Arti Puasa Senin Kamis Menurut Islam

 18 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Arti Puasa Senin Kamis Menurut Islam

Ilustrasi puasa - Image from beritagar.id

Seperti namanya, puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis saja. Puasa ini merupakan ibadah yang dilaksanakan rutin oleh Nabi Muhammad SAW, karena pada hari tersebut amal manusia akan diperiksa, Rasulullah SAW bersabda :

 “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan hari Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan puasa.” (HR. At-Tirmidzi).

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu ibadah yang mempunyai banyak keutamaan, lalu apa saja keutamaan-keutamaan tersebut? Berikut artikel ini akan membahas mengenai arti puasa senin kamis menurut Islam.

Arti Puasa Senin Kamis Menurut Islam

Adapun beberapa keutamaan ataupun arti puasa senin kamis menurut islam adalah sebagai berikut :

1. Pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis

Rasulullah SAW bersabda: 

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Artinya : "Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi". (HR Bukhori dan Muslim).

Dalam hadits lain juga disebutkan,

عن عائشة ـ رضي الله عنها ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الاثنين والخميس

Artinya : "Dari ‘Aisyah -radhiallahu ‘anha- : bahwa Nabi -sholallahu ‘alaihi wasallam- sering melakukan puasa senin dan kamis". (HR Ibnu Majah, At-Tirmidzi dan An-Nasai)

Dibukanya pintu surga pada hari Senin dan Kamis berarti pada saat itulah setiap orang-orang Mukmin diampuni, kecuali dua orang Mukmin yang sedang bermusuhan. Hal ini tertera dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

"Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai". (HR. Muslim)

Baca niat puasa Senin Kamis disini : Berikut Doa Puasa Senin Kamis Lengkap dan Tata Caranya

2. Puasa Senin Kamis bermanfaat untuk kesehatan


Dari aspek kejiwaan dan kesehatan, berpuasa Senin Kamis memiliki beberapa manfaat, di antaranya yaitu :

1. Pada hal kejiwaan puasa dapat membiasakan untuk bersabar.
2. Puasa Senin Kamis bisa menguatkan kemauan.
3. Puasa dapat mengajarkan dan membantu bagaimana cara menguasai diri.
3. Puasa bisa membentuk ketaqwaan yang kuat di dalam diri.

Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Baqarah ayat 183 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

Baca Juga : Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis Lainnya

Selain dua keutamaan besar diatas, puasa Senin Kamis juga memiliki banyak keutamaan lainnya dalam berbagai aspek, diantaranya adalah :

  • Bagi perokok, dengan membiasakan diri berpuasa Senin dan Kamis dapat membantu meninggalkan kebiasaan merokok tersebut.

  • Dari aspek sosial puasa Senin Kamis dapat membiasakan diri untuk tetap disiplin, menjunjung persatuan, memupuk cinta keadilan dan persamaan, serta menimbulkan perasaan kasih sayang dalam diri.

  • Dari aspek kesehatan puasa Senin Kamis dapat membantu membersihkan organ dalam tubuh. Misalnya memperbaiki sistem pencernaan, menghilangkan kegemukan dan kelebihan lemak dalam tubuh.

  • Puasa Senin Kamis dapat membantu meredam hawa nafsu, baik dalam urusan makan dan minum, maupun saat ‘berhubungan’ dengan istri.

  • Orang kaya yang mampu berpuasa Senin Kamis dapat merasakan seberapa besar nikmat Allah atas dirinya.

  • Dengan puasa Senin Kamis membuat aliran darah terjauh dari jalan syaitan. Hal ini karena syaitan masuk kepada diri manusia melalui aliran darah.

Itulah beberapa arti puasa senin kamis menurut islam. Semoga bermanfaat dan semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang selalu mengamalkan puasa sunnah Senin Kamis ini.