Jokowi Gratiskan Listrik Selama 3 Bulan, PLN: `Kita Siap Jalankan`

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 01 Apr 2020

Jokowi Gratiskan Listrik Selama 3 Bulan, PLN: `Kita Siap Jalankan`

PLN siap jalankan perintah Jokowi - Image from wajibbaca.com

Masyarakat menengah kebawah bisa sedikit lega.

Pasalnya, pemerintah beri kebijakan gratis listrik 3 bulan bagi pengguna PLN golongan 450 VA. Dan pihak PLN pun siap membantu pemerintah sejahterakan warga ditengah wabah corona.

Presiden Joko Widodo mengumumkan pelanggan listrik golongan 450 VA akan digratiskan selama 3 bulan ke depan terhitung mulai April hingga Juni 2020. 

Selain itu, pelanggan 900 VA pun juga akan diberikan diskon tarif sebesar 50 persen dengan masa pemberlakuan yang sama.

"Kalau mekanismenya biasanya ada ketentuan yang mengaturnya dari Kementerian terkait, yaitu Kementerian ESDM. PLN itu kan operator, apa yang dikatakan oleh pemerintah, regulasinya seperti apa ya itu yang kita jalani," ujar Vice President Public Relations PT PLN (Persero) Dwi Suryo Abdullah seperti yang dilansir dari laman detikcom, Selasa (31/3/2020).

Baca Juga: Jokowi Gratiskan Listrik, Pengguna Listrik Token Tanya Tagihannya

Adapun untuk pelaksanaan kebijakan ini, PLN masih menunggu surat perintah dari Kementerian ESDM.

"Nanti kami dikirimi surat. Permennya ini diberlakukan sejak kapan, teknisnya seperti apa kayak-kayak gitu itu dari Kementerian ESDM," kata Dwi.

Baca Juga: Jokowi Kucurkan Dana Rp110 T untuk Listrik Gratis, Sembako dan PKH

Meskipun demikian, Dwi berkata jika pihaknya mendukung penuh keputusan dari pemerintah yang menggratiskan listrik selama 3 bulan bagi golongan yang tidak mampu demi memerangi virus corona.

"Kita semua ikut lah tetap mendukung pencegahan COVID-19, semua harus mensukseskan supaya COVID-19 terbebas dari Indonesia," ujarnya.

SHARE ARTIKEL