Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

 03 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Ilustrasi doa berbuka senin kamis - Image from antoncharlianetika.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang dikerjakan pada hari Senin dan Kamis saja. Puasa ini biasanya dilakukan untuk memohon ridho Allah karena akan melaksanakan suatu acara, misalnya pernikahan.

Niat puasa Senin Kamis tentu berbeda dengan niat puasa ramadhan. Begitu pula dengan lafadz buka puasa senin kamis.

Namun meskipun berbeda, ketentuan atau isi dari doa buka puasa Senin Kamis sama dengan puasa ramadhan yaitu untuk membatalkan puasa.

Berikut artikel ini akan membahas tentang do a buka puasa senin kamis.

Niat Berbuka Puasa Senin Kamis

Ibadah puasa Senin Kamis dianjurkan sesuai puasa ramadhan. Namun jika ada yang tidak mampu melaksanakan puasa Senin Kamis, padahal ia berkeinginan, maka sesuai dengan riwayat Rasulullah yang menganjurkan puasa minimal 3 hari saja dalam sebulan. Karena menurut Nabi, meskipun demikian ia telah seperti menjalankannya selama setahun penuh.

Ketika melaksanakan puasa Senin Kamis, kita diwajibkan untuk mengucap niat berpuasa, dan juga niat buka puasa sunnah senin kamis.

Baca Juga : Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Adapun doa buka puasa Senin dan doa buka puasa Kamis mempunyai lafadz yang sama. Berikut lafadz niat buka puasa sunnah senin kamis :

َللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Allaahumma laka shumtu wa 'alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah.

Artinya :
Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala.

Pahala yang Didapatkan dari Puasa Senin Kamis

Selain membahas tentang doa buka puasa sunnah senin kamis, kita juga akan membahas tentang pahala yang didapatkan dari puasa ini.

Puasa adalah sebuah amalan ibadah yang sangat disukai oleh Allah SWT. Ketika kita di dunia, puasa bisa kita jadikan sebagai perisai dari hawa nafsu dan juga perbuatan dosa.

Sedangkan di akhirat kelak, puasa dapat menjadi perisai kita dari api neraka, Insya Allah. Begitu juga dengan puasa Senin Kamis ini.

Baca Juga : Keutamaan Puasa Senin Kamis Menurut Islam

Sunnah-Sunnah Berbuka Puasa

Selain mengucap doa niat buka puasa senin kamis sebagai tanda bahwa kita telah selesai menunaikan puasa, ada juga beberapa sunnah-sunnah dalam berbuka, yaitu antara lain :

1. Menyegerakan buka puasa

Rasulullah SAW menganjurkan untuk segera berbuka dengan melafadzkan bacaan buka puasa senin kamis terlebih dahulu. Nabi Muhammad SAW bersabda :

قَالَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ: أَحَبَّ عِبَادِى إِلَىَّ أَعْجَلُهُمْ فِطْرَا

Artinya: Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Hamba yang paling Aku cintai adalah yang paling cepat berbuka (HR. At-Tirmidzi)

2. Berbuka dengan kurma atau air putih

Ketika berbuka puasa, hendaknya jangan langsung makan makanan yang berat. Rasulullah menganjurkan untuk berbuka dengan kurma atau air putih terlebih dahulu, kemudian sesudah shalat Isya' baru makan makanan yang mengenyangkan.

3. Berdoa

Berdoa disini maksudnya adalah doa buka puasa sunnah jika kita berpuasa sunnah seperti puasa Senin Kamis. Adapun niat buka puasa senin kamis seperti yang disebutkan diatas.

4. Berbuka secukupnya

Selain melafadzkan bacaan doa buka puasa senin kamis, kita juga dianjurkan untuk berbuka dengan secukupnya. Karena Allah tidak menyukai hal-hal yang berlebihan, kecuali ibadah kepada-Nya.

Demikian artikel tentang doa berbuka puasa senin kamis ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.