Update Terkini, Mahasiswa UB Suspect Corona, Kini Jalani Isolasi di RSSA Malang

14 Mar 2020 Isfatu Fadhilatul

Update Terkini, Mahasiswa UB Suspect Corona, Kini Jalani Isolasi di RSSA Malang

Mahasiswa UB diisolasi - Image from liputan6.com

Mahasiswa terjangkit corona UB kini jalani isolasi

Lebih menjaga kesehatan dan lebih waspada lagi. Corona semakin mewabah, kemarin di Solo satu orang menjadi korban, kini telah mewabah hingga ke Malang, salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya yang suspect corona telah diisolasi setelah kabarnya yang simpang siur di media sosial.

Dinas Kesehatan Kota Malang menyatakan satu orang saat ini tengah menjalani observasi di Rumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. 

Statusnya adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona baru atau virus tipe Covid-19. Pasien tersebut merupakan seorang mahasiswa Universitas Brawijaya.

Baca juga: Geger, Mahasiswa Suspect Corona di Universitas Brawijaya Malang, Benarkah?

"Informasi yang kami dapatkan, baru satu warga yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan saat ini telah menjalani observasi di RSSA," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif seperti yang dikutip dari laman detikcom, Sabtu (14/3/2020).

Husnul juga mengungkapkan bahwa satu warga berstatus PDP tersebut adalah mahasiswa Universitas Brawijaya berjenis kelamin laki-laki. "Status PDP satu orang mahasiswa Brawijaya, pasien adalah laki-laki," kata Husnul dalam sambungan telepon.

Baca Juga: Heboh, Satu Pasien Positif Corona Kabur dari RSUP Persahabatan

Husnul mengaku, pasien berstatus PDP itu mulai masuk Rumah Sakit dr Saiful Anwar untuk menjalani observasi pada Kamis (12/3/2020), lalu.

Adapun pengambilan spesimen terkait infeksi coronavirus atau Covid-19, sudah dilakukan dan telah dikirim ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan di Jakarta.

"Pemeriksaan dan pengambilan spesimen sudah dilakukan melalui swab tenggorokan, lendir dan hidung. Spesimen juga telah dikirim ke Balitbangkes, Kemenkes di Jakarta. Dan saat ini menunggu hasilnya," tambah Husnul.

Husnul juga menerangkan bahwa pihaknya bersama Dinas Kesehatan Jawa Timur terus melakukan surveillance atau pengamatan yang berkaitan dengan status pasien tersebut.

"Bagaimana perkembangannya terus kami lakukan pemantauan," tambahnya.

Baca Juga: Awas, Corona di Indonesia Meningkat Dua Kali Lipat, 3 Orang Tewas

Sebelumnya, beredar kabar bahwa ada satu mahasiswa Universitas Brawijaya yang dinyatakan suspect coronavirus atau Covid-19. 

Informasi berantai pun bermunculan, mulai dari aplikasi Whatsapps dan media sosial lainnya. Hari ini, Universitas Brawijaya berencana akan memberikan keterangan terkait kabar yang beredar luas itu.

berita
covid-19
corona
universitas brawijaya malang

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa