Doa Menjenguk Orang Sakit Dalam Bahasa Arab

 25 Sep 2019  Isfatu Fadhilatul

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar ada saudara, teman, tetangga, ustadz, guru, tokoh masyarakat, rekan bisnis, atau yang lainnya sedang mendapat ujian berupa sakit. Sungguh cobaan sakit merupakan hal yang menyedihkan dan menyusahkan bagi diri maupun keluarganya.

Sebagai seorang mukmin yang peduli dengan keadaan orang lain, maka kita pun harus menjenguk mereka yang sedang sakit tersebut. Entah langsung menuju ke rumah sakit atau ke tempat tinggal orang yang bersangkutan.

Doa Menjenguk Orang Sakit Dalam Bahasa Arab

Doa menjenguk orang sakit - Image from thegorbalsla.com

Selain untuk meringankan beban seseorang yang sedang sakit, menjenguk juga merupakan sebuah amalan yang besar pahalanya, seperti yang dijelaskan pada dalil dibawah ini.

“Sesungguhnya, jika seorang muslim menjenguk saudara muslimnya (yang sakit), dia terus berada dalam khurfah surga. Ada yang bertanya, “Apa itu khurfah surga?” Rasulullah menjawab, “Buah matangnya surga”.” (HR. Imam Muslim)

Doa Menjenguk Orang Sakit Tulisan Arab

Yang akan kita bahas kali ini ada 2 doa, pertama adalah doa ketika menengok teman atau keluarga yang sakit. Kategori sakit disini bisa saja sakit maag, sakit kanker, sakit jantung dan sakit lainnya, dan yang kedua yaitu doa ketika menjenguk orang yang sakit panas, seperti sakit tifus yang biasanya disertai panas serta penyakit panas lainnya. 

1. Doa menjenguk orang yang sakit dalam bahasa arab

َسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ اَنْ يُعَافِيَكَ وَيُشْفِيَكَ

AS-ALULLOOHAL 'ADZIIMA ROBBAL'ARSYIL 'ADZIIMI AYYU'AAFIYAKA WA YUSYFIYAKA

Artinya: Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung Tuhan Arsy yang agung semoga memberi kesejahteraan kepada engkau dan menyembuhkan engkau (orang yang sakit).

2. Doa ketika menjenguk orang yang sakit panas dalam bahasa arab

بِسْمِ اللهِ الْكَبِيْرِ نَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ مِنْ شَرّعِرْقٍ نَعَّارٍوَمِنْ شَرّ حَرّالنَّارِ

BISMILLAAHIL KABIIRI NA'UUDZU BILLAAHIL 'ADZIIMI MINSYARRI 'IRQIN NA'AARIN WA MIN SYARRI HARRIN NAARI

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.

Itulah lafadz doa menjenguk orang sakit tulisan arab. Jadi, ketika ada saudara atau keluarga kita yang sakit sebaiknya jangan hanya sekedar menjenguk, membawa buah-buahan atau makanan yang lezat saja, karena pada dasarnya orang yang sedang sakit justru tidak mempunyai nafsu makan.

Bukan berarti dilarang menjenguk orang sakit dengan cara membawa makanan, namun akan lebih baik lagi jika mendoakan orang tersebut agar cepat sembuh. Karena hakikatnya, yang memberi sakit dan yang memberi kesembuhan adalah Allah SWT. 

 Adab Ketika Menjenguk Orang Sakit

Selain membaca doa tatkala menjenguk orang sakit, kita pun akan lebih baik jika menyempurnakan dengan menjalankan adab-adabnya.
Adab-adab menjenguk orang sakit, antara lain :

1. Meniatkan dengan ikhlas karena Allah SWT
Singkirkan pikiran yang keliru seperti mengharapkan balasan dari orang yang kita jenguk. Kita seharusnya berharap kepada Allah SWT yang Maha Melihat , karena Ia akan memberi balasan kebaikan dengan sempurna di akhirat kelak.

2. Memperhatikan situasi orang yang sakit tersebut.
Misalnya di dalam sebuah rumah sakit si dokter memberlakukan aturan agar penjenguk hanya boleh sebentar saja di kamar pasien maka kita harus mematuhi, tidak bijak bila kita menjenguk orang yang sakit di waktu larut malam. Atau berbicara keras-keras di rumah orang yang sedang sakit.

3. Memberikan semangat dan motivasi untuk sembuh.
Semangat untuk sembuh ini sangat penting karena dapat memicu peningkatan kekebalan tubuh orang yang sakit. Sehingga diharapkan akan mempercepat kesembuhan.

4. Berusaha membantu semampunya.
Membantu disini bisa berupa materi maupun non materi seperti yang sudah disebutkan diatas. Jika kita mempunyai rezeki lebih sudah sepantasnya kita membantu orang yang sedang sakit tersebut, apalagi bila orang yang sakit itu termasuk orang yang kurang mampu atau miskin.

Semoga artikel doa menjenguk orang sakit tulisan arab ini dapat membantu anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Jazakumullahu Khairan.