Doa Mustajab Agar Hutang Cepat Lunas

 28 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Mustajab Agar Hutang Cepat Lunas

Ilustrasi hutang - Image from pixabay.com

Doa agar hutang cepat lunas. Ketika mempunyai hutang selain berusaha melunasinya kita juga harus berdoa.

Diantara kita semua, pasti ada yang mempunyai hutang. Dalam islam sendiri hutang berarti memberikan harta dengan dasar kasih sayang kepada orang yang membutuhkan yang nantinya akan dimanfaatkan dengan benar. Yang mana pada suatu saat nanti harta tersebut akan dikembalikan lagi kepada orang yang meminjamkannya. Hukum berhutang menurut Islam adalah boleh.

Allah SWT berfirman,  

مَنْذَاالَّذِييُقْرِضُاللَّهَقَرْضًاحَسَنًافَيُضَاعِفَهُلَهُأَضْعَافًاكَثِيرَةًوَاللَّهُيَقْبِضُوَيَبْسُطُوَإِلَيْهِتُرْجَعُونَ

Artinya : “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepadaNya-lah kamu dikembalikan.” (Q.S Al-Baqarah:245).

Meskipun hukumnya diperbolehkan, jika kita mempunyai hutang maka kita harus segera melunasinya. Hal yang harus kita lakukan adalah bekerja dengan giat dan senantiasa berdoa, yang mana dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa agar hutang cepat terbayar tersebut.

Doa Hutang Cepat Lunas

Adapun asal muasal doa hutang cepat lunas ini berasal dari Rasulullah SAW. Ketika seorang sahabat yaitu Muaz bin Jabal berjumpa dengan Rasulullah kemudian ia bercerita bahwa ia sedang terlilit hutang.

Kemudian Rasulullah membacakan dua ayat Al-Quran dari Surah Ali Imran pada ayat 26-27. Kemudian sahabat Rasul tersebut mengamalkannya sebagai doa dan wirid harian, sehingga kemudian Allah SWT mengabulkan doa sahabat tersebut dengan melunasi hutang dan meluaskan rezeki untuknya.

Dan berikut adalah doa mustajab agar hutang cepat lunas seperti yang diamalkan sahabat Rasul sesuai anjuran Rasulullah SAW, 

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ 

تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ ۖ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ ۖ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Qulillāhumma mālikal-mulki tu`til-mulka man tasyā`u wa tanzi'ul-mulka mim man tasyā`u wa tu'izzu man tasyā`u wa tużillu man tasyā`, biyadikal-khaīr, innaka 'alā kulli syai`ing qadīr

Tụlijul-laila fin-nahāri wa tụlijun-nahāra fil-laili wa tukhrijul-ḥayya minal-mayyiti wa tukhrijul-mayyita minal-ḥayyi wa tarzuqu man tasyā`u bigairi ḥisāb


Artinya : Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)". (Surat Ali ‘Imran Ayat 26-27)

Baca Juga : Orang yang Suka Memberi Hutang, Pahalanya Akan Berlipat-lipat

Adapun tata cara doa mustajab agar cepat melunasi hutang diatas adalah :

  1. Hendaknya bacalah doa dengan perasaan ikhlas dan khusyuk.

  2. Bacalah doa hutang cepat lunas diatas setelah sholat fardhu 5 waktu masing-masing dalam sholat bacalah sebanyak 3 kali.

  3. Lakukanlah solat hajat 2 rakaat pada sepertiga malam. Niatkan hajat Anda agar cepat melunasi hutang yang dimiliki. Baca niat dan tata cara sholat hajat disini : Hajat Adalah: Pengertian dan Cara Sholat Hajat 

  4. Berdoalah kepada Allah dengan penuh rasa rendah hati dan tawadhu’, setelah salam pada shalat hajat, bacalah doa tersebut sebanyak 11 kali.

  5. Kemudian bacalah surat Al-Fatihah sebanyak 3 kali. Mengapa Al-Fatihah? baca keutamaannya disini : Hakikat dan Makna Mendalam dari Surat Al Fatihah

  6. Lakukanlah secara istiqomah doa tersebut selama 40 hari tanpa henti, maka insya Allah hutang yang Anda miliki akan dapat dilunasi.

  7. Imbangilah doa agar hutang cepat terbayar diatas dengan usaha nyata, misalnya seperti bekerja dengan pekerjaan yang halal, serta bekerjalah dengan giat.

  8. Senantiasa bertawakallah kepada Allah, Anda harus yakin bahwa semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Barakallah.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, soal hutang piutang merupakan hal yang wajar. Akan tetapi apa jadinya jika hutang yang sedikit demi sedikit namun tak kunjung dibayar? Tentu akan membuat hutang tersebut menjadi makin menumpuk, sehingga akan membuat sulit untuk melunasinya.

Nah, jika hal tersebut terjadi pada Anda, silakan amalkan doa mustajab agar cepat melunasi hutang diatas, semoga bermanfaat.