkataan-perkataan diatas merupakan bisikan dari syaitan untuk orang-orang yang sedang sakit. Padahal kita perlu tahu bahwa sakit merupakan ujian dan cobaan dari Allah SWT. Hal yang harus kita amalkan bahwa di setiap ujian atau cobaan yang Allah berikan, Ia sesungguhnya sedang memberikan kasih sayangnya untuk kita semua. Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلاَءِ، وَإِنَّ اللهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ،فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا، وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السُّخْطُ

Artinya : “Sesungguhnya pahala yang besar didapatkan melalui cobaan yang besar pula. Apabila Allah mencintai seseorang, maka Allah akan memberikan cobaan kepadanya, barangsiapa yang ridho (menerimanya) maka Allah akan meridhoinya dan barangsiapa yang murka (menerimanya) maka Allah murka kepadanya.”

Dari sabda Nabi diatas, orang yang sakit seharusnya bergembira karena ia dalam proses mendapatkan pahala dari Allah. Ketika sakit, hal yang harus kita lakukan adalah sabar dan lapang dada, serta mengamalkan doa ketika sakit sesuai sunnah agar segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT. Jangan pula kita merintih ketika sakit, baca alasannya disini : Jangan Merintih Ketika Sakit, Allah Akan Mengutus Malaikat Membuang Jauh Dosamu!

Lalu bagaimana lafadz doa ketika sakit itu? Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa saat sakit.

Kumpulan Doa Ketika Sakit

Allah SWT berfirman,

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِوَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَْ الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌقَالُواْ إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعونَْ أُولَـئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌمِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَـئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

Artinya : "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan:”Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Rabbnya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk".

Dari firman diatas, kita bisa mengetahui bahwa orang yang diberikan cobaan oleh Allah, lalu ia bersabar maka orang tersebut akan mendapatkan rahmat dan juga petunjuk dari Allah SWT. Bersabar ketika mendapat cobaan dapat kita lakukan salah satunya dengan cara berdoa. Berikut lafadz doa ketika sakit sesuai sunnah :

بِسْمِ اللهِ اَعُوْذُبِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّمَآ اَجِدُ وَاُحَاذِرُ

Doa ketika sakit latin :
BISMILLAAHI A'UDZUBILLAAHI WA QUDROTIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA-UHAADZIRU

Artinya : "Dengan nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kodrat-Nya dari kejahatan penyakit yang aku derita dan aku takuti".

Posisi terbaik ketika melafadzkan doa ketika sakit diatas adalah dengan meletakkan tangan pada anggota yang sakit, lalu membaca doa di atas sebanyak tiga kali.

Adapun lafadz doa diatas bisa kita gunakan dalam berbagai macam kondisi, misalnya saat sakit batuk, saat sakit perut, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, kami sertakan gambar kartun anak sakit perut berikut.

Doa Ketika Sakit Sesuai Sunnah

Gambar kartun anak sakit perut - Image from en.clipdealer.com

Baca Juga : Doa Sakit Gigi dan Sakit Gusi yang Mujarab dari Rasulullah

Doa Ketika Sakit Lainnya

Selain doa saat sakit diatas, kita juga bisa menggunakan bacaan doa lainnya yang berfungsi sebagai doa pereda sakit, karena setiap penyakit pastilah memiliki obat.
Diriwayatkan oleh imam Muslim dari Jabir bin Abdillah dia berkata bahwa Rasulullah bersabda :

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin allah subhanahu wa ta’ala.” (HR. Muslim)

Doa ketika sakit diantaranya yaitu :

1. Membaca Al-Fatihah
Dengan membaca surah Al-Fatihah, kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini juga berlaku ketika kita sakit, yang bertujuan sebagai doa meminta kesembuhan dari Allah SWT.

Mengapa surat Al-Fatihah? Karena surat ini berisikan rangkuman dari Al-Quran sehingga sangat disarankan bagi kita untuk membacanya di setiap kondisi. Adapun lafadz surat Al-Fatihah adalah :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَالرَّحْمَٰنِ الرَّحِيممَالِكِ يَوْمِ الدِّينِإِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُاهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَصِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahi rabbil alamin, Arrahmaanirrahiim, Maaliki yaumiddiin, Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin, Ihdinashirratal mustaqim, Shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin


Artinya : "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan, Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat".

Kita juga dianjurkan untuk menjenguk orang yang sakit, baca selengkapnya disini :
1. Doa Buat Orang Sakit Parah agar Cepat Sembuh
2. Doa Menjenguk Orang Sakit Dalam Bahasa Arab

2. Doa Nabi Muhammad untuk keluarganya yang sakit
Berikut merupakan salah satu doa kesembuhan yang dibaca Rasulullah SAW untuk keluarganya yang sedang sakit. Doa ini sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا 

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya : “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,”

Demikian artikel tentang doa ketika sakit sesuai sunnah ini, semoga dapat bermanfaat. Dan bagi Anda yang sedang diberi cobaan sakit oleh Allah semoga segera disembuhkan, amiin.