MUI Minta Umat Islam Lakukan Doa Bersama pada 14 Mei 2020, Ada Apa?

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 13 May 2020

MUI Minta Umat Islam Lakukan Doa Bersama pada 14 Mei 2020, Ada Apa?

Ada apakah gerangan?

Mengapa ada seruan untuk melakukan doa serentak di seluruh dunia pada 14 Mei 2020?

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan umat Islam di Indonesia untuk berdoa bersama pada 14 Mei 2020 atau bertepatan dengan 21 Ramadhan 1441.

Seruan ini dilaksanakan atas imbauan Grand Syaikh Al-Azhar, Ahmad At-Thoyyib, yang meminta umat muslim di seluruh dunia berdoa bersama agar dunia bisa terbebas dari Covid-19. Jadi, doa bersama ini dilakukan untuk melawan Covid-19.

Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin, menyerukan kepada seluruh ormas dan umat Islam di Indonesia agar melaksanakan doa khusus untuk kemanusiaan pada 14 Mei 2020.

Din berharap doa serentak sedunia pada bulan Ramadhan ini, dapat membuat Allah SWT menurunkan pertolongan. Yakni, membebaskan dunia dari wabah Covid-19, juga menurunkan limpahan rahmat, hidayah serta pertolongan-Nya.

Din menambahkan, selama pandemi Covid-19, tatanan dunia telah berubah secara sosial, budaya, keagamaan serta ekonomi. Din meminta semua pihak untuk mengintrospeksi dan memperbaiki diri agar dunia kembali damai dan sejahtera.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! ini 10 Waktu Doa Paling Mustajab di Bulan Ramadhan

Sementara itu, tokoh agama sekaligus pimpinan Pondok Modern Tazakka, Kiai Anizar Masyhadi, mengatakan, doa serentak ini diimbau oleh tokoh agama, kepala negara serta ketua-ketua organisasi internasional. 

Selain Grand Syaikh Al-Azhar, ada Sekjen PBB, Dewan Masjid Indonesia, Paus Fransiscus, Emir Abu Dhabi, Raja Bahrain, Sekjen Liga Dunia Islam, hingga Persatuan Negara Afrika.

Baca Juga: Sedekah Paling Afdhol di Bulan Ramadhan Saat Corona Mewabah

“Insyaallah PP Muhammadiyah, PBNU, PMI juga akan menyerukan hal yang sama, agar 14 Mei menjadi hari internasional untuk doa bersama secara serentak memohon kepada Allah SWT agar segera dapat terhindar dari wabah yang melanda seluruh dunia,” ujar Anizar.

SHARE ARTIKEL