Baca Doa Ini Ketika Ada Angin Kencang

 15 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Baca Doa Ini Ketika Ada Angin Kencang

Ilustrasi angin topan - Image from id.pinterest.com

Bencana alam dapat terjadi kapan saja, tanpa bisa kita prediksi sebelumnya. Dalam Islam, bencana alam terjadi karena Allah ingin memperingatkan manusia agar tidak bertindak semaunya. Allah SWT berfirman :

سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الْآفَاقِ وَفِي أَنفُسِهِمْ حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ ۗ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ

Artinya : “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa al Qur`an itu benar. Dan apakah Rabb-mu tidak cukup (bagi kamu), bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu”. (Fushilat : 53)

Musibah atau bencana diberikan oleh Allah untuk jadi pengingat, baca selengkapnya disini : Nyata, Musibah Terjadi Sangat Berhubungan Erat Dengan Maksiat

Bencana alam ada banyak, contohnya seperti angin ribut dan angin topan. Ketika terjadi bencana tersebut, kita dianjurkan untuk membaca doa angin. Berikut artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai doa ketika ada angin kencang.

Doa Ketika Angin Kencang

Angin merupakan salah satu bentuk rahmat Allah kepada kita semua, karena dengan angin kita bisa merasakan kesejukan, serta tanaman bisa berkembang biak dengan baik. Dengan angin kita juga bisa merasakan manfaat listrik bertenaga angin dan karena angin pula hujan bisa turun.

Oleh karena itu, angin membawa banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita semua. Namun terkadang angin juga bisa menjadi sumber bencana bagi manusia. Mengapa bisa begitu? Karena pada saat angin bertiup kencang lebih dari batas yang diperlukan manusia, disanalah bencana dapat terjadi, misalnya seperti angin puting beliung dan angin topan.

Angin kencang tersebut bisa terjadi kapan saja meskipun bukan di musim hujan. Akan tetapi, akan lebih mengerikan lagi apabila hujan disertai dengan angin kencang. Kita sebagai orang muslim dianjurkan untuk melafadzkan doa-doa tolak bala supaya terhindar dari segala mara bahaya, termasuk bahaya angin ribut. Berikut lafadz doa ketika ada angin besar :

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَمَا فِيْهَا وَخَيْرَمَآ اَرْسَلْتَ بِهِ، وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَآ اَرْسَلْتَ بِهِ

ALLOOHUMMA INNI AS-ALUKA KHOIROHAA WA KHOIRO MAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIHI WA A'UUDZU BIKA MIN SYARRIHAA WA SYARIIMAA ARSALTA BIHI

Artinya : "Ya Allah, aku mohon kepadaMu kebaikannya (angin) dan kebaikannya apa yang ada padanya, dan kebaikan yang dibawanya, dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan kejahatan yang ada padanya dan kejahatan yang dibawanya".

Dengan mengucap doa ada angin kencang diatas, kita berharap agar angin ribut yang menakutkan bisa segera reda tanpa meninggalkan bencana sedikitpun.

Selain ketika angin ribut, kita juga dianjurkan membaca doa dalam kondisi berikut. Baca selengkapnya disini :
1. Dibalik Musibah Gempa Bumi, Ini Amalan yang Harus Segera Anda Lakukan
2. Doa agar Hujan Berhenti Saat itu Juga dan Berpindah ke Tempat Lain
3. Yang Dilakukan Rasulullah Saat Hujan Deras Disertai Petir

Doa Meredakan Angin Kencang yang Dibaca Oleh Nabi

Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat Ar-Rum ayat 48

اللَّهُ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ فَتُثِيرُ سَحَابًا فَيَبْسُطُهُ فِي السَّمَاءِ كَيْفَ يَشَاءُ وَيَجْعَلُهُ كِسَفًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ ۖ فَإِذَا أَصَابَ بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ إِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُونَ

Artinya: “Allah, Dia-lah yang mengirim angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah Swt. Membentangkan di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal. Kemudian, kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya, tiba-tiba mereka menjadi gembira.” (QS. Ar-Rum ayat 48).

Dari ayat diatas, dapat kita ketahui bahwa angin membawa rahmat tersendiri bagi kita. Ketika angin kencang datang, Rasulullah SAW melarang kita umatnya untuk berkata kasar dan menghardik angin tersebut lewat kata-kata makian.

Karena dalam angin tersebut sesungguhnya terdapat rahmat dan juga adzab, Oleh karena itu hal terbaik yang dapat kita lakukan ketika ada angin ribut adalah melindungi diri dan juga mengucapkan doa menghentikan angin kencang supaya angin tersebut hanya membawa rahmat bukan membawa azab.

Selain doa angin kencang yang sudah disebutkan diatas, kita juga bisa meniru doa Nabi Muhammad SAW ketika ada angin kencang. Berikut lafadz doa saat angin kencang dari Nabi Muhammad :

اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رَحْمَةً وَلآتَجْعَلْهَا عَذَابًا، اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رِيَاحًا وَلآتَجْعَلْهَا رِيْحًا

Artinya : “Ya Allah jadikanlah angin ini sebagai Rahmat dan jangan jadikan angin ini sebagai adzab, ya allah jadikanlah angin ini angin yang baik, dan jangan jadikan angin angin yang jahat.” (Imam Al-Syafi’i dalam kitabnya al-Umm)

Demikian artikel tentang doa angin ribut ini, semoga dapat bermanfaat. Dan semoga kita selalu terjaga dari musibah-musibah yang dapat membahayakan kita.