Ingin Langsing? Lakukan 7 Tips Senam Zumba Untuk Pemula Berikut

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 03 Feb 2020

Ingin Langsing? Lakukan 7 Tips Senam Zumba Untuk Pemula Berikut

Ilustrasi senam zumba - Image from id.pinterest.com

Ketahui lebih lanjut mengenai senam zumba berikut ini.

Siapa sih yang nggak ingin tubuh langsing dan sehat? Untuk mendapatkannya, kamu tentu membutuhkan usaha yang tidak instan, seperti olahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat. Nah, salah satu olahraga yang bagus untuk membakar kalori adalah senam zumba.

Yuk, cari tahu apa itu senam zumba, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum senam zumba, dan apa saja gerakannya.

Senam Zumba

Kata zumba berasal dari bahasa Kolombia yang artinya bersenang-senang dan bergerak cepat. Senam zumba adalah rangkaian olahraga atau senam jantung yang menyenangkan dan mudah diikuti yang berfungsi untuk membakar kalori tubuh.

Senam zumba sendiri menggunakan gerakan aerobik berbasis tarian yang diiringi oleh paduan musik Latin dan internasional, dengan kombinasi irama yang cepat dan juga pelan.

Gerakan tersebut dapat melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung. Olahraga menyenangkan ini merupakan senam kebugaran yang bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing orang.

Saking aktifnya bergerak, senam zumba pun memiliki segudang manfaat, antara lain:

  1. Menurunkan berat badan.
  2. Membakar lemak, kalori dan kolesterol, melakukan senam zumba selama 1 jam dapat membakar kurang lebih 450 kalori.
  3. Menguatkan otot tubuh, tulang dan sendi.
  4. Meningkatkan stamina tubuh.
  5. Membuat tubuh terhindar dari penyakit berbahaya.
  6. Membuat pikiran lebih tajam. 
  7. Meningkatkan koordinasi antar anggota tubuh.
  8. Meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang, seperti otot punggung, bokong, perut, dan juga paha.
  9. Menurunkan tekanan darah.
  10. Membuat percaya diri, hati senang, dan merasa lebih berenergi.
  11. Zumba yang dilakukan secara berkelompok, membuat Anda lebih aktif dalam bersosialisasi dan menemukan teman baru.

Banyak sekali kan, manfaat dari senam zumba ini? Nah, apabila Anda ingin memetik manfaat dari senam zumba, Anda perlu memperhatikan tips bagaimana melakukan senam zumba dengan benar. 

Dan berikut ulasan selengkapnya mengenai tips senam zumba pemula untuk menurunkan berat badan.

1. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu

Sebelum mulai melakukan senam zumba 2019, lebih baik berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter, terutama apabila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu.

Disarankan untuk mengikuti kelas senam zumba dengan instruktur yang telah bersertifikasi atau berpengalaman.

Sebagai tahap awal, ikuti kelas yang menawarkan gerakan senam zumba untuk pemula, yaitu gerakan yang tidak terlalu sulit. Perlu Anda ketahui, ada jenis aqua zumba dengan irama yang lebih lambat dan gold zumba untuk para lansia.

2. Gunakan pakaian yang nyaman

Sebelum melakukan zumba, pastikan Anda memakai pakaian yang lentur dan nyaman. Pakaian yang Anda pakai harus ringan dan bisa menyerap keringat. Selain itu, jangan lupa membawa handuk dan botol air ketika menghadiri kelas senam zumba.

Nah, untuk Anda yang berhijab, disarankan memakai baju dan kerudung yang nyaman serta simpel. Tujuannya agar Anda lebih leluasa ketika melakukan gerakan senam zumba yang sangat lincah dan cepat.

Hindari pula mengenakan perhiasan ketika senam zumba, untuk mencegah risiko jatuh, tersangkut, ataupun tergores. 

3. Pakailah sepatu olahraga

Sebelum melakukan senam zumba 2020, pastikan juga Anda memakai alas kaki dengan tapak rendah, karena sepatu ini akan membantu Anda bergerak dengan mudah supaya tidak cedera. Sebaiknya, gunakanlah sepatu kets yang biasa dipakai untuk berolahraga.

Sangat tidak dianjurkan bagi Anda menggunakan sepatu dengan alas licin dan keras. Lebih baik pilihlah sepatu yang berbahan empuk dan kesat agar Anda tidak terpeleset.

4. Lakukan pemanasan

Pemanasan menjadi tahap yang sangat penting dalam setiap jenis olahraga, termasuk senam zumba terbaru. Gerakan ringan pada pemanasan perlu dilakukan agar otot tidak mudah cedera.
Salah satu gerakan pemanasan yang dapat Anda lakukan yaitu :

  • Jogging ataupun jalan di tempat sebanyak 2x8 hitungan. 
  • Setelah itu, langkahkan kaki menyilang ke kanan dan kiri bergantian sebanyak 2x8 hitungan.
  • Ulangi gerakan jogging dan menyilang ke samping sebanyak dua kali.

5. Atur jadwal senam

Bagi pemula senam zumba, disarankan untuk mengatur jadwal senam. Mulailah dengan dua atau tiga kali dalam seminggu. Jangan dulu memaksakan tubuh dengan menambah jadwal terlalu banyak.

Hal ini karena tubuh Anda perlu membangun stamina dan daya tahan untuk melakukan senam zumba. Oleh karena itu, menghadiri dua ataupun tiga kelas per minggu disarankan jika Anda baru memulai olahraga ini Nah, jika tubuh sudah terbiasa, Anda dapat menambah jumlah kelas yang Anda hadiri.

6. Jangan makan berat dan minum cairan yang cukup

Pastikan Anda tidak mengkonsumsi makanan berat sebelum melakukan senam zumba. Hal ini dimaksudkan agar perut tidak sakit.

Sering mengalami sakit perut? Atasi dengan obat berikut: (Baca juga: 7 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya)

Anda perlu makan sesuatu yang ringan seperti kacang-kacangan atau buah-buahan sebelum melakukan senam zumba. Sebab, Anda tetap harus mengisi tubuh sebelum latihan dimulai. Disarankan untuk makan dua jam sebelum kelas senam zumba dimulai.

Selain itu, minum air sebelum memulai kelas zumba juga tak kalah penting, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Disarankan, minum air 20 menit sebelum kelas dimulai.

Ingat ya, Anda tidak perlu minum terlalu banyak alias secukupnya saja. Karena apabila kebanyakan minum, perut akan terasa kembung dan menimbulkan rasa sakit ketika dibawa bergerak.

Baca Juga:
1. Anti Ribet, Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal
2. 10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

7. Lakukan senam zumba secara rutin

Perlu diketahui, Anda tidak akan mendapatkan manfaat senam zumba dengan maksimal jika hanya melakukannya satu atau dua kali saja. Oleh karena itu, berlatihlah secara rutin.

Bagi pemula, awalnya Anda memang akan melakukan beberapa gerakan dengan salah. Tapi tenang saja, seiring berjalannya waktu, Anda akan mampu menyelesaikan seluruh gerakan tanpa kesalahan yang berarti.

Apabila Anda ingin tetap bugar dan sehat, senam zumba merupakan pilihan yang sangat baik. Tidak ada batasan usia dan siapa pun dapat melakukan olahraga ini, baik anak-anak, remaja, bahkan orang tua.

Lalu bolehkah Ibu hamil melakukan senam zumba? Boleh-boleh saja, karena menari untuk Ibu hamil merupakan olahraga yang ideal. Namun, Anda perlu memperlambat gerakan dan batasi gerakan. Hindari bergerak secara berlebihan. 

Apabila terjadi kebocoran cairan vagina, muncul flek, pusing, nyeri dada, kesulitan bernapas, kontraksi rahim, dan gerak janin yang menurun, segera hentikan kegiatan senam zumba dan hubungi dokter. 

Jangan lupa, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengikuti senam zumba ataupun olahraga lainnya, yang mungkin akan Anda lakukan selama kehamilan.

Nah, itulah tadi pembahasan tentang senam zumba. Olahraga ini merupakan pilihan bagi Anda yang enggan melakukan olahraga individual ataupun olah tubuh yang terlalu serius. Dengan senam zumba, tidak hanya tubuh saja yang bugar, namun perasaan Anda pun dapat menjadi senang dan gembira. Semoga bermanfaat.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb