Tidur yang Dimurkai Allah, Jangan Sampai Anda Tidur Dengan Posisi ini!

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 13 May 2020

Sering kita lakukan tanpa sadar.

Atau bahkan sudah menjadi kebiasaan. Padahal tidur dengan posisi ini dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya, bahkan tidur yang dimurkai Allah.

Ya’isy bin Thikhfah Al-Ghifari Radhiyallahu Anhuma, meriwayatkan dari ayahnya, “Ayahku berkata, ‘Ketika aku sedang tidur tengkurap di dalam masjid, tiba-tiba ada seseorang yang menggerak-gerakkan aku dengan kakinya, seraya berkata, ‘Sesungguhnya ini adalah tidur yang dimurkai Allah.’ Lalu aku pun melihat, ternyata dia adalah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.” (HR. Abu Dawud)

“Tidur tengkurap,” adalah tidur di atas perut atau tidur dengan badan menghadap ke bawah. Sedangkan “Menggerak-gerakkan aku dengan kakinya,” maksudnya yaitu membangunkan dengan menggunakan kaki. 

Lalu yang dimaksud dengan “Tidur yang dimurkai Allah,” yakni posisi tidur dengan tengkurap itu tidak disukai Allah. Dan tentu saja, apabila Allah tidak menyukai hal itu, niscaya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pun juga tidak menyukainya.

Allah dan Rasul-Nya tidak menyukai posisi tidur tengkurap, karena pada hari kiamat kelak, orang-orang yang durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya akan diseret ke dalam siksa api neraka dalam posisi ini.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

يَوْمَ يُسْحَبُونَ فِى ٱلنَّارِ عَلَىٰ وُجُوهِهِمْ ذُوقُوا۟ مَسَّ سَقَرَ

Artinya: (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka): "Rasakanlah sentuhan api neraka!" (QS. Al-Qamar 48)

Baca Juga: Tidur Saat Puasa Memang Ibadah, Tapi Jangan Terlalu Lama, Bahaya

Api neraka berada tepat di atas wajah orang-orang durhaka itu, karena mereka diseret dengan wajah dan badan menghadap ke bawah.

Itulah karenanya, Allah dan Rasul-Nya tidak menyukai posisi tidur tengkurap. Selain itu, tidur dengan posisi ini juga kurang baik bagi kesehatan.

Sedangkan dari sisi kesopanan, tidur dengan posisi seperti ini terkesan tidak etis dan tidak bagus untuk dipandang. Apalagi jika di tempat yang mudah dilihat orang lain.

Dalam hadits riwayat Muadz bin Jabar Radhiyallahu Anhu disebutkan, bahwa orang-orang yang tidak pintar menjaga lisannya, maka mereka akan diseret ke dalam neraka dengan posisi tengkurap (kepala menghadap ke bawah) kelak di Hari Kiamat.

Dr. Muhammad Khair Fathimah berkata, “Hendaknya dihindari tidur tengkurap, karena tidur dengan posisi demikian membawa dampak buruk bagi kesehatan jiwa dan jasad.”

Baca Juga: Jangan Sembarangan, ini Waktu Tidur Seorang Muslim yang Ideal Menurut Islam

Dalam kitab Zad Al-Ma’ad, Imam Ibnul Qayyim mengatakan bahwa tidur dengan posisi tengkurap seperti ini merupakan posisi tidur yang paling buruk. 

Ia menyebutkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah dari Abu Umamah Radhiyallahu Anhu,

“Bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berjalan melewati seseorang yang tidur tengkurap di masjid, lalu beliau membangunkan orang tersebut membangunkan orang tersebut dengan kakinya seraya bersabda, “Bangunlah, atau duduk. Sesungguhnya ini adalah posisi tidurnya penghuni neraka jahanam!”

Jadi ingat ya, Allah dan Rasul-Nya tidak menyukai tidur dengan posisi tengkurap. Dan sebagai umat muslim yang bertaqwa, hendaknya kita juga menghindari posisi tidur seperti ini.

Wallahualam bishawab.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb