Rahasia Memasak Makanan agar Awet, Bisa Disimpan Sampai Sebulan!

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 05 May 2020

Rahasia Memasak Makanan agar Awet, Bisa Disimpan Sampai Sebulan!

Makanan tahan lama yang awet hingga satu bulan - Image from www.hipwee.com

Bisa nggak ya, masak sekalian yang banyak buat stok seminggu?

Tapi takutnya nanti basi. Eits tenang, ternyata ada trik dan tips khusus memasak makanan agar lebih awet, bahkan bisa disimpan hingga sebulan! Berikut tipsnya.

Di tengah pandemi virus corona, pemerintah pusat mengambil kebijakan untuk beraktivitas produktif di rumah.

Langkah ini perlu dilakukan guna menekan penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19.

Hal tersebut telah disampaikan Presiden Joko Widodo pada 16 Maret lalu. Masyarakat dihimbau untuk bekerja, belajar, beribadah, dan melakukan aktivitas lainnya di dalam rumah. Lalu, bagaimana dengan urusan perut? 

Nah, saat terbatasnya akses keluar rumah seperti sekarang ini, ada baiknya untuk mempersiapkan makanan yang tahan lama bahkan awet hingga berminggu-minggu.

Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, Gatot Susanto, memberikan tips bagaimana mengolah makanan yang dapat bertahan lama. 

"Sebenarnya kalau makanan awet bisa abon, serundeng. Kalau masakan Indonesia timur ada cakalang rica. Rendang juga bisa," jelas Gatot melansir Kompas.com, (18/3/2020). 

Baca Juga: Viral, Resep Sandwich Kekinian yang Meleleh, Bikin Ngiler!

Abon ikan disebutkan Gatot, dapat tahan sampai satu bulan apabila disimpan dalam suhu ruangan. Sementara rendang bisa tahan hingga beberapa minggu. Cakalang rica tak kalah awet, bisa tahan hingga satu bulan.

Gatot menyebutkan makanan di atas bisa bertahan lama, kuncinya ada pada cara memasak dan menyimpan makanan dengan benar. 

Dan berikut tips memasak beberapa makanan Indonesia agar awet dan layak dikonsumsi dalam waktu yang lama:

1. Ikan cakalang

Makanan kering atau dry food mempunyai tingkat ketahanan yang lebih lama dibanding makanan basah. Selain itu, yang harus dilakukan saat mengolah makanan adalah pastikan makanan yang dimasak matang secara merata.

"Ikan cakalang itu sebenarnya sudah diasap sehingga sudah awet. Kalau ikan cakalang, tuna itu dagingnya bukan white meat," ujar Gatot. 

Ia menyebutkan lain halnya dengan ikan berdaging putih seperti ikan kerapu.

Ikan berdaging putih memiliki daging yang lembut dan mudah hancur, sehingga tidak awet untuk disimpan lama. Sementara ikan cakalang memiliki tekstur daging lebih padat sampai bisa disuir. 

Gatot menyarankan ikan cakalang untuk diolah menjadi abon atau cakalang rica. "Kalau cakalang rica ikannya digoreng kering kemudian sambal ricanya dan dimasak. Sambalnya tidak mentah atau disiram air panas tetapi benar-benar dimasak," jelas Gatot.

Baca Juga: Resep Hidangan Mewah Tapi Murah, Pas untuk Buka Puasa

2. Kering kentang

Selain ikan, ada juga makanan dengan bahan dasar umbi-umbian seperti kentang yang bisa diolah menjadi kering kentang yang tahan lama. "Saat masak kering kentang jangan sampai lembek dan meninggalkan bagian yang masih mentah," jelas Gatot.

3. Rendang

Tips memasak rendang agar tahan lama, yaitu pastikan dahulu rendangnya matang dan bumbunya meresap sempurna hingga ke dalam daging. Setidaknya proses memasak rendang agar matang dan bumbu meresap sempurna ini, memakan waktu lebih dari 8 jam.

Ternyata nggak sulit ya, bikin makanan yang awet untuk berminggu-minggu? Jadi nggak perlu ribet masak tiap hari deh.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb