8 Manfaat Vitamin C, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Jerawat

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 05 Feb 2020

8 Manfaat Vitamin C, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Jerawat

Ilustrasi vitamin C - Image from id.pinterest.com

Sudah bukan rahasia lagi vitamin C mempunyai segudang manfaat.

Sejak dulu, vitamin C sejak dikenal memiliki banyak kegunaan bagi tubuh, mulai dari menjaga daya tahan hingga kesehatan kulit. Vitamin C diketahui aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja dan mudah untuk didapatkan, baik dari asupan makanan ataupun suplemen.

Dan berikut kami wajibbaca.com telah merangkum beberapa manfaat vitamin C bagi wajah dan tubuh yang belum banyak orang tahu. 

Manfaat Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit manusia, vitamin ini merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam air. 

Vitamin C bisa ditemukan dengan mudah pada buah – buahan dan sayur – sayuran, seperti jeruk, kiwi, strawberry, cabai, dan brokoli. 

Apakah tablet vitamin C juga sama bagusnya? Ya, manfaat vitamin C tablet sama saja dengan buah-buahan dan sayur-sayuran yang sudah disebutkan tadi.

Jadi, jika Anda mencari manfaat vitamin C IPI, manfaat vitamin C 1000, manfaat vitamin caviplex, ataupun manfaat vitamin C atomy, semua suplemen tersebut kurang lebih memiliki kegunaan yang sama, antara lain:

  • Membuat tubuh lebih bertenaga. 
  • Mengurangi demam.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Berperan sebagai Anti Oksidan dan Anti Kanker.
  • Mengurangi stres.

Suplemen vitamin C banyak beredar dalam bentuk tablet hisap atau kunyah maupun tablet yang langsung dilarutkan dalam air. 

Dosis vitamin C yang dibutuhkan manusia mulai dari 75 hingga 90 mg setiap harinya. Namun mengkonsumsi vitamin C dengan dosis 500 mg per hari termasuk dalam kategori aman untuk menjaga kesehatan. 

Terutama ketika pasca operasi , kebutuhan akan vitamin ini akan semakin meningkat guna membantu proses penyembuhan luka.

Selain manfaat yang sudah disebutkan diatas, vitamin C juga mempunyai segudang manfaat lainnya, antara lain:

1. Menurunkan resiko serangan jantung

Manfaat vitamin C bagi tubuh yang pertama adalah mengurangi resiko serangan jantung.
Menurut badan kesehatan dunia atau WHO, serangan jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia dengan angka meraih 29% kematian global setiap tahunnya, yang disusul dengan penyakit infeksi dengan meraih 16,2% kematian, dan kanker yang meraih 12,6% angka kematian di dunia.

Dengan mengkonsumsi vitamin C secara rutin, maka secara otomatis akan meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh dan membuatnya menjadi stabil, sehingga dapat mengurangi penebalan pada pembuluh darah arteri pada jantung.

Nah, penebalan pada pembuluh darah arteri inilah yang menjadi penyebab utama serangan jantung secara mendadak.

2. Menjaga kesehatan mata

8 Manfaat Vitamin C, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Jerawat

Ilustrasi manfaat vitamin C untuk kesehatan mata - Image from id.pinterest.com

Mungkin Anda bertanya-tanya, "Bukankah vitamin A yang bagus untuk mata?" 

Ya, organ mata memang membutuhkan vitamin A untuk menjaga kesehatannya, namun vitamin C juga berperan penting untuk mencegah terjadinya penyakit mata katarak, rabun serta tumor mata.

3. Mencegah penyakit dan melawan sel kanker

Selain mengurangi resiko penyakit jantung, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. 

Vitamin C sendiri akan menjadi tameng atau 'satpam' bagi tubuh untuk melawan penyakit dan sel kanker, karena fungsinya yang membantu penyerapan zat besi. 

Oleh karena itu, penyakit yang sering kita alami seperti batuk dan pilek dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh.

4. Meningkatkan mood

Tidak hanya coklat, bagi Anda yang sering mengalami ketidakstabilan mood dan sering merasa khawatir serta cepat gelisah, sudah saatnya Anda mengatasinya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran ataupun suplemen vitamin C, yang berguna untuk menstabilkan mood Anda. 

5. Memperbaiki jaringan sel kulit

Salah satu manfaat vitamin C untuk kulit adalah berfungsi sebagai zat antioksidan. Zat ini mampu menangkal radikal bebas seperti pancaran sinar matahari yang berlebihan, polusi udara, serta toxin yang ada dalam makanan, yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit. 

6. Mencegah penuaan dini

8 Manfaat Vitamin C, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Jerawat

Ilustrasi manfaat vitamin C untuk mencegah penuaan dini - Image from id.pinterest.com

Manfaat vitamin C untuk wajah selanjutnya adalah sebagai anti aging atau pencegah penuaan dini, dengan cara menghambat sel-sel yang dapat menyebabkan penuaan.

Vitamin C akan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang merupakan protein penting yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit, memperlambat proses penuaan, hingga mencerahkan warna kulit.

Baca Juga:
1. Deretan Makanan dan Suplemen yang Mengandung Vitamin B12
2. Asam Salisilat: Manfaat, Dosis, Anjuran Pakai, dan Efek Sampingnya

7. Membantu penyerapan zat besi

8 Manfaat Vitamin C, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Jerawat

Ilustrasi manfaat vitamin C untuk penyerapan zat besi - Image from id.pinterest.com

Salah satu manfaat vitamin C untuk Ibu hamil yang paling populer adalah membantu penyerapan zat besi.

Zat besi sendiri merupakan zat yang memiliki banyak fungsi untuk kesehatan janin dan Ibu selama masa kehamilan. Fungsi yang paling penting adalah untuk mencegah anemia defisiensi besi yang dapat berakibat fatal pada janin.

Yang mana kondisi anemia saat hamil ini bisa membuat berat bayi lahir rendah serta prematur, sehingga sangat penting untuk mencegah defisiensi nutrisi. Selain itu, vitamin C untuk Ibu hamil ini juga berguna untuk:

  • Melindungi dan menjaga kesehatan sel.
  • Membentuk kolagen di dalam tulang, tulang rawan, otot, kulit serta pembuluh darah. 
  • Membantu perbaikan jaringan.
  • Membantu penyembuhan luka.
  • Melawan penyakit infeksi.
  • Membantu tubuh menyerap zat besi yang berasal dari sayur-sayuran.

8. Mengatasi jerawat

Pada dasarnya, jerawat adalah bentuk infeksi ringan, dimana bakteri jerawat ini berkoloni dalam lubang pori-pori yang didalamnya tersimpan gumpalan kotoran yang sudah bercampur dengan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh.

Ada beberapa aspek mengapa jerawat bisa muncul, diantaranya yaitu yaitu faktor tingginya kadar minyak pada wajah, wajah yang tidak dibersihkan dengan menyeluruh, serta mudahnya tubuh mengalami infeksi. 

Vitamin C akan membantu meningkatkan imunitas serta menurunkan intensitas inflamasi yang terbentuk. Hal ini tentu saja akan membantu mencegah terbentuknya infeksi jerawat baru sekaligus mempercepat penyembuhan infeksi yang sudah ada.

Anda mengalami jerawat batu? Obati dengan bahan ini: (Baca Juga: Penyebab dan Pengobatan Jerawat Batu Dengan Bahan Alami)

Selain itu, vitamin C juga bisa bekerja menurunkan intensitas produksi minyak alami pada wajah. Manfaat vitamin C untuk wajah berjerawat ini bisa Anda dapatkan dengan 2 cara, yaitu:

A. Mengkonsumsi vitamin C

Tubuh memerlukan setidaknya 90 mg vitamin C tiap harinya. Namun untuk mendapatkan seluruh manfaat vitamin C, Anda membutuhkan asupan vitamin C 1000 mg sebanyak 3 kali minum. Jadi, seharusnya asupan vitamin C yang harus dikonsumsi setiap hari mencapai 3000 mg. Hal ini karena kebanyakan vitamin C sangat mudah dibuang melalui cairan dan keringat.

B. Mengoleskan vitamin C

Oleskan serum yang mengandung vitamin C pada wajah yang berjerawat. Serum ini akan meningkatkan kemampuan kulit untuk mengatasi inflamasi dan infeksi bakteri yang terbentuk. 

Selain itu, serum juga bisa mempercepat keringnya jerawat termasuk mempercepat proses pembentukan sel baru pada sisa inflamasi yang ada. Serum vitamin C bekerja dengan cara menurunkan intensitas radikal bebas yang melekat pada wajah dan yang terlarut pada aliran darah sekitar wajah.

    Nah, itulah tadi 8 manfaat vitamin C bagi kesehatan dan kecantikan wajah ini. Dengan mengkonsumsi cukup vitamin C setiap harinya, tidak hanya tubuh saja yang menjadi lebih sehat, akan tetapi wajah juga akan bebas dari jerawat, terasa lebih lembab dan bertekstur lembut. Semoga bermanfaat.

    viral minggu ini

    BAGIKAN !

    Jika kontent kami bermanfaat
    share wa
    share fb